Jambi Ekspres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jambi Ekspres adalah nama surat kabar harian di Jambi yang merupakan koran utama dan koran terbesar di bawah naungan Jawa Pos News Network (JPNN) / Jawa Pos Group). Perusahaan yang bergerak dibidang jurnalistik ini mulai berdiri pada awal tahun 1998 dirintis oleh PT. Jambi Press Intermedia berdasarkan SIUPP nomor : 732/SK/MANPEN/SIUPP/1998, yang diprakarsai oleh mantan reporter yang menjadi pimpinan diberbagai penerbitan pers diantaranya Harian Bisnis Indonesia dan Majalah Gamma.

Surat kabar harian Jambi Ekspres yang beralamat di Graha Pena Jambi Ekspres Jl. Pattimura No.35 Km 8 Kenali Besar Jambi, terbit pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1999. Menyajikan berita-berita yang aktual dengan komposisi berita berupa 75% isi lokal meliputi ekonomi, bisnis, olahraga, politik, kriminal, hiburan, keluarga, dan lain-lain. Kemudian sisanya 25% meliputi : nasional dan internasional.

Perusahaan ini dikelola oleh Management Group Wahana yang bekerja sama dengan Jawa Pos Group dan dalam management perusahaannya dipimpin oleh satu orang Direktur Utama yaitu Suparno Wonokromo dengan dibantu oleh Sarkawi sebagai Pemimpin Perusahaan (General Manajer). Diterbitkan oleh PT. Wahana Semesta Jambi dan PT. Jambi Press Intermedia sebagai perusahaan percetakannya.

Cerdas dalam perubahan, merupakan motto yang dipegang oleh perusahaan ini. Dengan harga yang terjangkau dan memegang prinsip berani berbicara tanpa tendensi dalam mengungkap kebenaran, tampil realistis, jernih, transparan, fair dan tersaji dengan luas, serta didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman dibidangnya, membuat harian pagi Jambi Ekspres mampu dan menjadi pilihan utama masyarakat Jambi pada umumnya, dari kalangan atas maupun kalangan bawah.

Terbit setiap hari, menjangkau sebagian besar Provinsi Jambi, yakni meliputi 9 kabupaten (Kerinci, Merangin, Sarolangun, Batanghari, Muarajambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Bungo, Tebo) dan Kota Jambi. Wilayah cakupan yang luas tersebut menjadi daya tarik bagi para usahawan atau perusahaan lainnya untuk mempromosikan usahanya berupa iklan melalui media massa ini.

Pos Metro Jambi, Bungo Pos, Radar Tanjab, Jambi Star, Sarolangun Ekspres, Jambi TV, Kerinci Pos; merupakan anak-anak perusahaan dibawah naungan Jambi Ekspres. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan ini sudah memiliki manajemen yang bagus dan terarah, serta didukung kerja keras seluruh staf, wartawan dan strategi pemasaran yang jitu. Surat Kabar Harian Jambi Ekspres telah menguasai dan mendistribusikan korannya diseluruh wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]