Jalur kereta api Jakarta Kota-Manggarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kereta Api Argo Dwipangga dari Gambir menuju Solo melintas di Jalur Layang kereta api Jakarta Kota - Manggarai

Jalur Jakarta Kota - Manggarai yang biasa juga disebut Jalur Pelangi adalah jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Jakarta Kota dengan Stasiun Manggarai sepanjang 15 kilometer yang berupa jalur elevasi atau yang biasa disebut jalur layang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya jalur ini merupakan jalur ganda biasa yang dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij pada tahun 1870. Namun karena kebijakan Dirjen Perkeretaapian saat itu, maka dibangunlah jalur kereta api baru yang berupa jalur ganda layang yang mulai dikerjakan pada tahun 1989 dan selesai pada tahun 1992 dengan tujuan meniadakan perlintasan sebidang yang justru akan menyebabkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api. Banyak kereta api kelas eksekutif yang melintasi jalur di antara Stasiun Gambir dengan Stasiun Manggarai

Banyak panorama indah yang bisa dinikmati ketika menaiki kereta api yang melintas di jalur ini, seperti jalan raya yang melintang di bawah jalur layang KA, gedung-gedung pencakar langit, menara tinggi, tugu Monas ketika berada di dekat Stasiun Gambir, Masjid Istiqlal, Gedung Mahkamah Agung dan panorama indah lainnya.

Daftar Stasiun[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar stasiun-stasiun yang berada di lintas layang Jakarta Kota - Manggarai:

Kereta Api[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar stasiun-stasiun yang berada di lintas layang Jakarta Kota - Manggarai: