Jalan tol negara bagian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Jalan tol negara bagian, jalan negara bagian atau rute negara bagian dapat merujuk pada satu dari tiga konsep terkait, dua di antaranya berhubungan dengan pemerintah negara bagian dalam suatu negara yang dibagi menjadi negara bagian (termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Meksiko):

  1. Jalan yang diberi nomor oleh negara bagian, berada di bawah jalan tol nasional bernomor (seperti U.S. Route). Nomor rute digunakan untuk membantu navigasi, dan mungkin atau tidak menandakan kepemilikan atau pengelolaan.
  2. Jalan yang dikelola oleh negara bagian, termasuk jalan tol bernomor dan jalan tol tak bernomor secara nasional.

Bergantung pada negara bagian, jalan tol negara bagian dapat digunakan untuk satu arti dan jalan atau rute negara bagian untuk arti lainnya. Arti ketiga, digunakan di sejumlah negara seperti Selandia Baru, menggunakan kata "negara" dalam arti bangsa. Dalam arti ini, sebuah jalan tol negara adalah jalan yang dikelola dan diberi nomor oleh pemerintah negara daripada otoritas setempat.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Penggunaan sebutan "jalan tol negara bagian", "rute negara bagian", dll. dapat bervariasi dari negara ke negara atau bahkan dari negara bagian ke negara bagian. Di Amerika Serikat, sebutan ini tidak umum untuk masyarakat umum yang menggunakan sebutan berbeda di dalam suatu negara bagian. Contohnya, di Washington, sebuah jalan tol negara bagian dapat disebut sebagai SR 500 (untuk State Route 500). Di Oregon, jalan ini disebut sebagai OR 18 (untuk Oregon Route 18), sementara di Idaho menjadi SH-51, kependekan dari State Highway.

Penggunaan nasional[sunting | sunting sumber]

Papan rute negara bagian Australia

Australia[sunting | sunting sumber]

State Route System Australia adalah sebuah sistem rute perkotaan dan antardaerah yang tidak dicakup oleh National Route System, atau National Highway System. Rute-rute ini ditandai oleh perisai biru. Terkadang sebuah rute negara bagian dapat dibentuk ketika bekas rute nasional tidak dipakai lagi.

Italia[sunting | sunting sumber]

Strade Statali Italia membentang sepanjang 12.000 km, dikelola oleh Azienda Nazionale Autonoma delle Strade (ANAS) yang dibentuk tahun 1946, menggantikan A.A.S.S. (Azienda Autonoma delle Strade Statali) tahun 1928.

India[sunting | sunting sumber]

Di India, State Highway merujuk pada jalan tol bernomor yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah negara bagian. Secara normal, semuanya berupa jalan dua arah. Jalan ini tidak berhubungan dengan jalan tol nasional dan tidak ada keterkaitan dengan NHAI atau pemerintah pusat.

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Papan jalan tol negara bagian Meksiko

State Highway System Meksiko adalah sebuah sistem rute perkotaan dan negara bagian yang dibangun dna dikelola oleh masing-masing negara bagian di Meksiko. Tujuan utama jaringan negara bagian ini adalah berperan sebagai sistem pembantu kepada sistem jalan tol federal. Semua negara bagian kecuali Distrik Federal mengoperasikan sebuah jaringan jalan. Setiap negara bagian menandai rute-rute ini dengan perisai putih berisi singkatan nama negara bagian beserta nomor rute.

New Zealand State Highways (Jalan Tol Negara)[sunting | sunting sumber]

Papan jalan tol negara Selandia baru

New Zealand State Highways adalah jalan tol negara, karena Selandia Baru tidak terbagi menjadi "negara bagian" seperti Australia, Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Jerman ("Lander") dll., tetapi menjadi provinsi seperti Kanada dan Perancis.

Sistem jalan tol negara Selandia Baru adalah suatu jaringan jalan nasional yang mencakup Pulau Utara dan Pulau Selatan. Pada 2006, 100 jalan memiliki penetapan "State Highway". New Zealand Transport Agency mengelola jalan-jalan ini. Batas kecepatan untuk sebagian besar State Highway adalah 100 km/jam, dengan pengecualian ketika State Highway melintas melewati wilayah padat penduduk.

Jalan tol di Selandia Baru awalnya ditetapkan dalam sistem dua arah, National (SH 1-8) dan Provincial, dengan jalan tol nasional memiliki standar dan prioritas pendanaan lebih tinggi. Sekarang semuanya merupakan State Highway, dan jaringan ini terdiri dari SH 1 membentang di sepanjang kedua pulau, SH 2-5 dan 10-58 di Pulau Utara, dan SH 6-8 dan 60-99 di Pulau Selatan. Jalan tol nasional dan provinsial diberi nomor dari Utara ke Selatan. State Highway 1 membentang di sepanjang kedua pulau.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Papan jalan tol negara bagian Amerika Serikat

Jalan tol negara bagian pada dasarnya merupakan campuran jalan primer dan sekunder, meskipun sejumlah jalan bebas (contohnya Route 128 di Massachusetts, Ronald Reagan/Cross County Highway (Route 126) di Cincinnati, atau bagian dari Route 101 di New Hampshire). Setiap negara bagian memiliki sistemnya sendiri dalam penomoran dan papan jalannya. Papan asli berupa lingkaran putih berisi nomor sans-serif hitam (biasanya di dalam persegi hitam atau persegi sedikit melingkar), menurut Manual on Uniform Traffic Control Devices (MUTCD). Tetapi, negara bagian bebas memilih papan yang berbeda, dan banyak di antaranya telah melakukannya. Negara bagian boleh memilih tema desain yang relevan terhadap negara bagian tersebut untuk membedakan papan rute negara bagian dari papan jalan Interstate, county, atau munisipal. Beberapa negara bagian hanya menggunakan bentuk negara bagian dengan garis pinggir; lainnya, seperti Pennsylvania, dinamai "Keystone State," menggunakan bentuk batu kunci pada papan jalan tol negara bagiannya. Kansas menggunakan bentuk dan warna bunga matahari. Negara bagian California memiliki papan rute berwarna hijau dengan bentuk sekop penambang, karena demam emas tahun 1849. Negara bagian lain, seperti [[Daftar rute di Illinois|Illinois dan Indiana, menggunakan papan asli MUTCD. Negara-negara bagian ini memiliki standardisasi papan putih dengan garis pinggir hitam, berisi nama negara bagian dan nomor rute atau jalan tol. Sejumlah negara bagian memiliki sistem jalan tol sekunder selain rute negara bagian. Contohnya ialah Missouri, yang menetapkan rute pelengkap dengan huruf daripada nomor. Texas juga memiliki sistem jalan tol pertanian & ranch yang terpisah dari Texas State Highway.

Brazil[sunting | sunting sumber]

Brazil adalah negara lain yang terbagi menjadi negara bagian dan memiliki jalan tol negara bagian.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Kanada terbagi menjadi provinsi, tapi sebutan "provinsi" adalah kata lain bagi "negara bagian", dan Provincial Highway di Kanada sama dengan State Highway di Australia, Amerika Serikat, Meksiko, dan negara lain. Semua dapat dibedakan, dan juga benar bahwa Provincial Highway didanai oleh provinsi, sebagaimana State Highway yang didanai oleh negara bagian.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]