Jalan bebas hambatan terkendali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jalan bebas)
Langsung ke: navigasi, cari
Jalan bebas beralih ke artikel ini. Untuk arti lain, lihat Freeway (disambiguasi).
Sebuah jalan bebas hambatan terkendali di Kanada

Jalan bebas hambatan terkendali, dikenal dengan berbagai istilah di seluruh dunia, termasuk Autobahn, autopista, autoroute, autostrada, snelweg, jalan bebas, jalan motor, dan kadang istilah yang kurang tepat seperti jalan ekspres, jalan taman, atau turnpike, adalah sebuah jalan bebas hambatan yang dirancang dan dibangun khusus untuk lalu lintas kendaraan berkecepatan tinggi. Tujuan utamanya adalah memberikan aliran lalu lintas lancar, tanpa markah lalu lintas, persimpangan atau akses properti. Akses ke jalan ini tersedia melalui jalan sisip atau tanjakan yang memungkinkan akselerasi dan deselerasi antara jalan bebas hamabtan dan jalan raya arteri dan jalan kolektor. Arah lalu lintas berlawanan terpisah dalam beberapa bentuk, yaitu median rerumputan atau batu, atau pembatas kayu, besi atau beton, yang disebut sebagai median atau reservasi tengah. Kawasan median ini tidak memiliki perlintasan sebidang dengan jalan, rel kereta, atau jalur pejalan kaki lain, yang disediakan di jembatan dan terowongan melintasi jalan bebas hambatan ini.

Jerman memelopori jalan bebas hambatan terkendali (kemudian disebut dual highway) setelah Perang Dunia Pertama dan dengan cepat menciptakan persebaran jaringan Reichsautobahn untuk mengantisipasi penggunaannya untuk keperluan perang. Italia mengikuti cara ini tidak lama kemudian dengan membuka Autostrada pertamanya tahun 1925. Di Amerika Utara, konsep sejenis bernama parkway dikembangkan di Long Island. Jalan-jalan taman ini tidak memiliki fungsi yang sama seperti jalan bebas hambatan modern, namun dibagi dan dirancang khusus untuk mobil. Ontario dan Pennsylvania membuka jalan bebas pertama di Amerika Utara pada tahun 1940. Britania, yang sangat dipengaruhi rel kereta api, tidak membangun jalan motor pertamanya sampai pertengahan 1950-an.

Hari ini, bangsa-bangsa paling maju memiliki jaringan ekstensif jalan bebas atau jalan motor. Banyak negara yang memiliki sistem penomoran rute tingkat nasional. Jalan bebas hambatan telah membuat manusia mampu mengakses hampir setiap wilayah di dunia dengan nyaman dan cepat, namun turut memunculkan kontroversi tentang polusi, degradasi pertanian dan persebaran kota yang diakibatkannya.

Desain[sunting | sunting sumber]

Simpang susun Jalan raya kapasitas tinggi di Los Angeles.

Jalan raya, menurut definisi, tidak memiliki kelas di persimpangan dengan jalan lain, kereta api atau multi-gunakan jejak. Persimpangan dari jalan raya melalui rute lainnya adalah biasanya dicapai dengan pemisahan kelas baik dalam bentuk terowongan es atau jembatan. Selain trotoar (jalan setapak) yang dilampirkan ke jalan yang melintasi jalan tol, pejalan kaki khusus jembatan atau terowongan juga dapat diberikan. Struktur ini memungkinkan pejalan kaki dan sepeda untuk menyeberangi jalan bebas hambatan di titik itu tanpa memutar ke persimpangan jalan terdekat.

Akses ke jalan raya biasanya disediakan hanya di kelas-dipisahkan simpang susun, meskipun lebih rendah-standar right-in/right-out akses dapat digunakan untuk koneksi langsung ke jalan samping. Dalam banyak kasus, susun canggih memungkinkan untuk halus, transisi antara jalan raya berpotongan terganggu dan sibuk arteri jalan . Namun, terkadang perlu untuk keluar ke permukaan jalan untuk mentransfer dari satu jalan tol yang lain.[1]

Batas Kecepatan umumnya lebih tinggi di jalan raya dan kadang-kadang tidak ada (seperti pada banyak Autobahn Jerman jaringan). Karena kecepatan yang lebih tinggi mengurangi waktu keputusan, jalan raya biasanya dilengkapi dengan sejumlah besar panduan mendaftar daripada jalan lain, dan tanda-tanda fisik yang lebih besar sendiri. Panduan tanda-tanda sering dipasang di jalan layang atau overhead gantries sehingga pengemudi dapat melihat mana jalur masing-masing pergi. Nomor Keluar umumnya berasal dari jarak keluar dalam mil atau kilometer dari awal jalan bebas hambatan. Di beberapa daerah, ada publik tempat istirahat atau wilayah layanan di jalan raya, serta telepon darurat pada bahu secara berkala.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Manuel Roig-Franzia, "The Town That Stops Traffic: Travelers Encounter Way Station as Way of Life in Breezewood," Washington Post, 22 November 2001, B1.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]