Jalal-Abad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jalal-Abad

Jalal-Abad adalah ibukota Provinsi Jalal-Abad di barat daya Kyrgyzstan. Kota ini memiliki populasi sekitar 89.000 jiwa. Jalal-Abad terletak di ujung utara-timur lembah Fergana sepanjang lembah sungai Kugart di kaki bukit pegunungan Babash Ata, sangat dekat dengan perbatasan Uzbekistan. Kota ini adalah kota terbesar ketiga di Kirgizstan.

Jalal-Abad dikenal karena sebagai sumber mata air mineral di sekitarnya, dan air panas Azreti-Ayup-Paygambar sudah lama diyakini dapat menyembuhkan penderita kusta. Beberapa sanatorium era Soviet menawarkan program pengolahan air mineral untuk orang dengan berbagai penyakit kronis. Air Mineral botol dari daerah tersebut dijual di seluruh negeri Kyrgyzstan .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu cabang utama Jalur Sutra melewati Jalal-Abad dan wilayah ini menjadi tuan rumah bagi musafir dagang selama ribuan tahun, meskipun sisa-sisa arkeologi sedikit yang terlihat hari ini .

Ada sebuah legenda bahwa air dari Azreti-Ayup-Paygambar spa sembuh penderita kusta. Menurut legenda ada kuburan, masjid dan istana khan di dekat mata air panas.

Abad sering digunakan dalam nama kota-kota Asia untuk merujuk kepada orang yang mendirikan masyarakat. Dikatakan bahwa Jalalabat dinamai Jalal ad Din, yang terkenal untuk menyiapkan Karavan untuk melayani musafir dan banyak peziarah yang datang ke gunung suci.

Pada awal abad 19 benteng Kokand dibangun, dan kishlak kecil tumbuh di sekitarnya. Masyarakat setempat bekerja di sektor pertanian, perdagangan dan pariwisata.

Kota Kembar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.eskisehir-bld.gov.tr/spot_kardes_sehir.php.  Unknown parameter |başlık= ignored (help); Unknown parameter |yayımcı= ignored (help); Unknown parameter |erişimtarihi= ignored (help); Missing or empty |title= (help)