Jade Villalon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jade Valerie
Nama lahirJade Valerie Villalon
Lahir12 Agustus 1980 (umur 43)
San Diego, California, United States
AsalAmerika Serikat
GenrePop
Dance
Rock
R&B
PekerjaanPenyanyi
Penulis lagu
Pianis
InstrumenVokal
Piano
Tahun aktif2000-sekarang
LabelAvex Trax
(2002-2007, 2009)
Universal Music Japan
(2007-sekarang)
Artis terkaitSweetbox
(1999-2007)
Jade Valerie
(2007-sekarang)
Eternity∞
(2009-sekarang)
Saint Vox
(2009-sekarang)
Situs webwww.jadevalerie.com www.saintvox.com

Jade Valerie Villalon (lahir 12 Agustus 1980), dikenal dengan nama panggung 'Jade Valerie, adalah penyanyi pop amerika, penulis lagu, dan aktris. Sebelumnya ia adalah vokalis dan penulis lagu dari Sweetbox dan merilis lima album dan beberapa kompilasi hingga ia meninggalkan band tersebut di bulan September 2007 untuk mengejar solo karier di bawah namanya sendiri. Ia telah merilis dua album solo, dan akan merilis proyek sampingannya yang berjudul Eternity ∞.

Jade Valerie lahir di San Diego, California dari ayah berkebangsaan Filipina dan Ibu keturunan Jerman dan Irlandia. Ia dibesarkan di Jepang pada usia tiga tahun namun setelah remaja ia kembali ke San Diego dan menjadi cheerleader di SMU-nya. Ia pindah ke Los Angeles, California untuk mengejar impiannya berakting dan berkarier di dunia musik.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sejak usia muda, ia memulai popularitasnya dengan berakting di iklan komersial kecil hingga menjadi bintang internasional dengan menjadi vokalis dan penulis lagu bagi Sweetbox, lalu dikenal dengan nama Jade Valerie.

Jade melakukan pemunculan pertamanya di televisi pada iklan Ramen Noodles pada usia yang masih sangat muda. Audisi besar pertamanya dilakukan ketika ia berusia tujuh tahun ketika ia beraudisi untuk tampil di Broadway Musical, Gypsi. Ia lalu berakting di iklan komersial boneka mainan beberapa tahun kemudian. Di usia 17 tahun, ia menjadi bintang tamu sebagai Melanie, seorang remaja penderita HIV pada program televisi, Touched by an Angel episode 70. Ia juga telah muncul pada berbagai video musik dari berbagai artis populer seperti pada video musk "Unpretty" dari TLC. Jade juga berperan sebagai pemain tambahan dalam film Sorority Boys.

Jade Valerie mengaku ingin bernyanyi sejak usianya masih sangat muda, namun ketika itu ia memfokuskan diri pada kegiatan menulis lagu. Kegiatannya itu menolongnya dalam melanjutkan karier pada masa depannya dengan meluncurkan berbagai single dan tujuh album (lima bersama Sweetbox dan dua album solo). Lagunya yang berjudul Real Emotion dan 1000 Words digunakan sebagai soundtrack video game popular Final Fantasy X-2. Ia telah berkiprah dengan dua grup band (Gemstone dan Sweetbox) hingga albumnya mencapai status platinum.

Saat ini ia sedang mengerjakan proyek Eternity ∞ bersama dengan Geo, produsernya ketika ia bermain di Sweetbox dan partnernya ketika ia melanjutkan karier solonya.

Album[sunting | sunting sumber]

Sweetbox[sunting | sunting sumber]

Jade Valerie[sunting | sunting sumber]

Eternity ∞[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]