Jacobus Perviddya Solossa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jacobus Perviddya Solossa
Gubernur Papua ke-12
Masa jabatan
2001 – 2005
Presiden Megawati Soekarnoputri
Susilo Bambang Yudhoyono
Didahului oleh Freddy Numberi
Digantikan oleh Sodjuangan Situmorang
Informasi pribadi
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Partai politik Golongan Karya
Suami/istri Emma Jacomina Maury Solossa
Anak Ekatherma Solossa
Aquino Solossa

Dr. Jacobus Perviddya Solossa, M.Si. atau lebih dikenal dengan panggilan J.P. Solossa atau Jaap Solossa (lahir di Mefkajim Ayamaru, Sorong, Papua Barat, 8 Mei 1948 – meninggal di Jayapura, Papua, 19 Desember 2005 pada umur 57 tahun) adalah Gubernur Papua yang menjabat pada tahun 2001-2005. Solossa dikenal sebagai tokoh yang rajin menuntut diadakannya otonomi khusus bagi Provinsi Papua yang kaya akan sumber daya alam namun masih sangat miskin pengembangan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Solossa adalah seorang doktor ilmu sosial lulusan Universitas Padjadjaran (2005). Sebelum meraih gelar tersebut, ia terlebih dahulu lulus sebagai Sarjana Muda Administrasi Negara di Universitas Cendrawasih pada tahun 1973. Pada tahun 1986, ia meraih gelar Sarjana Administrasi Negara di universitas yang sama. Kemudian pada tahun 2000, Solossa mendapatkan gelar magister di bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Gadjah Mada.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Ia memulai karier politiknya dengan bergabung bersama Golkar. Ia menjadi anggota DPR sejak tahun 1997. Sekitar setahun memasuki masa bakti keduanya sebagai anggota DPR, ia memenangkan pemilu gubernur Papua pada tahun 2000 (wakil gubernur: Constant Karma). Masa jabatannya berakhir pada 23 November 2005, namun sejak 22 November, Menteri Dalam Negeri menunjuknya menjadi pejabat sementara untuk persiapan menghadapi pemilu gubernur pada tahun 2006. Solossa sendiri adalah calon gubernur dalam pemilu tersebut, berpasangan dengan Paskalis Kosy. Dalam pemilu ini, program utamanya adalah pengembangan ruas jalan strategis di Papua.

Wafat[sunting | sunting sumber]

Solossa meninggal dunia di Rumah Sakit Dok Dua, Kota Jayapura, Senin 19 Desember 2005 sekitar pukul 21.00 WIT. [1] Salossa diduga meninggal karena serangan jantung. Kantor Berita Antara melaporkan, sebelum meninggal dunia Solossa menghadiri acara reuni sekaligus peringatan ulang tahun SMA Negeri 2 Jayapura. Solossa tercatat sebagai salah seorang alumni sekolah tersebut. Solossa meninggalkan acara sekitar pukul 20.30 WIT.

Ia meninggal dunia di tengah peliknya masalah di Papua, di antaranya masalah perbatasan dan Organisasi Papua Merdeka, pemekaran wilayah, otonomi daerah, keterbelakangan sebagian warga Papua, dan sesaat sebelum ia meninggal, masalah kelaparan di Yahukimo.

Keluarga dan sepak bola[sunting | sunting sumber]

Solossa menikah dengan Emma Jacomina Maury Solossa. Dari pernikahannya tersebut, pasangan ini memperoleh empat orang anak, Ekatherina Margreth Susanna Solossa, Aquino Leonardo Rubyn Solossa, Ekipervviddya Fluctuanthe Solossadan Evraromeo Gilardihno Cannavaro Solossa juga adalah bapa tua dari Boaz Solossa, Nehimia Solossa dan Ortizan Solossa, yang merupakan pemain sepak bola dalam tim nasional Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai gubernur Papua, Solossa telah dikenal aktif sebagai pembina sepak bola di Papua. Ia menjabat sebagai manajer tim sepak bola PON Papua pada PON 1996. Kemudian saat Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia 2005, Solossa juga adalah Ketua Umum tim.

Pengalaman jabatan[sunting | sunting sumber]

  • Bagian Kepala Sub Bagian Peningkatan Kesehatan Masyarakat (1977-1982)
  • Kepala Sub Bagian Generasi Muda Biro BINSOS (1982-1987)
  • Wakil Ketua DPRD Tingkat I Irian Jaya (1987-1992)
  • Wakil Ketua DPRD Tingkat I Irian Jaya (1992-1997)
  • Anggota DPRD Tingkat I (1997-1999)

Tanda jasa/penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Piagam Penghargaan 1987 DPP GOLKAR

Pranala luar dan referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Freddy Numberi
Gubernur Papua
20012005
Diteruskan oleh:
Sodjuangan Situmorang