JP Millenix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jaanitra Priyanka Millenix
Jpm.jpg
JP Millenix
Nama lahir Jaanitra Priyanka Millenix
Nama lain JP (Je-Pi), Priyanka
Lahir 1 Januari 2000 (umur 14)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan drummer dan pelajar
Tahun aktif 2006 - sekarang
Dipengaruhi Mike Portnoy, Dream Theater, Lars Ulrich
Orang tua PV dan TMR
Situs resmi www.jpmillenix.net

Jaanitra Priyanka Millenix atau JP Millenix (lahir di Jakarta, Indonesia, 1 Januari 2000; umur 14 tahun) adalah seorang seorang pemain drum perempuan Indonesia. JP sudah mempelajari drum semenjak usianya 6 tahun.

Awalnya, JP memulai sekolah musik piano, akan tetapi JP malah tertarik dengan drum. JP sering bermain di lantai atas, yaitu lantai tempat belajar drum. JP malah tertarik drum dibanding piano karena menurutnya bermain drum sangat memacu adrenalin dan penuh semangat. Walaupun awalnya ditentang sang mama tapi akhirnya diijinkan untuk pindah sekolah piano ke drum.

"Waktu itu, aku masih balita. Aku senang memukul-mukul panci, sampai panci itu pecah. Setelahnya, Mama membelikan drum mainan dan saat aku mulai rajin memainkannya, ketika pukulan ketiga, drum mainan itu pecah. Beberapa tahun kemudian, Mama membelikan drum dan akupun dikursuskan drum." ujar JP.

Di setiap penampilannya, JP selalu membawa jargon "STOP VIOLENCE AGAINST CHILDREN" yang selalu dipasang di set drum nya, yaitu misi 'Hentikan Kekerasan Pada Anak-Anak'. Kepeduliannya ini, karena JP sering menyaksikan di televisi tentang tindak kekerasan pada anak di lingkungan keluarga, di jalan raya, tempat kumuh, dan lain-lain.

JP's drum set

Arti Nama[sunting | sunting sumber]

JP biasa dipanggil singkat 'Je-Pi' oleh teman-teman dan para penggemarnya. JP terkadang dipanggil Priyanka oleh teman dan guru sekolahnya dulu. Sedangkan arti dan nama lengkap JP adalah sebagai berikut:

Jaanitra: Berasal dari bahasa Sansekerta dan pengaruh dari bahasa India yang berarti perempuan yang mulia dan berderajat tinggi

Priyanka: Kata ini berasal dari India dan nama khusus untuk perempuan. Yang mempunyai arti cantik atau manis dalam bertindak, lembut dan mudah tersentuh

Millenix: Millenium baru ketiga yaitu tahun 2000 atau y2k (Year 2000). Tepat lahirnya JP di tanggal 1 Januari 2000. Pada tahun ini banyak orang tua yang menginginkan anaknya lahir pada tahun ini sebab pada tahun ini merupakan dimulainya generasi modern

Jaanitra Priyanka Millenix: Jadi arti utuh dari Jaanitra Priyanka Millenix adalah perempuan berderajat tinggi yang mempunyai tindak-laku yang cantik, lembut mudah tersentuh, yang lahir di era millenium ketiga

Karier[sunting | sunting sumber]

Pemilik nama JP ini, mulai dikenal masyarakat sejak mengikuti ajang pencarian bakat "Indonesia Mencari Bakat" yang disiarkan langsung dari Studio TransTV. JP gugur pada babak penyisihan tujuh besar IMB (Indonesia Mencari Bakat), pada tanggal 8 Agustus 2010.
Setelah IMB, JP sering mengisi acara di televisi nasional seperti menjadi host, co-host, bermain sinetron, dan event besar lainnya.

Acara dan Program televisi:

  • Sahabat JP : disini JP sebagai host yang mengangkat realita anak-anak Indonesia di nusantara. (Reality Show, TransTV)
  • Koper dan Ransel : sebagai co-host (TransTv).
  • Guest Drummer, di Konser HUT Slank ke-27, 2011. Trans7.
  • Panasonic Gobel Award 2013, JP Millenix feat. Anggun Cipta Sasmi
  • HUT SCTV Ke-23 2013 bersama Erwin Gutawa Orkestra, Alsa 'Setia Band', dan Issey 'LMI'

Sinetron:

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • Juara I, Purwacaraka Drum Competition - 2007
  • Favorite drummer in Melodia Kids Drum Competition, Banten Music Competition - 2008
  • Juara II, Yamaha Music Competition, SuperMall Karawaci - March 2009
  • Finalis Indonesia Mencari Bakat (IMB) Generasi Pertama - 2010
  • 8 Besar Finalis, Hit Like A Girl 2012 (Kontes drumer wanita sedunia)

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Bermain drum JP Millenix dipengaruhi oleh drummer dunia seperti Mike Portnoy mantan drummer Dream Theater, Mike Mangini - drummer Dream Theater, Lars Ulrich drummer Metallica, Cobus Potgieter dan beberapa drummer Indonesia seperti Gilang Ramadan, Wong Aksan, dan lain-lain.

Idola dan Kolaborasi[sunting | sunting sumber]

JP Millenix sangat mengidolakan sang maestro drummer dunia Mike Portnoy. Bahkan JP intens berkomunikasi dengan uncle Mike (biasa JP panggil untuk Mike Portnoy) bahkan JP pernah bertemu dengan sang idola [1] saat Mike Portnoy ke Jakarta.

Kolaborasi:

JP Millenix sudah banyak berkolaborasi dengan band-band besar di Indonesia, diantaranya dengan Slank, Titi Rajo Bintang, Nidji, Kotak, Nicky Astria & The Bangor, Kikan & Band, Superman is Dead, dan lain-lain.

Penggermar[sunting | sunting sumber]

Penggemar dan para fans JP disebut Sahabat JP dan The Millenixers yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa negara (Singapore, Malaysia). JP pernah mengadakan gathering dengan Millenixers Singapore pada tahun 2012.

Fans Base JP dapat ditemui di:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]