Museum Getty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari J. Paul Getty Museum)
Museum Getty

Museum Getty (Inggris: Getty Center) di Los Angeles California, Amerika Serikat, adalah rumah dari Museum J. Paul Getty sekaligus menjadi pusat penelitian dan institusi konservasi. Museum ini dibuka pada 16 Desember 1997.

Arsitektur "The Getty Center" yang dirancang oleh arsitek Richard Meier, merupakan museum utama dari J. Paul Getty Trust. Disainnya memiliki pengaruh feng shui. Bangunan ini memiliki ruang parkir bawah tanah bertingkat tujuh dengan lebih dari 2.000 tempat parkir.

Koleksi yang dimiliki museum ini terdiri dari hasil seni pahatan, lukisan Eropa, sketsa, manuskrip, patung dan fotografi. J. Paul Getty membuka museum ini untuk pertama kalinya pada tahun 1974. Tahun 1997 museum dipindahkan ke lokasinya yang sekarang di Brentwood. Museum ini juga memiliki beberapa koleksi lukisan terkenal seperti Irises karya Vincent Van Gogh, Le Sacrifice de Polyxena karya Giambattista Pittoni, dan King of France and Navarre karya Hyacinthe Rigaud. GettyGuide, rangkaian teknologi multimedia interaktif, memberi pengunjung informasi tentang pameran.[1]

Sorotan koleksi terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Getty in Brentwood". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-04. Diakses tanggal 2022-07-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]