Ivo Samkalden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ivo Samkalden pada tahun 1965.

Ivo Samkalden (lahir di Rotterdam, 10 Agustus 1912 – meninggal di Amsterdam, 11 Mei 1995 pada umur 82 tahun) adalah politikus Belanda. Samkalden adalah anggota Tweede Kamer dari Partai Buruh antara tahun 1956-1966. Selain itu, ia juga pernah menjadi anggota Eerste Kamer, menteri, dan wali kota Amsterdam antara tahun 1967-1977. Pada tanggal 22 Januari 1985 ia diangkat sebagai menteri negara.

Samkalden yang pernah menjadi pegawai negeri di Hindia-Belanda (sekarang Indonesia) ini juga profesor hukum pertanian di Universitas Wageningen. Ia pernah 2 kali menjadi menteri hukum dalam masa jabatan yang singkat, yakni pada Kabinet Drees III dan Cals. Karena itulah, ia dapat mempersiapkan pembuatan hukum, namun sedikit yang diciptakan. Ia mengizinkan penjahat perang Jerman Willy Lages yang dihukum penjara seumur hidup dibebaskan atas dasar kesehatannya memburuk. Keputusan itu menimbulkan kemarahan khayalak di Belanda.

Dalam masa yang singkat, ia pernah menjadi anggota Tweede Kamer dari fraksi Buruh yang berpengaruh dan kemudian menjadi senator. Setelah menjadi menteri, ia menjadi wali kota Amsterdam, yang dalam kedudukan itu ia dihadapkan pada berbagai macam masalah kebijakan publik (seperti pembangunan jaringan metro) dan ketegangan di College van B&W. Ia adalah seorang pejabat yang kuat dan kompeten serta hakim yang baik.

Setelah meninggal, Samkalden dikremasikan di Westgaarde, Amsterdam.

Pemain kabaret dan penyanyi Daniël Samkalden adalah cucunya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Julius Christiaan van Oven
Menteri Hukum
1956-1958
Diteruskan oleh:
Teun Struycken
Didahului oleh:
Ynso Scholten
Menteri Hukum
1965-1966
Diteruskan oleh:
Antoon Arnold Marie Struycken
Didahului oleh:
Jan Smallenbroek
Menteri Dalam Negeri
1966
(sementara)
Diteruskan oleh:
Pieter Jacobus Verdam
Didahului oleh:
Gijs van Hall
Walikota Amsterdam
1967-1977
Diteruskan oleh:
Wim Polak