Ivan Mazepa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Mazeppa" karya Théodore Géricault

Ivan Stepanovych Mazepa (Ukraina: Іван Степанович Мазепа; O.S. March 20 1639 — O.S. September 21 1709),[1] adalah Cossack Hetman dari Hetmanate di Ukraina dari tahun 1687 hingga 1708, dan Pangeran Kekaisaran Romawi Suci pada tahun 1707-1709.[2] Ia terkenal karena kecintaannya terhadap seni dan perannya dalam Pertempuran Poltava.

Dalam pertempuran tersebut, ia meninggalkan pasukannya dan balik memihak pasukan lawan yang dipimpin oleh Charles dari Swedia setelah mengetahui bahwa Peter I berniat menurunkannya sebagai Hetman Ukraina dan menggantinya dengan Alexander Menshikov. Peristiwa tersebut meninggalkan dampak besar bagi sejarah Rusia dan Ukraina.

Gereja Ortodoks Rusia mengutuk (ekskomunikasi) atas nama Mazepa pada tahun 1708 dan masih menolak untuk mencabutnya. Kutukan tersebut tidak diakui oleh Patriarkat Ekumenis Konstantinopel, yang menganggapnya tidak kanonik dan dikenakan motif politik sebagai sarana penindasan politik dan ideologi, tanpa alasan agama, teologis, atau kanonik.[3]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Mazepa diperkirakan lahir pada tanggal 30 Maret 1639 di Mazepyntsi, dekat Bila Tserkva, yang ketika itu merupakan bagian dari Provinsi Kyiv di wilayah Persemakmuran Polandia-Lithuania.[1] Ia lahir dari keluarga bangsawan. Ibunya bernama Maryna Mokievska (1624-1707) (dikenal 1674-75 dengan nama biara nya Maria Magdalena), sementara ayahnya adalah Stefan Adam Mazepa (?-1666).[4] Maryna Mokievska berasal dari keluarga seorang perwira Cossack yang berjuang bersama Bohdan Khmelnytsky. Dia melahirkan dua anak Ivan dan Oleksandra. Stefan Mazepa menjabat sebagai Otaman dari Bila Tserkva (1654), perwakilan Cossack Raja Polandia-Lithuania Rzecz Pospolita, dan podczaszy Chernihiv.

Ivan Mazepa dididik pertama kali di Akademi Kyiv-Mohyla, kemudian di perguruan tinggi Jesuit di Warsawa. Selain bahasa Ukraina, Rusia dan Polandia, ia fasih berbahasa Latin (menurut ingatan diplomat Prancis Jean Baluze, "dengan pengetahuan yang sangat baik tentang bahasa ini ia dapat bersaing dengan ayah Jesuit terbaik kami") dan berbicara bahasa Italia dan Jerman. Pylyp Orlyk bersaksi bahwa Mazepa menguasai bahasa Tatar dengan sangat baik, seperti yang dimiliki banyak mandor Cossack saat itu. Sebagai seorang halaman, Mazepa dikirim untuk mempelajari "gunnery" di Deventer (Republik Belanda) pada tahun 1656–1659, selama waktu itu ia melakukan perjalanan melintasi Eropa Barat. Dari tahun 1659 ia bertugas di istana raja Polandia, John II Casimir Vasa (memerintah 1648–1668) dalam berbagai misi diplomatik ke Ukraina. Pelayanannya di istana kerajaan Polandia membuatnya mendapatkan reputasi sebagai "Liakh" yang menganut Katolik kemudian pemerintah Kekaisaran Rusia akan secara efektif menggunakan penghinaan ini untuk mendiskreditkan Mazepa. Pada masa inilah muncul legenda perselingkuhannya dengan Madam Falbowska yang menginspirasi sejumlah tokoh Romantis Eropa, seperti Franz Liszt, Victor Hugo, dan masih banyak lainnya.[5]

Pada tahun 1663 Mazepa kembali ke rumah ketika ayahnya jatuh sakit. Setelah kematian ayahnya (ca. 1665), ia mewarisi gelar juru minuman Chernihiv. Dari tahun 1669 hingga 1673 Mazepa bertugas di bawah pimpinan Petro Doroshenko (Hetman dari Tepi Kanan Ukraina dari tahun 1665 hingga 1672) sebagai komandan skuadron di Garda Hetman, khususnya selama kampanye Doroshenko tahun 1672 di Galisia, dan sebagai kanselir dalam misi diplomatik ke Polandia, Krimea, dan Kekaisaran Ottoman. Dari tahun 1674 hingga 1681 Mazepa menjabat sebagai "pengadilan" saingan Doroshenko, Hetman Ivan Samoilovych setelah Mazepa ditangkap dalam perjalanan ke Krimea oleh Kish Otaman Ivan Sirko pada tahun 1674. Dari tahun 1677 hingga 1678 Mazepa berpartisipasi dalam kampanye Chyhyryn di mana Yurii Khmelnytskyi, dengan dukungan dari Kekaisaran Ottoman, mencoba untuk mendapatkan kembali kekuasaan di Ukraina. Mazepa yang muda dan terpelajar dengan cepat naik pangkat menjadi Cossack, dan dari tahun 1682 hingga 1686 ia menjabat sebagai Jenderal Aide-de-Camp (Heneralnyi Osaul).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]