Ivan Gašparovič

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ivan Gašparovič
Presiden Slowakia Ke-3
Masa jabatan
15 Juni 2004 – sekarang
Didahului oleh Rudolf Schuster
Digantikan oleh Sedang menjabat
Informasi pribadi
Lahir 27 Maret 1941 (umur 73)
Poltár, Cekoslowakia
Kemudian menjadi Slowakia
Partai politik Movement for Democracy
Suami/istri Silvia Beníková

Ivan Gašparovič (lahir di Poltár, Cekoslowakia (kini wilayah Slowakia), 27 Maret 1941; umur 73 tahun) adalah politisi dan profesor hukum Slowakia serta Presiden Slowakia sejak 15 Juni 2004.

Gašparovič lahir di Poltár, dekat Lucenec dan Banska Bystrica di selatan pusat Slowakia. Ayahnya (Vladimir Gašparović), bermigrasi ke Slowakia dari Kroasia saat berakhirnya Perang Dunia I dan menjadi guru di sebuah sekolah di Bratislava kemudian menjadi kepala sekolahnya.

Gašparovič mengikuti pendidikan di fakultas hukum Universitas Comenius di Bratislava, yang merupakan universitas pusat di Slowakia, dari 1959 hingga 1964. Kemudian ia bekerja di kantor jaksa distrik di distrik Martin (1965-1966), dan menjadi jaksa di kantor jaksa daerah Bratislava (1966-1968). Pada 1968, ia bergabung dengan Partai Komunis Slowakia untuk mendukung gerakan reformasi pimpinan Alexander Dubček, tetapi kemudian meninggalkan partai sehubungan dengan invasi Pakta Warsawa ke Cekoslowakia pada Agustus 1968.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 1964, Gašparovič menikah dengan Silvia Beníková dan dikaruniai dua anak. Dalam kehidupan pribadinya, ia menyukai olahraga balap motor dan hoki es. Ia menjadi salah satu pemimpin klub hoki Slovan ChZJD (kini HC Slovan Bratislava). Ia juga wakil presiden Komisi Internasional Uni Hoki Es Cekoslowakia dan wakil presiden olahraga tim hoki unit Slovan Bratislava.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Rudolf Schuster
Presiden Slowakia
2004—kini
Petahana