Itchō Itō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Itchō Itō (伊藤 一長, Itō Itchō, 23 Agustus 194518 April 2007) adalah wali kota Nagasaki di Jepang. Ia pertama kali diangkat sebagai wali kota di kota ini pada 1995.

Pada 17 April 2007, ketika sedang berkampanye untuk pemilihan wali kota yang keempat kalinya, ia ditembak oleh Tetsuya Shiroo (城尾哲彌, Shiroo Tetsuya); di depan gedung kampanyenya yang berlokasi di seberang Stasiun kereta api kota Nagasaki. Shiroo diduga mempunyai hubungan dengan Yamaguchi-gumi, sebuah kelompok Yakuza (kejahatan terorganisir).

Dari beberapa berita yang dilansir televisi-televisi jepang disebutkan bahwa penyidikan Polisi Jepang saat ini mengarah ke Shiroo dan juga mantan istri Shiroo. Dalam sebuah wawancara televisi mantan istri Shiroo menyebutkan bahwa Wali kota Ito memiliki permasalahan keuangan dengan sebuah perusahaan developer yang dananya disumbang oleh Shiroo. Mengenai si penembak sendiri, pihak kantor wali kota juga melansir bahwasanya Shiroo pernah memiliki permasalahan yang serius dengan pihak kantor wali kota menyangkut klaim asuransi kecelakaan yang tidak dikabulkan pada waktu mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Pihak kantor wali kota juga menyebutkan bahwa kecelakaan mkendaraan tersebut disengaja atau dibuat-buat oleh Shiroo.

Itō adalah wali kota Nagasaki kedua yang ditembak. Sebelumnya Hitoshi Motoshima ditembak pada 1990.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]