Ismail Haniya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ismail Haniya
Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina DiJalur Ghaza*
Petahana
Mulai menjabat
29 Maret 2006
Informasi pribadi
Lahir 29 Januari 1963 (umur 51)
Al-Shati, Gaza Strip
Kebangsaan Arab
Partai politik Hamas
Alma mater Universitas Islam Gaza
Agama Islam
** Haniyeh diberhentikan oleh Abbas pada 14 Juni 2007 dan ditunjuk Salam Fayyad sebagai gantinya. Hal ini telah dianggap ilegal oleh Dewan Legislatif, yang terus untuk mengenali Haniyeh. Fayyad Mengatur di Tepi Barat yang dikendalikan Fatah , sedangkan Haniyeh terus memerintah Jalur Gaza yang dikendalikan Hamas

Ismail Haniya (lahir di Gaza pada tahun 1962; bahasa Arab: إسماعيل هنية) adalah seorang politikus Palestina. Ia adalah Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina dari 19 Februari 2006 hingga sekarang [[]]. Haniya dikenal sebagai pemimpin Hamas yang lebih moderat dan dekat dengan pemimpin spiritual Hamas, Sheikh Ahmad Yassin, yang dibunuh Israel.

Lahir di perkampungan pengungsi al-Shari pada tahun 1962, tahun 1987 ia lulus dari Universitas Islam Gaza dengan gelar dalam bidang sastra Arab. Haniya lalu dipenjara tanpa tuduhan oleh pemerintah Israel selama tiga tahun dari tahun 1989 hingga 1992. Setahun kemudian ia menjadi kepala fakultas di Universitas Islam Gaza. Kemudian pada pemilu 2006, ia dipilih Hamas sebagai calon legislatif urutan pertama Hamas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ahmed Qurei
Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina
19 Februari 2006Sekarang 2007
Diteruskan oleh:
Masih Menjabat di Gaza