Isabella dari Jerusalem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Isabella I dari Yerusalem (1172 - 5 April 1205) adalah Ratu yg tersebar luas dari Yerusalem 1190/1192-5 April 1205. Dia adalah putri dari Amalric I dari Yerusalem dan istri keduanya Maria Comnena, Adik paling muda dari Baldwin IV dari Yerusalem dan Sybilla dari Yerusalem. Dia juga Sekaligus bibi dari Baldwin V, dan cucu perempuan dari kaisar Bizantium Manuel I Comnenus, yang menerima kota dan wilayah Nablus sebagai mahar kawin dari suaminya raja. Isabella I menikah empat kali. Maria dari Montferrat, Ratu Yerusalem adalah putrinya oleh suaminya yang kedua, Conrad dari Montferrat. Dia memiliki tujuh anak dari berbagai suami itu.

Kehidupan Awal dan Pernikahan Pertama[sunting | sunting sumber]

Isabella menghabiskan masa masa mudanya di pengadilan ibunya dan ayah tirinya Balian dari Ibelin, sebagian besar di Nablus. Dia digambarkan oleh Ambrose penyair sebagai "sangat wajar dan indah"; menurut penulis sejarah Islam Imad ad-Din al-Isfahani, dia berambut hitam dan kulitnya pucat.

Pernikahan ayah Isabella sebelumnya bersama Agnes dari Courtenay telah dibatalkan, Tapi ia memiliki anak-anaknya dari perkawinan disahkan. Saudara tirinya Baldwin IV diakui secara bulat sebagai raja, karena ia adalah satu-satunya pria yang bisa memimpin dan membawa Kerajaan ke arah yang lebih baik, tetapi ia menderita kusta (yang tidak bisa disembuhkan). Karena itu, Penggatin akan jatuh ke salah satu adiknya yaitu Sybilla secara penuh, atau, jika legitimasi dirinya ditantang, untuk Isabella setengah-adiknya. ibu Isabella dan Ibelins memiliki ambisi kuat untuk keberhasilannya, meskipun diplomasi Baldwin IV tentang perkawinan luar negeri jelas menunjukkan bahwa ia menganggap Sibylla sebagai pewaris langsung.

Pada 1180, ketika Isabella berumur 8 (menurut William dari Tirus), ia bertunangan dengan Humphrey IV dari Toron, atas perintah dari saudara tiri Baldwin IV, dalam pembayaran utang kehormatan kepada kakek Humphrey Humphrey II yang telah menyelamatkan Raja terluka parah di Banias, dan untuk menghapus dia dari orbit politik Ibelin. Mereka menikah pada 1183, ketika Humphrey berusia sekitar 16 atau 17 dan Isabella 11.

Anak Anak Isabella[sunting | sunting sumber]

Dari Suami Pertama Humphrey IV dari Toron, Isabella tidak memiliki Anak.

Dari Pernikahan Kedua Conrad dari Montferrat Dia memiliki 1 putri:

  1. Maria (1192–1212), Pengganti Isabella Sebagai Ratu Jerusalem.

Dari Pernikahan ketiga Henry II, Memiliki 3 putri :

  1. Marie (Meninggal sebelum 1205) Bertunangan dengan Guy dari Cyprus tapi mereka berdua meninggal ketika masih kanak-kanak.
  2. Alice (1195/1196–1246), Pernikahan pertama dengan Hugh I dari Cyprus, Pernikahan kedua dengan Bohemond V dari Antioch dan Pernikahan ketiga dengan Raoul de Soissons. 
  3. Philippa (1197 - 20 December 1250), Menikah dengan Erard de Brienne-Ramerupt 

Dari Pernikahan keempat dengan Amalric I Dari Cyprus mempunyai beberapa anak:

  1. Sybille (1198 – sekitar 1230/1252), Menikah dengan Raja Leo II dari Armenia
  2. Mélissende (c. 1200 – aft. 1249), Menikah January 1, 1218 dengan Bohemund IV dari Antioch
  3. Amalric (1201 – Februari 2, 1205, Acre)