Isabella dari Aragon, Ratu Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Isabella dari Aragon
Stempel Isabella dari Aragon
Stempel Isabella dari Aragon
Permaisuri Jerman
Memerintah sebagai pasangan 1315–1330
Pasangan Frederick yang Tampan
Anak
Anna, Adipati Wanita Bayern
Frederick dari Austria
Elisabeth dari Austria
Wangsa Wangsa Habsburg (oleh pernikahan)
Wangsa Aragon (oleh kelahiran)
Ayah James II dari Aragon
Ibu Blanche dari Anjou
Lahir 1305
Meninggal 12 Juli 1330 (usia 24–25)

Isabella dari Aragon (1305–12 Juli 1330) merupakan putri James II dari Aragon dan istri keduanya Blanche dari Anjou. Permaisuri Frederick I dari Austria. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Aragon

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Isabella adalah anak keenam dari sepuluh orang anak, saudara-saudaranya termasuk Alfonso IV dari Aragon dan Maria dari Aragon.

Eyang paternalnya adalah Peter III dari Aragon dan Constantia dari Sisilia.[1] Eyang maternalnya adalah Charles II dari Napoli dan Maria Arpad dari Hongaria.

Isabella awalnya dijodohkan dengan Oshin, Raja Armenia, putra Leo II, Raja Armenia dan istrinya Ratu Keran. Ayahnya merencanakan perjodohannya dengan Oshin dari Armenia sebagai pertukaran atas relik beragama Santo Thekla, yang berlokasi di Sis, Armenia, yang sangat ingin didapatkan untuk katedral Tarragona. Negosiasi untuk pernikahan itu berakhir atas tentangan Armenia untuk meningkatkan hubungan dekat dengan kekuasaan Katolik barat.[2]

Pada tanggal 11 Mei 1315, Isabella menikah dengan Frederick I dari Austria, Raja Jerman di Ravensburg. Sejak saat itu, Isabella dikenal sebagai Elisabeth di Jerman dan Austria.[3] Suaminya telah terpilih sebagai satu dari dua saingan Raja Jerman di bulan Oktober, 1314. Saingannya adalah Louis IV dari Bayern. Dengan pernikahannya itu, Isabel menjadi satu dari dua Ratu Jerman dengan Beatrix von Silesia-Glogau, istri Louis IV.

Isabel dan Frederick memiliki sedikitnya 3 orang anak:

Pada tanggal 5 September 1325, Frederick I dan Louis IV menyelesaikan konflik mereka dengan menyetujui untuk bertugas sebagai wakil pemimpin. Namun Frederick segera menjadi wakil pemimpin junior dan mengundurkan diri ke Austria sampai kematiannya pada tanggal 13 Januari 1330. Isabel hidup lebih lama darinya hampir 6 bulan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Margaret dari Brabant
Ratu Jerman
11 Mei 1315 – 13 Januari 1330
Dengan Beatrix von Silesia-Glogau (1315–1322) dan Margaret, Comtesse Hainaut (1324–1330)
Diteruskan oleh:
Margaret, Comtesse Hainaut