Intel 8008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Intel 8008 merupakan sebuah microprocessor terdahulu yang dirancang dan dibuat oleh Intel, dan diproduksi pada bulan april tahun 1972. Aslinya terbentuk dari Computer Terminal Corporation untuk digunakan pada terminal yang dapat diprogram ulang (programmable terminal) Datapoint 2200, tetapi karena chip terlambat (delivered late) dan tidak memuaskan kemampuannya menurut CTC, sehingga chip tidak digunakan padat 2200. Sebuah kesepakatan antara Intel dan CTC mengizinkan Intel untuk memasarkan kepada pelanggan lain. Set perintah diadopsi dari 8008 dan dikembangkan berdasarkan CPU Intel CISC berdasarkan rancangan milik CTC.

Chip ini memiliki 18 pin DIP memiliki jalur data 8-bit tunggal dan membutuhkan perangkat logika luar untuk mendukungnya. Versi awal dari 8008 berjalan pada 0.5 MHz, lebih lambat 0.8 MHz. Meskipun lebih lambat dalam hal melakukan perintah per detiknya dari 4-bit Intel 4004 and Intel 4040, sebuah fakta bahwa 8008 memproses delapan bit data sekali dan secara signifikan dapat mengakses lebih banyak RAM sesungguhnya memberikan 3 sampai 4 kali kekuatan sebenarnya dari chip 4-bit.

Sangat baik untuk digunakan pada pengontrol dan terminal CRT ( controller and CRT terminal), tetapi hal tersebut terlalu sulit untuk digunakan untuk tugas lain. Beberapa rancangan komputer dirancang berdasarkan chip ini, tetapi versi lebih lanjut mengembangkannya lebih jauh lagi.

Perancang[sunting | sunting sumber]

Marcian "Ted" Hoff, Stan Mazor, Hal Feeney, Federico Faggin

Planala luar[sunting | sunting sumber]