Institute for New Testament Textual Research

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo INTF

Institute for New Testament Textual Research (bahasa Jerman: Institut für neutestamentliche Textforschung — INTF) pada University of Münster, Westphalia, Jerman, adalah suatu institusi untuk meneliti sejarah tekstual bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen dan untuk merekonstruksi teks asli bahasa Yunani yang menjadi dasar seluruh tradisi manuskrip, terjemahan-terjemahan awal dan kutipan-kutipan patristik; lebih jauh lagi, persiapan suatu Editio Critica Maior berdasarkan seluruh tradisi naskah Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani, versi-versi awal dan kutipan-kutipan Perjanjian Baru dari para bapa gereja dalam sastra Kristen. Di bawah supervisi Kurt Aland, INTF mengumpulkan hampir seluruh materi yang dibutuhkan.

Selanjutnya, INTF memproduksi beberapa edisi dan berbagai alat bantu untuk penelitian Perjanjian Baru, termasuk edisi singkat yang dikenal sebagai Perjanjian Baru "Nestle-Aland" dan UBS. Banyak hasilnya juga tersedia untuk publik luas pada "Bible Museum" yang terletak bersebelahan dan berafiliasi dengan institut ini.

Suplemen pertama Editio Critica Maior dengan surat-surat Am telah dipublikasikan sejak tahun 1997.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Institute for New Testament Textual Research (INTF) didirikan di Münster, Jerman pada tahun 1959 oleh Kurt Aland (1915-1994). Sejak tahun 1950-an Aland telah bekerja pada karya Eberhard dan Erwin Nestle "Novum Testamentum Graece". Di INTF edisi kesarjanaan singkat itu direvisi lebih lanjut dan dipublikasikan, sampai menjadi "trade-mark" (tanda dagang) institut ini dengan nama ""Nestle-Aland" - Novum Testamentum Graece". Pada tahun 1966, edisi singkat kedua yang ditujukan untuk para penerjemah, "Greek New Testament", diterbitkan. Penemuan-penemuan naskah-naskah papirus besar pada abad ke-20 mempunyai relevansi khusus untuk rekonstruksi baru teks-teks dalam edisi ke-26 Nestle-Aland dan edisi ketiga Greek New Testament. Kedua edisi ini memuat teks yang tepat sama, meskipun berbeda pada aparatus mereka.

Namun, tujuan utama institut ini adalah apa yang disebut Editio Critica Maior berdasarkan seluruh tradisi Perjanjian Baru dalam naskah-naskah berbahasa Yunani, terjemahan-terjemahan lama dan kutipan-kutipan sepanjang sejarah sastra Kristen. Prasyarat untuk perwujudan tugas ini adalah menyaring dan meneliti seluruh tradisi naskah Perjanjian Baru bahasa Yunani. Di bawah supervisi Kurt Aland, INTF mula-mula mengumpulkan seluruh bahan (sebagian melalui perpindahan naskah secara ekstensif), diikuti oleh analisis pada edisi-edisi tunggal dan studi spesifik untuk persiapan Editio critia Maior.

Kurt Aland mendapatkan seorang teman dan patron dalam diri Bishop Hermann Kunst. Pada tahun 1964 Bishop Kunst mendirikan suatu yayasan “Hermann Kunst Foundation for the Promotion of New Testament Textual Research” yang menghibahkan dukungan keuangan penting bagi institut ini sampai sekarang.

Pada tahun 1979, Kurt Aland mendirikan Bible Museum di Münster, Jerman yang mempertontonkan karya INTF kepada khalayak umum.

Pada tahun 1983, Barbara Aland menggantikan suaminya sebagai direktur INTF. Di bawah supervisinya, analisis materi yang sudah dimulai sejak zaman Kurt Aland diteruskan dan dibuat dapat diakses untuk penelitian banyak publikasi. Suplemen pertama Editio Critica Maior yang memuat Surat Yakobus akhirnya diterbitkan pada tahun 1997. Barbara Aland memimpin institut ini sampai tahun 2004.

Sejak bulan Oktober 2004 Holger Strutwolf menjabat sebagai direktur INTF dan Bible Museum.

Pada tahun 2007 "Northrhine-Westphalian Academy of Sciences and Arts" menerima Editio Critica Maior sebagai salah satu proyek mereka. Pada tahun berikutnya proyek itu ditetapkan di Münster University sebagai “Novum Testamentum Graecum - Editio Critica Maior”.

Manuskrip[sunting | sunting sumber]

INTF juga menyimpan sejumlah manuskrip Perjanjian Baru, dan bertanggung jawab untuk meregistrasi naskah-naskah Perjanjian Baru (disebut "penomoran Gregory-Aland"), dan untuk menyunting Novum Testamentum Graece.

Minuscule: 676, 798, 1432, 2444, 2445, 2446, 2460, 2754, 2755, 2756, 2793;

Leksionari: 1681, 1682, 1683, 1684 (lower script Uncial 0233), 1685, 1686, 2005, 2137, 2208, and 2276.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Video[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • B. Aland, Neutestamentliche Textforschung, eine philologische, historische und theologische Aufgabe, in: Bilanz und Perspektiven gegenwärtiger Auslegung des Neuen Testaments, hrsg. v. F.W. Horn, Berlin/New York 1995, S. 7-29.
  • B. Aland, K. Wachtel, The Greek Minuscule Manuscripts of the New Testament, in: The Text of the New Testament in Contemporary Research. Essays on the Status Quaestionis, ed. by Bart D. Ehrman and M. W. Holmes, Grand Rapids, 1995, S. 43-60.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°57′40″LU 7°37′25″BT / 51,96111°LU 7,62361°BT / 51.96111; 7.62361