Institut Theologia dan Keguruan Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Institut Theologia dan Keguruan Indonesia (ITKI) adalah perguruan tinggi yang merupakan bagian dari Seminari Bethel Indonesia. ITKI menyelenggarakan beberapa program pendidikan dari Strata 1 (S1) sampai Strata 3 (S3). Sejak tahun 2010 nama Institut teologia dan Keguruan Indonesia (ITKI) berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teologia dan Keguruan Indonesia (STT Bethel Indonesia/STTBI).


LOKASI

Berlokasi di daerah Jakarta Pusat tepatnya di jalan Petamburan IV no.5 Po Box 10260 keluarahan Petamburan Kecamatan Tanah Abang. Lokasi ITKI/STTBI berdampingan dengan Gereja Bethel Indonesia jemaat Petamburan yang dibentuk oleh pendiri GBI, Bpk. Ho Lukas Senduk. Saat ini gereja tersebut dipimpin oleh Bpk.Pdt. Yossie Mesackh, anak dari alm. Pdt.J.Mesackh dan pdt.Olly Mesackh. Lokasi ITKI juga berdampingan dengan Yaayasan Bethel Pusat jakarta (sekolah Bethel) yang menyelanggarakan program sekolah KB,TK,SD,SMP,SMA, dan SMK. Demikan pula tidak jauh letaknya dari markas pusat Front Pembela Islam (FPI) di Indonesia yaitu di jalan Petamburan III jakarta. Juga berhadapan dengan Asrama Brimob Slipi dan markas Pusat satuan tugas Gegana dan unit satwa POLDA Metro Jaya jakarta. Di sekitar ITKI/STTBI juga terdapat beberapa gereja seperti Gereja Kristus Petamburan jakarta (gereja Protestan) dan Gereja Kristus Salvator (gereja Katolik) Kekeluargaan sangat terasa di sekitar daerah petamburan ini,saling toleransi terjadi satu dengan yang lainnya.

ITKI atau yang sekarang disebut STTBI memebuat beberapa program studi yaitu:

Program S1 menyelenggarakan jurusan: Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Misi juga Prodi Konesling & teologia Pastoral (untuk kelas eksekutif-malam). Program S2 menyelenggarakan program: Master of Arts in Church Ministry (MACM) dan Magister Theologi (M.Th) dengan jurusan/Program Studi : Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Pastoral Konseling. Program S3 menyelenggarakan program : Doctor of Ministry (D.Min) dengan jurusan: Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Konseling Pastoral.


Institut Theologia dan Keguruan Indonesia (ITKI) yang juga lebih dikenal dengan sebutan Seminary Bethel ini merupakan Lembaga Pendidikan Nasional Theologia (National Bible Training College of Bethel Church) dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI).

Mahasiswa/i yang bersekolah disini berasala dari daerah-daerah di seluruh Inodnesia dan tidak semua selalu dari warga jemaat Gereja Bethel Indonesia, bahkan lulusan sini pun tidak semua selalu harus melayani pekerjaan Tuhan di lingkungan GBI banyak juga yang melayani di lingkungan gereja-gereja non GBI dan telah menjadi berkat bagi banyak orang.