Institut Teknologi Padang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Institut Teknologi Padang
Lambang ITP
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor Ir. Hendri Nofrianto, M.T
Lokasi Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Julukan ITP
Situs web www.itp.ac.id

Institut Teknologi Padang (ITP) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Jalan Gajah Mada, Nanggalo, Padang, Indonesia, 25143, 0°54′01″LS 100°21′50″BT / 0,900155°LS 100,36397°BT / -0.900155; 100.36397. ITP termasuk salah satu perguruan tinggi teknik tertua di yang ada di Kota Padang.

Gambaran Umum[sunting | sunting sumber]

Bermula dari kursus Ahli Teknik (KAT), dibawah naungan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (Akta Notaris no. 5 th 1972) kemudian berdirilah Akademi Teknik Padang (ATP) tanggal 21 Februari 1973. Saat itu ATP mempunyai 2 program studi yaitu Teknik Sipil dan Teknik Mesin, lalu ditambah Teknik Elektro tahun 1978. Dengan modal semangat dan motivasi yang kuat menghadapi tantangan dan permasalahan daerah Sumatara Barat dalam menghasilkan SDM terampil dan profesional, ATP berkembang menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) tanggal 19 Oktober 1989. Dalam perkembangannya, STTP dengan 6 program studi teknik mengelola jalur pendidikan akademik S1 dan profesional D3. Melalui proses yang panjang. Berdasarkan studi komprehensif, integral dan melihat trend perkembagan ilmu dan teknologi serta kebutuhan tenaga kerja masa depan, STTP memperlebar lingkup dan kajian bidang teknik dengan menambah 3 program studi baru jalur akademik S1 yaitu Teknik Geodesi, Teknik Material dan Teknik Informatika. Akhirnya sesuai dengan Kepmendiknas no. 113/D/O/2002 tanggal 7 Juni 2002, STTP berubah bentuk menjadi Institut Teknologi Padang ITP). Pada tahun 2002, Institut Teknologi Padang lulus seleksi bersama 40 perguruan tinggi lainnya dari 104 PTN dan PTS di Indonesia yang ikut berkompetisi mendapatkan Proyek Pengembangan Pendidikan Profesional dan Keahlian (TPSDP) Batch II. Melalui proyek tersebut , digunakan untuk penguatan program studi Teknik Sipil D3 dan Teknik Mesin D3. Dana hibah bersaing lainnya yang diperoleh pada tahun 2003/2004 yaitu proyek Semi-QUE V untuk program studi Teknik Elektro D3. Selanjutnya ITP juga memperoleh Proyek Hibah Kompetisi A1 dari Ditjen Dikti yang digunakan untuk penguatan program studi Teknik Mesin S1 dan Proyek Hibah Kompetisi A2 program studi Teknik Elektro S1. Hal ini membuktikan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat pendidikan nasional terhadap ITP. Berbekalkan sumber daya yang dimiliki, maka ITP secara terus menerus mengembangkan diri (continuous improvement), selain jalur pendidikan ITP juga melaksanakan kegiatan yang menunjang pendidikan seperti :

Pelatihan ( Training) Konsultan ( Consultant) Konstruksi (Construction) Uji Material ( Material Test) Pabrikasi (Fabrication) Weldding Center (Pusat PengeLasan) Teknologi Komunikasi Informasi (ICT)

Hingga saat ini ITP memiliki dua fakultas yaitu :

  1. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP)
    1. Teknik Sipil
      1. Program Sarjana (S1)
      2. Diploma III (D3)
    2. Teknik Geodesi
      1. Program Sarjana (S1)
  2. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
    1. Teknik Mesin
      1. Program Sarjana (S1)
      2. Diploma III (D3)
    2. Teknik Material
      1. Program Sarjana (S1)
    3. Teknik Elektro
      1. Program Sarjana (S1)
    4. Teknik Elektronika
      1. Diploma III (D3)
    5. Teknik Informatika
      1. Program Sarjana (S1)


Kapasitas Akademik[sunting | sunting sumber]

Dengan kurikulum berbasis kompetensi yang lebih menekankan aspek mutu, relevansi dan outcome, ITP berusaha untuk menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan dunia-kerja.

Sarana dan Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Dengan fasilitas yang ada, ITP secara berkelanjutan mampu melaksanakan proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan memenuhi kebutuhan operasional pengembangan Fakultas dan Jurusan dibawahnya.

Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas umum yang lengkap seperti perpustakaan pusat, kantin, ATM, wifi, CCTV, tempat ibadah mushala, pusat kegiatan mahasiswa, dan laboratorium.

TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Pengabdian pada Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]