InfoKomputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Info Komputer)
InfoKomputer
Logo InfoKomputer 2010
Managing EditorWisnu Nugroho
Staf penulisLiana Threestayanti, Ristianto Wibowo, Indah P.M., Erry FP, Cakrawala,
KategoriTeknologi Informasi
FrekuensiBulanan
Sirkulasi55.000 eksemplar
PenerbitPT Infometro Mediatama
Terbitan pertamaJanuari 1987
Terbitan terakhirMaret 2020
PerusahaanPT Infometro Mediatama (Gramedia Majalah)
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Situs webhttps://www.infokomputer.com
ISSN0215-2118

InfoKomputer adalah majalah komputer berbahasa Indonesia yang terbit pertama kali pada tahun 1985 dengan nama Sistem dan Komputer. Tiga tahun kemudian penerbit Sistem dan Komputer mengeluarkan media pelengkap bernama Cici & Obet yang merupakan majalah elektronika dengan pasar sasaran siswa/siswi sekolah dasar.

Selain Sistem dan Komputer serta Cici & Obet, penerbit juga menyelenggarakan pendidikan komputer untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan nama Paket Pendidikan Komputer Terpadu (PPKT). Medio 1990 PPKT melepaskan diri sebagai unit usaha mandiri dan berganti nama menjadi Lembaga Pendidikan Komputer Terpadu (LPKT).

Barulah pada 14 Januari 1987, media komputer tertua di Indonesia ini memakai nama resmi InfoKomputer dan berkonsentrasi penuh membahas tren TI teranyar baik di dalam maupun di luar negeri.[1][2]

InfoKomputer[sunting | sunting sumber]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

InfoKomputer adalah majalah komputer yang mengulas beragam informasi teranyar dari industri komputer, hasil pengujian perangkat keras dan perangkat lunak, tip dan trik komputer, tutorial, serta menyediakan segmen khusus untuk industri berskala kecil, menengah, sampai enterprise.

InfoKomputer juga merupakan satu-satunya majalah teknologi informasi Indonesia yang selalu mengulas solusi teknologi informasi untuk perusahaan beserta pengujian perangkat-perangkat terkait industri ini, termasuk dan tidak terbatas pada server, NAS, SAN, peranti jaringan, peranti keamanan (security appliance), dan sebagainya.

Profil[sunting | sunting sumber]

  • Edisi perdana: Januari 1987
  • Sirkulasi: 55.000 eksemplar
  • Frekuensi terbit: Bulanan
  • Jenis kertas: Artpaper 80 gram (isi), sampul Artcartoon 190 gram
  • Proses cetak: Offset Full Color
  • Materi cetak: computer to plate
  • Ukuran majalah: 21 cm x 27,5 cm

InfoKomputer Online[sunting | sunting sumber]

InfoKomputer Online adalah situs web yang menawarkan berita-berita aktual dunia teknologi informasi yang diperbarui setiap hari. Selain itu, InfoKomputer Online juga memuat artikel mengenai fitur, panduan, pemecahan masalah, tips dan trik serta uji perbandingan perangkat keras dan perangkat lunak. Keunggulan tambahan yang ada di InfoKomputer Online adalah kanal komunitas dalam rupa forum pengguna TI di seluruh dunia ([1] Diarsipkan 2014-04-04 di Wayback Machine.).[3]

Anti Virus InfoKomputer (AVI)[sunting | sunting sumber]

AntiVirus InfoKomputer (AVI) pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2008 dan merupakan perangkat lunak tambahan InfoKomputer di bidang keamanan komputer. AVI dikembangkan bersama komunitas keamanan komputer, ANSAV. AVI memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dirinya dengan antivirus open source CLAMAV sehingga mampu mengenali ratusan ribu virus baik lokal maupun luar.[4] Namun AVI sudah tidak diterbitkan oleh InfoKomputer bersamaan dengan dihilangkannya bonus DVD dari majalah ini.

Berhenti Terbit[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2020, majalah InfoKomputer merilis edisi pamungkasnya, bersamaan dengan majalah Idea. Dengan alasan pandemi Covid-19, dan kedua majalah tersebut tidak terbit hingga sekarang. InfoKomputer kini sepenuhnya online.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buku Sejarah Penerbitan Media Internal, PT Prima Infosarana Media, Kompas Gramedia, 2000 - Jakarta
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-28. Diakses tanggal 2010-06-26. 
  3. ^ http://www.infokomputer.com
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-27. Diakses tanggal 2010-06-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]