Induksi magnet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ilustrasi Induksi Magnetik

Induksi magnet atau imbas(an) magnet[1] adalah kuat medan magnet akibat adanya arus listrik yang mengalir dalam konduktor.[2] Adanya kuat medan magnetik di sekitar konduktor berarus listrik diselidiki pertama kali oleh Hans Christian (Denmark, 1774 – 1851).[2] Jika jarum kompas diletakkan sejajar dengan konduktor, maka konduktor itu akan dialiri arus listrik.[2] Bila arah arus dibalik, maka penyimpangannya juga berbalik. Selanjutnya, secara teoretis laplace (1749 – 1827) menyatakan bahwa kuat medan magnet atau induksi magnet di sekitar arus listrik sebagai berikut:

1. Berbanding lurus dengan arus listrik[2]

2. Berbanding lurus dengan panjang kawat penghantar[2]

3. Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak suatu titik dari kawat penghantar itu[2]

4. Arah induksi magnet tersebut tegak lurus dengan bidang yang dilalui arus listrik.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Induksi Magnet ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1821.[3] Dua tahun sebelumnya Oersted, telah menemukan bahwa jarum magnit kompas biasa dapat beringsut, jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan.[3] Ini membuat Michael Faraday berkesimpulan,bahwa jika magnit diketatkan, yang bergerak justru kawatnya.[3] Atas dasar dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnit sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.[3] Sesungguhnya dalam hal ini Michael Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata imbas dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ a b c d e f g "Pengertian induksi magnet". SHVOONG.com. 2011-02-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-21. Diakses tanggal 2014-06-08. 
  3. ^ a b c d e "Michael Faraday, Fisikawan Penemu Induksi Elektromagnetik". Indoline. 2011-12-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-14. Diakses tanggal 2014-06-09.