Indopos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Indopos adalah nama surat kabar harian milik grup Jawa Pos. Koran ini beredar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dan terbit perdana pada 25 Februari 2003.

Dengan jargon Koran Jakarta Sesungguh-Sungguhnya, Indopos hadir sebagai koran masyarakat kota. Berita dan artikel-artikelnya serupa dengan Jawa Pos. Indopos merupakan edisi Jakarta dari Jawa Pos yang terbit di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mulai tahun 2006 halaman muka Indopos tidak selalu sama dengan halaman muka Jawa Pos, baik dari gambar, maupun berita.

Secara umum, koran ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu koran utama, koran Jakarta Raya dan koran Indosport yang berisi berita olahraga. Pada mulanya, per hari Indopos terbit 40 halaman. Namun seiring naiknya harga kertas akibat imbas kenaikan BBM beberapa kali, manajemen Jawa Pos grup mengurangi jumlah halaman INdopos menjadi 32 halaman. Seperti induknya Jawa Pos, Indopos juga terbit nonstop 7 hari seminggu 365 hari per tahun. Rubrikasi dan perwajahan tak berbeda dengan edisi Jawa Pos. Hanya saja beberapa halaman lebih bersifat lokal Jakarta seperti Society, Wanita Jakarta, Jakarta Raya, Ekshibisi, dan olahraga lokal Jakarta.

Saat ini Indopos memiliki empat versi koran yaitu versi Jakarta, versi Kota Mandiri, versi Banten dan versi Bekasi. Masing-masing versi berisi halaman lokal yang beredar di kawasan tertentu yang tidak terdapat di versi yang lain. Versi Kota Mandiri hanya beredar di Tangerang. Sedangkan versi Banten beredar di provinsi Banten, minus Tangerang. Demikian pula versi Bekasi hanya beredar di Bekasi.

Sejak bulan Juli 2005, Indopos melakukan revolusi dengan mencetak seluruh halaman korannya dengan tinta warna. Kini INDO.POS menjadi satu-satunya koran harian di Indonesia yang seluruh halamannya berwarna.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]