Indonesia Moeda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Indonesia Muda)

Indonesia Moeda (EYD: Indonesia Muda) adalah organisasi pemuda yang diresmikan tanggal 31 Desember 1930 yang merupakan penggabungan antara organisasi Jong Java, Pemuda Indonesia dan Jong Sumatra.

Ide penyatuan dan pembentukan organisasi ini diprakarsai oleh organisasi Jong Java yang mengundang beberapa wakil perkumpulan pemuda untuk rapat di Jl. Kramat No. 106 Batavia (sekarang Gedung Sumpah Pemuda, Jakarta) tanggal 23 April 1929. Keputusan pertemuan adalah mengadakan Kongres Pemuda di Solo antara tanggal 28 Desember 1930 dan 2 Januari 1931. Organisasi ini bertujuan memperkuat rasa persatuan di kalangan pemuda dan pelajar di Hindia Belanda kala itu; sekaligus sebagai sebuah gerakan nasionalis untuk membangun kesadaran bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia. Karena haluan nasionalistik ini, Indonesia Moeda juga kala itu secara tegas mengakui Sumpah Pemuda, dan menjunjung bahasa Indonesia dan lagu Indonesia Raya, dan bendera Merah Putih sebagai identitas organisasi ini. Walaupun organisasi ini secara resmi tidak berkiprah dalam politik, organisasi ini adalah salah satu gerakan yang mempelopori terciptanya Indonesia merdeka.[1]

Daftar tokoh yang terlibat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman tentang Indonesia Muda di situs Pemerintah Kota Jakarta Diarsipkan 2013-11-13 di Wayback Machine., diakses 13 November 2013.
  2. ^ Helmi, Alfian Yusuf (1989). Diplomasi dari Desa ke Kota-Kota Dunia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. hlm. 19 dan bagian profil penulis. ISBN 979-416-056-3.