Indominco Mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PT. Indominco Mandiri
Industri pertambangan
Didirikan 1977
Kantor pusat Bontang, Indonesia
Produk batu bara
Laba usaha ฿25.817.000.000
Laba bersih ฿10.326.800.000
Induk BANPU
Situs web [1]

PT. Indominco atau Indominco Mandiri adalah sebuah perusahaan pertambangan batu bara yang berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Berdiri dan mulai beroperasi pada tahun 1997, disusul selesainya konveyor pelabuhan batu bara Indominco pada tahun 1999. Perusahaan ini kini dimiliki secara penuh oleh Somyot Ruchirawat seorang pengusaha asal Indonesia keturunan Cina. Somyot Ruchirawat juga menjabat sebagai Commissioner perusahaan telekomunikasi di Malaysia Maxis Communications Berhad. Monagisa Chandra adalah anak pertamanya yang juga ikut andil peran dalam peningkatan kerja dan kualitas perusahaan, dia menjabat sebagai General Manager PT. Indominco sejak mei 2010, lulusan Master ,Universitas Bina Nusantara seperti yang dikutip di(Kalimantan.post 120910). Indominco merupakan salah satu pertambangan batu bara di Indonesia yang menggunakan sistem open-pit.

Cadangan, Kapasitas Produksi, dan Pasar[sunting | sunting sumber]

Indominco Mandiri memiliki cadangan batu bara sebanyak 757,38 juta ton. Namun sekarang cadangannya tinggal sebesar 148,8 juta ton. Jenis batu baranya adalah Bituminus, memiliki kandungan sulfurnya sebanyak 0,8%-1,6%.

Produksi batu bara Indominco Mandiri terus meningkat dari tahun ke tahun. Kini Indominco mampu memproduksi batu bara kurang lebih 13 juta ton per tahun dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 10,67 juta ton per tahun (2008)-tahun di mana Indominco mengalami penurunan, 11,55 juta ton per tahun (2007) dan 10,37 juta ton per tahun (2006).

Pasar terkuat dan terbesar perusahaan Indominco Mandiri adalah perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan jasa kelistrikan yang terutama berada di negara Jepang, Korea, dan Taiwan.

Penghargaan yang diraih PT Indominco Mandiri[sunting | sunting sumber]

Penghargaan lingkungan untuk perusahaan pertambangan ‘The Construction of Innovation,’ salah satu tim KOMPAK dari PT Indominco Mandiri, memenangi Anugerah Emas di Konvensi Internasional Lingkaran Pengendalian Mutu (ICQQ di Hyderabad, India, pada tanggal 12 sampai 15 Oktober 2010. Penghargaan emas diterima oleh General Manager PT Indominco Monagisa Chandra yang mewakili perusahaan dan timnya.

Kegiatan ini diselanggarakan tahunan. Awalnya ditujukan untuk berbagi pengalaman dalam hal kegiatan lingkaran pengendalian mutu di antara sesama anggota. Namun, pada perkembangan selanjutnya, kegiatan ini telah berkembang menjadi semacam kompetisi yang bergengsi untuk memenangi penghargaan emas. Jumlah keseluruhan peserta tahun ini adalah 278 dari 12 negara di Asia: India, Bangladesh, Cina, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

PT Indominco Mandiri mengirimkan tim KOMPAK bernama ‘The Construction of Innovation’dari Departemen Proyek dan Konstruksi dengan proyek berjudul “Mengeliminasi Keluhan di Pengolahan Air di MSY dalam 3 Bulan.”

Untuk memperoleh penghargaan emas, sebuah tim harus meraih nilai 90, sedangkan piala perak diberikan kepada tim dengan nilai 80 – 90. Perunggu diberikan kepada tim yang nilainya di bawah 80.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa PT Indo Tambangraya Megah Tbk. adalah perusahaan kelas dunia yang sangat menghargai gagasan-gagasan segar dan inovasi dari para karyawannya.

Penghargaan Lingkungan dan Keselamatan PT Indominco Mandiri menerima Penghargaan Lingkungan dan Keselamatan Pertambangan dari Departemen Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Penghargaan diberikan pada Malam Pemberian Penghargaan Lingkungan dan Keselamatan Pertambangan pada tanggal 3 Desember 2009 di Bidakara Convention Hall, Jakarta. Penghargaan ini khusus dianuegerahkan kepada perusahaan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B).

Penghargaan bidang Lingkungan Pertambangan terbagi dalam 6 kategori, yaitu Pengelolaan Batuan Penutup, Pengelolaan Pengendalian Erosi dan Sedimentasi, Pengelolaan Pembibitan, Pengelolaan Reklamasi, Pengelolaan Kegiatan Sarana Penunjang, dan Pemantauan Lingkungan. Setiap kategori terdiri atas 3 peringkat penghargaan, yaitu Aditama Emas, Utama Perak dan Pratama Perunggu.

PT Indominco Mandiri menerima keenam kategori penghargaan untuk bidang Lingkungan Pertambangan, yaitu Pengelolaan Batuan Penutup (Aditama), kategori Pengelolaan Pengendalian Erosi dan Sedimentasi (Utama), kategori Pengelolaan Pembibitan (Pratama), kategori Pengelolaan Reklamasi (Utama), kategori Pengelolaan Kegiatan Sarana Penunjang (Utama) dan kategori Pemantauan Lingkungan (Utama). Adapun untuk bidang Keselamatan Pertambangan PT Indominco meraih peringkat Utama.

Untuk bidang Lingkungan Pertambangan, PT Indominco Mandiri diwakili oleh Bramantya selaku Kepala Teknik Tambang, sedangkan untuk bidang Keselamatan Pertambangan diwakili oleh Agussalim Nasution selaku Wakil Kepala Teknik Tambang.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa ITM telah memahami dan memenuhi standar lingkungan dan keselamatan pertambangan yang ditetapkan pemerintah,” kata Ignatius Wurwanto, Asisten Wakil Presiden bidang Kualitas, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan ITM. Wurwanto juga menambahkan bahwa Perusahaan akan mempertahankan dan berupaya meningkatkan prestasi ini di masa mendatang.

Serba Serbi[sunting | sunting sumber]

Indominco Mandiri adalah perusahaan pertambangan di Indonesia yang wilayah aktivitas usahanya berada di dua wilayah kabupaten/kota. Areal tempat penambangannya berada di Kabupaten Kutai Timur, tapi tempat fasilitas pengolahan maupun produksi batu bara berikut tempat pelabuhannya berada di kota Bontang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]