Indocement Tunggal Prakarsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Indocement)
Langsung ke: navigasi, cari
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
Jenis Publik (IDX: INTP)
Didirikan 1985
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Daerah layanan Indonesia
Tokoh penting Daniel Lavalle, CEO
Produk semen
Pendapatan Rp 17.290 miliar (2012)[1]
Laba usaha Rp 5.877 miliar (2012)[1]
Laba bersih Rp 4.763 miliar (2012)[1]
Karyawan 6.901 (2012)[1]
Induk HeidelbergCement AG
Situs web www.indocement.co.id

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX: INTP) adalah salah satu produsen semen di Indonesia. Indocement merupakan produsen terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tahun 1985 yang merupakan hasil penggabungan enam perusahaan yang menghasilkan sebuah perusahaan semen dengan delapan pabrik sejak 1975. Produksi semen Indocement dapat mencapai total sekitar 16,5 juta ton per tahun. Indocement memiliki 12 buah pabrik, sembilan diantaranya berada di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua berada di Cirebon, Jawa Barat dan satu di Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Produk utama Indocement adalah semen tipe Ordinary Portland Cement disingkat OPC dan Pozzolan Portland Cement disingkat PPC yang kemudian digantikan oleh Portland Composite Cement disingkat PCC sejak 2005. Indocement juga memproduksi semen jenis lain misalnya Portland Cement Type II dan Type V serta Oil Well Cement. Indocement juga merupakan satu-satunya produsen semen jenis Semen Putih (White Cement) di Indonesia.

Tahun 2001, HeidelbergCement Group, yang berbasis di Jerman dan merupakan produsen utama di dunia dengan pabrik di lebih dari 50 negara mengambilalih kepemilikan mayoritas saham di Indocement. Sejak itu perusahaan difokuskan untuk mengembalikan ketahanan finansial yang hilang sejak krisis Asia. Saham Indocement didaftarkan di bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya. Indocement memiliki lebih dari 6.000 karyawan.

Per Juli 2008, mayoritas kepemilikan saham Indocement dipegang oleh HeidelbergCement AG (Jerman) sebesar 65,14%, PT. Mekar Perkasa sebesar 13,03% dan publik sebesar 21,83%.

Semen yang dipasarkan adalah semen dengan merek "Tiga Roda".

Logo tigarodaindocement.gif






Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]