Indeks JBA 25

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Indeks harga 25 saham Jakarta Bisnis Average yang disingkat JBA-25 adalah suatu indeks harga saham dari 25 saham perusahaan publik yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Indeks JBA 25 resmi diterbitkan oleh Bursa Berjangka Jakarta bekerjasama dengan media cetak harian Bisnis Indonesia Sejak tanggal 19 Desember 2002, dalam rangka menambah alternatif indeks saham yang dapat menjadi underlying suatu produk kontrak berjangka di Indonesia untuk kebutuhan lindung nilai (hedging) .


Indeks Sejenis[sunting | sunting sumber]

Indeks Saham JBA-25 adalah indeks saham pertama di Indonesia yang menggunakan perhitungan atas dasar harga saham bukan kapitalisasi pasar. Cara perhitungan ini sama dengan cara perhitungan yang digunakan oleh indeks-indeks terkemuka di dunia, yaitu Dow Jones Industrial Average dan Nikkei 225 Average.


Dasar & Cara Perhitungan Indeks[sunting | sunting sumber]

Saham-saham yang terpilih untuk dimasukkan dalam indeks JBA-25 ini, harus melalui berbagai seleksi yang terbagi menjadi dua tahap yaitu seleksi pendahuluan dan seleksi akhir. Seleksi pendahuluan terdiri atas 3 tahap: Tahap pertama, setiap bulan selama periode tahun yang bersangkutan, saham tersebut minimal harus diperdagangkan 90% dari total hari perdagangan dalam bulan yang bersangkutan. Tahap kedua adalah rata-rata harga saham tersebut selama periode tahun yang bersangkutan harus di atas Rp 500. Tahap ketiga adalah saham tersebut mempunyai market kapitalisasi selama periode tahun yang bersangkutan harus di atas Rp 250 milyar.

Setelah seleksi pendahuluan dilakukan seleksi terakhir berdasarkan performance keuangan yaitu Earnings Per Share (EPS) dan Volatility untuk memilih komposisi 25 saham. EPS saham harus sudah audited dan nilainya harus positif. Seleksi tahap akhir berikutnya adalah berdasarkan nilai dari perhitungan EPS dan volatility, seleksi tahap akhir ini akan menghasilkan 25 saham yang memiliki nilai tertinggi.

Penyesuaian Perhitungan[sunting | sunting sumber]

Selain dilakukan penilain ulang (evaluasi) setiap tahun, perhitungan indeks JBA-25 juga dilakukan penyesuaian divisor akibat adanya corporate action selama hari perdagangan pada tahun berjalan. Penyesuaian divisor pada formula perhitungan indeks JBA-25 untuk mengeleminasi peribahan harga oleh corporate action, Corporate action yang diperhitungkan untuk penyesuaian dalam hal ini meliputi: Right Issue, Stock Splite dan Deviden.


Tujuan Dan Manfaat[sunting | sunting sumber]

Tujuan dan Manfaat penerbitan indeks JBA-25 antara lain menambah alternatif indeks saham yang dapat menjadi underlying kontrak berjangka indeks saham di Indonesia, cara perhitungan indeks yang sedemikian rupa & berbeda dengan perhitungan Indeks saham yang sudah ada di Indonesia bermanfaat akan mendapatkan angka indeks yang lebih tinggi, sehingga aktivitas lindung nilai akan lebih mudah dilakukan, bila kelak indeks ini diperdagangkan dalam bentuk instrumen derivative, Indeks JBA-25 juga lebih mudah dipahami bagi kebanyakan investor individu yang tidak mengetahui kapitalisasi pasar suatu saham setiap saatnya. Indeks Saham JBA-25 dapat representatif digunakan sebagai indikator keuntungan, sehingga dapat memfasilitasi strategi pasif dalam pembentukan portfolio serta pembentukan Reksa Dana Indeks, sebab dalam perhitungan Indeks saham JBA-25 dilakukan adjustment indeks terhadap pembayaran dividen tunai (fully reinvested approach) dan corporate action lainnya.

Komponen saham JBA 25[sunting | sunting sumber]

Saham-saham emiten yang masuk dalam indeks indeks JBA-25 berdasarkan revisi ke-9 tahun 2011 adalah sbb:

No Emiten Klasifikasi Industri
1 ASTRA AGRO LESTARI Pertanian
2 ASTRA INTERNATIONAL Aneka Industri
3 ASTRA OTOPART Aneka Industri
4 BANK CENTRAL ASIA Keuangan
5 BANK RAKYAT INDONESIA Keuangan
6 BANK DANAMON INDONESIA Keuangan
7 BANK MANDIRI Keuangan
8 UNILEVER INDONESIA Industri Barang Konsumsi
9 BAYAN RESOURCES Pertambangan
10 XL AXIATA Telekomunikasi
11 GUDANG GARAM Industri Barang Konsumsi
12 HEXINDO ADIPERKASA Perdagangan, Jasa & Investasi
13 HM SAMPOERNA Industri Barang Konsumsi
14 INTERNATIONAL NICKEL INDONESIA Pertambangan
15 INDOFOOD SUKSES MAKMUR Industri Barang Konsumsi
16 INDOCEMENT TUNGGAL PRAKASA Industri Dasar dan Kimia
17 INOVISI INFRACOM Telekomunikasi
18 INDO TAMBANGRAYA MEGA Pertambangan
19 JAPFA COMFEED INDONESIA Industri Dasar dan Kimia
20 MATAHARI PUTRA PRIMA Perdagangan, Jasa & Investasi
21 MAYORA INDAH Industri Barang Konsumsi
22 TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM Pertambangan
23 SEMEN GRESIK Industri Dasar dan Kimia
24 TELEKOMUNIKASI INDONESIA Telekomunikasi
25 UNITED TRACTORS Perdagangan, Jasa & Investasi