In eminenti apostolatus specula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

In eminenti apostolatus specula adalah sebuah Bulla kepausan yang dikeluarkan oleh Paus Klemens XII pada tanggal 28 April 1738, yang melarang umat Katolik untuk menjadi Freemason (anggota Freemasonry).

Ia memperhatikan bahwa keanggotaan di dalam pondok-pondok Freemasonry, "yang menyebarkan diri secara luas dan meningkat kekuatannya dari hari ke hari", terbuka bagi pria-pria dari agama atau sekte manapun, yang disumpah untuk menjaga rahasia. Logika inti dari bulla ini dinyatakan sebagai berikut:

'Namun, adalah di dalam sifat kejahatan untuk mengkhianati dirinya sendiri dan menunjukkan dirinya dengan menggegerkan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, perkumpulan-perkumpulan atau perhimpunan-perhimpunan yang disebutkan di atas telah menimbulkan kecurigaan yang luar biasa di dalam benak umat, dan semua manusia yang bijaksana dan jujur telah memberikan penilaian yang sama terhadap mereka sebagai sesuatu yang bejat dan sesat. Karena apabila mereka tidak melakukan hal-hal yang jahat mereka tidak akan memiliki kebencian yang mendalam terhadap sang cahaya."

Bulla ini kemudian membahas desas-desus yang berkembang yang menyebabkan beberapa pemerintah yang mempertimbangkannya sebagai suatu ancaman terhadap keamanan mereka sendiri sehingga melahirkan semacam pemikiran bahwa mereka "layak untuk dihilangkan". Salah satu bahaya nyata adalah aturan-aturan pribadi yang mengikat para anggotanya "yang tidak terikat oleh aturan-aturan sipil maupun gereja."

Alhasil, semua keikut-sertaan Katolik di dalam Freemasonry dilarang, dan para uskup akan melakukan tindakan-tindakan "seperti yang dilakukan oleh Inkuisisi Romawi terhadap paham yang menentang ajaran gereja ... dengan mengundang bantuan dari tangan-tangan sekular," karena mereka telah dicurigai menentang ajaran gereja yang timbul sebagian karena kerahasiaan mereka yang luar biasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]