Iman Taufik Rachman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Iman Taufik Rachman
Nama lahirIman Taufik Rachman Wirapradja
Nama lainImanine, Iman J-Rocks, Iman Funky Kopral
Lahir19 Juli 1981 (umur 42)
Jakarta, Indonesia
GenreRock, japanese rock, blues rock, symphonic metal, funk rock, hard rock, heavy metal, rock alternatif, pop rock
PekerjaanMusisi
InstrumenGitar, Vokal, Keyboard, Piano, Drum, Bass
Tahun aktif2001 - sekarang
LabelAquarius Musikindo, Airo Records
Artis terkaitJ-Rocks, Funky Kopral
Situs webhttps://youtube.com/c/ImanJRocksOfficial
Anggota
Mantan anggotaFunky Kopral

Iman Taufik Rachman (lahir pada 19 Juli 1981) adalah vokalis sekaligus gitaris utama dari band J-Rocks. Dulunya, ia adalah gitaris utama grup band Funky Kopral yang menggantikan Arlonsy Miraldi alias Oncy. Iman bergabung dengan Funky Kopral dari tahun 2001 hingga tahun 2003. Setelah Funky Kopral vakum, Iman bersama Sony, Anton dan Wima kemudian membentuk J-Rocks. Selain itu, ia juga mempunyai proyek musikal solo dengan nama Imanine.

Karir[sunting | sunting sumber]

Iman sudah mulai mengenal musik semenjak kecil. Saat itu ia sudah sering mendengarkan musik jazz, blues, hingga musik sunda dari keluarganya. Mulai memainkan gitar karena terinspirasi gitaris-gitaris legendaris seperti Jimi Hendrix, Kurt Cobain, dan Yngwie Malmsteen. Selain mahir bergitar dan skill bermain keyboard dan piano Iman juga sangat baik, Iman juga memiliki karakter vocal yang kuat, dengan tehnis dan penjiwaan yang matang, range vocal yang lebar memudahkannya mengambil nada-nada rendah sampai nada-nada tinggi, bahkan teknik falseto yang tetap terjaga.

Bergabung dengan Funky Kopral[sunting | sunting sumber]

Saat grup band Funky Kopral mengadakan audisi untuk mencari gitaris, ia kemudian terpilih sebagai gitarisnya. Di band itu, ia mulai "eksis" dari tahun 2001 hingga tahun 2003. Pada awalnya, Iman bergabung sebagai gitaris utama Funky Kopral pada tahun 2001 dan mengisi posisi gitaris yang kosong setelah ditinggalkan gitaris sebelumnya yaitu Oncy. Kemudian pada tahun 2006, Alm. Ilham yang merupakan adik kandung Iman adalah anggota dari Funky Kopral yang berposisi sebagai pemain bass dan bergabung pada tahun 2005 (saat Funky Kopral memutuskan untuk hidup kembali setelah vakum selama 1,5 tahun). Pada tahun 2013, Ilham meninggal dunia karena sakit tifus.

Membentuk J-Rocks[sunting | sunting sumber]

Kemudian setelah Funky Kopral vakum, Iman memutuskan keluar dari Funky Kopral. Selanjutnya, Iman bersama Sony, Anton dan Wima membentuk band "japanese rock" bernama J-Rocks. Selain berperan sebagai gitaris dan vokalis, ia juga menjadi pencipta sebagian besar lagu-lagu di album perdana J-Rocks. Iman meraih kesuksesannya dalam band ini.

Membentuk HALFMATH[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2023, para mantan personil Funky Kopral berkumpul dan bergabung dalam sebuah band. Reuni ini menciptakan band baru yang bernama Halfmath. Formasi Halfmath terdiri dari para mantan personil Funky Kopral yaitu Bondan Prakoso (bass & vokal), Oncy (gitar rhythm), Iman (gitar utama), Angga (vokal) dan Robby (drum).

Solo karier[sunting | sunting sumber]

Iman meluncurkan album solo debut nya, berjudul The Holy Spirit pada Juni 2023. Ia merilis album solo nya sebagai Imanine, yang merupakan projek solo nya.

Kegiatan Lain[sunting | sunting sumber]

Iman pernah menjadi salah satu instruktur di tempat kursus musik Chics. Iman juga menjadi pembuat musik untuk Film dan kadang berakting. Iman mengeluarkan solo projectnya yang bernama Imanine dan baru saja merilis secara resmi lagu Menyelam Ke Dalam Hati dan juga lagu The Way Of Life yang dirilis secara mandiri. Semua proses mixing mastering videoklip juga semua instrumen digarap semua oleh Iman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]