Ikonodul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ikon trinitas di Rusia.

Ikonodul (Yunani eikono-doulos; juga disebut ikonodulis atau ikonofil) adalah orang yang mendukung ikonodulisme, atau orang yang mendukung keberadaan gambar religius atau ikon dan penghormatannya. Lawan dari ikonodul adalah ikonoklas, atau orang yang menentang gambar-gambar religius atau ikon. Contoh ikonodul yang paling terkenal adalah Yohanes dari Damaskus.

Istilah ini terkait dengan kontroversi ikonoklasme di Kekaisaran Romawi Timur. Kontroversi dipicu oleh perintah Kaisar Leo III untuk menghancurkan ikon di seluruh kekaisaran pada tahun 726. Santo Yohanes dari Damaskus menentang hal ini dan menyatakan bahwa melarang penggunaan ikon itu sama dengan menolak inkarnasi. Ikon mengingatkan gereja akan bentuk fisik Tuhan dalam bentuk Yesus Kristus.

Penghormatan ikon diperbolehkan oleh Konsili Nicaea Kedua pada tahun 787. Namun, banyak yang menolak hal ini, seperti Karel yang Agung.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Barnard, Leslie William (1974). The Graeco-Roman and oriental background of the iconoclastic controversy 5. BRILL. ISBN 90-04-03944-9.