Ikan pelangi merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Ikan pelangi merah
GlossolepisIncisus.JPG
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Atheriniformes
Famili: Melanotaeniidae
Genus: Glossolepis
Spesies: G. incisus
Nama binomial
Glossolepis incisus
Ikan Pelangi merah pejantan (kiri) dan betina (kanan) yang sedang berenang

Ikan pelangi merah ( Glossolepis incisus ) adalah ikan air tawar yang hidup endemik di Danau Sentani Papua. Di luar negeri ikan ini dikenal dengan nama Red rainbowfish, Irian Jaya rainbowfish ataupun Salmon red rainbowfish.

Ikan ini sudah terkenal di Eropa untuk ikan hias akuarium, Ikan ini pertama kali diperkenalkan oleh Max Weber yang melakukan ekspedisi Papua Barat antara tahun 1890 sampai 1900. Pada tahun 1973, A. Werner, Jr dari Munich, dan E. Frech dari Memmingen, Jerman mengumpulkan spesimen hidup selama penilitian di Jawa, Sulawesi, dan Papua Barat. Mereka mengambil sejumlah ikan berwarna-warni kembali ke Eropa, termasuk Incisus Glossolepis . Peneliti Werner dan Frech juga memperkenalkan ikan rainbowfish yang indah dan menarik bagi penghobi ikan akuarium.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pejantan Ikan Pelangi merah

Diantara betina dan pejantan Ikan Pelangi Merah terdapat perbedaan warna yang terlihat, hal ini terjadi setelah ikan ini menjelang dewasa, betina memiliki warna jauh lebih sedikit dan sirip transparan lebih memanjang dan memiliki warna kuning zaitun. Sedangkan pejantan akan berubah menjadi warna merah terang setelah mencapai ukuran 5 cm. Panjang ikan ini masksimal dapat mencapai 15 cm meski ukuran tadi jarang ditemui di alam bebas, ukuran yang paling sering ditemui adalah sekitar 10 cm.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Glossolepis incisus adalah ikan omnivora dan akan memakan makanan apa saja yang mudah dijumpai diperairan.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Glossolepis incisus hanya ditemukan di Danau Sentani. Danau Sentani terletak sekitar 20 kilometer barat Jayapura . Ini adalah sebuah danau berbentuk tidak teratur dengan dimensi perkiraan 28 km (EW) dengan 19 km (NS) dan luas permukaan 104 km ². Biru-hijau air yang dihiasi dengan setidaknya 16 pulau-pulau kecil, dan dikelilingi oleh perbukitan di selatan dan Pegunungan Cyclops di utara, yang memisahkan danau dari Samudra Pasifik. Danau Sentani adalah jauh terbesar dari danau Papua Barat dan memiliki daerah tangkapan air sekitar 600 km ². Sekitar 35 sungai kecil mengalir ke danau, dan ada satu outlet alam di ujung selatan-timur, melalui Jafuri dan sungai Tami ke Samudra Pasifik dekat perbatasan Papua Nugini. Danau dibagi menjadi tiga bagian utama dengan kedalaman yang tercatat dari 7 sampai 52 meter. Menurut survei pada tahun 1970-71, 1984 dan 1987 danau secara termal unstratified, dengan suhu permukaan 29 ~ 32 ° C dan pH 6,2 ~ 6,8. Rainbowfishes umumnya ditemukan di sekitar pinggiran danau. Sejumlah besar ditemukan berkumpul di sekitar vegetasi terendam air serta cabang pohon yang tumbang. Daftar merah IUCN telah memasukkan ikan ini dengan kategori rentan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Weber M. (1907). Süsswasserfische von Neu-Guinea ein Beitrag zur Frage nach dem früheren Zusammenhang von Neu-Guinea und Australien. In: Nova Guinea. Résultats de l'expédition scientifique Néerlandaise à la Nouvelle-Guinée. Süsswasserfische Neu-Guinea 201-267

Pranala luar[sunting | sunting sumber]