Ikan dan kentang goreng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Infotaula de menjarIkan dan kentang goreng
Asal
Negara asalInggris
Rincian
JenisQ111696420, potato dish (en) dan makanan siap saji
Bahan utamaIkan dan Kentang goreng
Ikan dan kentang goreng
Nama lainFish and Chips
SajianHidangan sarapan
Tempat asalInggris
DaerahEropa
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaIkan dan kentang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Fish and chips dalam bungkusan

Ikan dan Kentang Goreng (Inggris: Fish and chips) adalah makanan pesan-bawa yang paling terkenal yang berasal dari Britania Raya. Makanan ini terdiri dari ikan (secara tradisional cod) ditepungi dengan tepung roti dan dimakan bersama kentang goreng yang dipotong panjang.

Fish and chips populer di Britania dan jajahannya pada abad ke sembilan belas, seperti Australia dan Selandia Baru serta Kanada. Fish and chips juga populer di beberapa bagian di Amerika Serikat sebelah utara (New England dan Barat Laut Pasifik).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fish and chips adalah makanan populer di kalangan kelas pekerja di Britania Raya sebagai hasil dari cepatnya perkembangan penangkapan ikan dengan pukat di Laut Utara, diiringi pembangunan jalan kereta api yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan dengan kota-kota industri utama semasa paruh kedua abad ke-18. Sebagai akibatnya, ikan segar dapat diangkut dengan cepat ke kawasan berpenduduk padat.[1] Pada tahun 1860, toko fish and chips pertama dibuka oleh Joseph Malin.[2]

Fish and chips di Brighton, Inggris

Potongan kentang goreng sebagai hidangan juga mungkin pertama muncul di Britania sekitar periode yang sama. Kata chips menurut Oxford English Dictionary pertama kali digunakan oleh Charles Dickens dalam cerita A Tale of Two Cities (terbitan 1859): "Husky chips of potatoes, fried with some reluctant drops of oil".

Toko fish-and-chip modern (disebut "chippy" atau "chipper" dalam bahasa slang modern Britania[3][4]) berasal dari Britania Raya, meskipun gerai penjualan makanan gorengan umum terdapat di seluruh Eropa. Pada awalnya, toko-toko fish-and-chip hanya memiliki fasilitas sangat terbatas. Di toko seperti ini biasanya memiliki kuali besar berisi lemak untuk menggoreng dengan api dari arang. Selama Perang Dunia II fish and chips bertahan sebagai salah satu jenis makanan di Britania Raya yang tidak dijatah.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fish and chips - A great British tradition". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-16. Diakses tanggal 2009-06-22. 
  2. ^ Rayner, Jay (2005-11-03). "Enduring Love". The Guardian. London. Diakses tanggal 2003-01-19. 
  3. ^ "Chippy smells of chips complaint". BBC News. 2006-11-07. Diakses tanggal 2009-06-22. 
  4. ^ Hegarty, Shane (3 November 2009). "How fish and chips enriched a nation". The Irish Times. Dublin, Ireland. hlm. 17. 
  5. ^ "Resources for Learning, Scotland: Rationing". Rls.org.uk. 1998-01-05. Diakses tanggal 2009-06-22.