Ikan bawal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Pomfret
Atlantic pomfret, Brama brama
Atlantic pomfret, Brama brama
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Upaordo: Percoidei
Superfamili: Percoidea
Famili: Bramidae
Bonaparte, 1831
Genera[1]

Brama
Eumegistus
Pteraclis
Pterycombus
Taractes
Taractichthys
Xenobrama

Ikan bawal (bahasa Inggris: pomfret) adalah sejenis ikan air tawar dari keluarga Bramidae. Ikan ini berasal dari Hawaii.

Cara Budidaya Ikan Bawal[sunting | sunting sumber]

Ikan bawal merupakaan ikan yang banyak di gemari di berbagai kalangan untuk di konsumsi dan juaga ikan ini sudah banyak di jadikan olahan makan yang mempunyai citarasa yang tinggi mampu bersaing dengan jenis ikan yang termasuk golongan ikan kelas atas. tidak cukup sulit untuk budidaya ikan bawal air tawar. semua itu tergantung dari niat dan kegigihan usaha kita. ikan bawal air tawar ini tergolong ikan yang ganas dan termasuk ikan pemakan segalanya (omnivora). ikan bawal juga ikan yang bersifat kanibal dan termasuk ikan predator.

Budidaya dapat dilakukan dengan berbagi metode bisa dilakukan pada kolam tanah, terpal, dan keramba. semua tergantung kebutuhan dan keadaan lingkungan kita. ikan bawal ini merupakan ikan yang laju pertumbuhanya sangat cepat.

Untuk memulai dalam budidaya ikan bawal air tawar adalah sebagai berikut :

Persiapan kolam[sunting | sunting sumber]

Pesiapan sama seperti persiapan kolam pada budidaya jenis ikan lainya. disini kita bahas budidaya ikan bawal pada kolam tanah. untuk ukuran kolam dapat bervariasi tergantung kebutan dan lokasi yang kita miliki. ukuran yang umum di gunakan 5 M x 10 M kedalaman kolam 2 M. tetapi bagi yang tidak cukup lokasi anda juga bisa gunakan metode budidaya dalam kolam terpal.

Setelah kolam selesai di persiapkan kolam harus di keringkan terlebih dahulu sampai tanah dasar kolam retak-retak dengan tujuan unutuk membunuh bakteri dan micro organisme jahat yang dapat memicu timbulnya penyakit pada ikan nanti ketika budidaya sedang berlangsung.

Kemudian taburkan pupuk kompos di dasar kolam sampai merata dengan ketebalan kurang lebih 30 cm. dan biarkan selama 3 hari. selanjutnya.

Pemupukan[sunting | sunting sumber]

Pemupukan kolam di lakukan dengan tujuan untuk menyetabilakan pH tanah dan juga untuk makanan alami yang akan hidup di kolam. seperti plankton dan kutu air yang akan menjadi makanan alami ikan pada saat hari pertama tabur. pupuk yang di gunakan adalah pupuk kapur (dolomid). dan juga urea. tebarkan pupuk hingga rata di permukaan kolam dengan dosis secukupnya karena di setiap daerah juga berbeda-beda pH dan kadar asam tanah.

Pengisian Air[sunting | sunting sumber]

Pengisian air dilakukan hingga ketinggian air 50 cm - 70 cm saja karena untuk menjaga pH dan kadar asam tetap stabil. dan ketika ada penyurutan air dapat segera di isi kembali. setelah kolam terisi air biarkam kolam kurang lebih 15 hari bertujuan untuk menghidupkan fitoplankton dan kutu air yang merupakan makan alami ikan patin tersebut.

Penebaran benih[sunting | sunting sumber]

Penebaran benih baik dilakukan pada pagi dan malam hari dan pada saat benih tiba dari tempat kita beli jangan langsung di tebarkan kedalam kolam karena dapat mengakibatkan stres karena ikan yang masih benih. untuk itu kita pakai alternatif lain siapkan bak / ember isi air dari air kolam yang akan di pakai buat budidaya ikan nanti diamkan selama 30 menit agar ikan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air kolam.

Pakan[sunting | sunting sumber]

Pakan Ikan dapat di berikan pakan berupa pelet ikan SP yang ukuranya sesuai dengan usia ikan dan besar ikan budidaya agar nutrisi ikan terpenuhi dengan baik. gunakan pakan yang mempunyai kandungan protein 30% karbohidrat 30% dan lemak 20 % memicu laju pertumbuhan ikan akan menjadi cepat besar sesuai targer yang kita inginkan. dan pemberian pakan dilakukan pada pagi, siang, sore dan malam hari. dan pemberian pakan pada malam hari lebih banyak di banding dengan yang laninya karena pada malam hari jangka waktunya lebih panjag untuk sampai pada pemberian pakan berikutnya.

Perawatan[sunting | sunting sumber]

Perawatan di lakukan pada setiap hari setiap kita memberikan pakan ikan kuta wajib mengamati prilaku ikan yang kita di budidaya kendala apa yang di temukan dan bagai mana cara penangananya. dan berikan vitamin pada ikan setiap 1 minggu sekali selama budidaya berlangsung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2013). "Bramidae" in FishBase. February 2013 version.