Igor M. Diakonoff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Igor Mikhailovich Diakonov
Lahir30 Desember 1914 (12 Januari 1915)
Petrograd
Meninggal2 Mei 1999
St Petersburg
Tempat tinggalRusia
KebangsaanRusia
AlmamaterUniversitas St. Petersburg
Dikenal atasKontribusinya atas kajian Timur Dekat Kuno dan bahasa-bahasanya
Karier ilmiah
BidangTimur Dekat Kuno dan bahasa-bahasanya
InstitusiOriental Institute, cabang St Petersburg

Igor Mikhailovich Diakonoff (Rusia: И́горь Миха́йлович Дья́конов) adalah sejarawan Rusia, linguis, penerjemah, serta ahli terkemuka dalam Timur Dekat kuno dan bahasa-bahasanya. Nama akhirnya terkadang dieja Diakonov. Saudara-saudaranya juga merupakan sejarawan yang diperhitungkan.

Diakonoff dibesarkan di Norwegia. Dia lulus dari Universitas Leningrad pada tahun 1938. pada tahun yang sama ia menjadi staff Museum Hermitage di Leningrad (sekarang St. Petersburg). pada tahun 1949 ia menerbitkan sebuah kajian komprehensif mengenai Asuria, diikuti dengan sebuah monograf mengenai Medea. setelah itu dia bekerja sama dengan linguis Sergei Starostin dalam penulisan kajian otoritatif mengenai rumpun bahasa Kaukasia, Afro-Asia, dan ''Hurro-Urartian''

Pada tahun 2003 sebuah kumpulan tulisan diterbitkan untuk mengenang Diakonoff. Kumpulan tulisan ini disunting oleh Lionel Bender, Gábor Takács, dan David Appleyard. Kumpulan ini juga berisi sejumlah 5 halaman daftar karya-karya Diakonoff yang disusun oleh Takács.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]