Idiazabal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Idiazabal
Idiazabal2.jpg
Negara asal Spanyol
Kawasan, kota Basque
Sumber susu Domba
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 2-5 bulan[1]

Idiazabal adalah keju bertekstur keras dari desa Basque di Spanyol yang dibuat dengan menggunakan susu domba mentah.[1] Bentuk dari keju ini adalah silinder dengan berat 1 hingga 3 kilogram.[1] Tekstur dari keju Idiazabal padat, rapuh dan memiliki warna seperti gading.[1] Apabila warna kulit keju ini kuning muda maka keju tersebut tidak diasapkan.[1] Sedangkan bila kulit keju tersebut berwarna oranye kemerah-merahan hingga coklat, maka keju tersebut telah diasapkan.[1] Selama berabad-abad keju ini telah dibuat oleh para gembala di pegunungan Urbia dan Aralar.[2] Secara tradisional keju ini dijual pada akhir bulan September, ketika para gembala dan domba-dombanya terpaksa turun dari gunung karena musim dingin yang telah dimulai.[2] Keju Idiazabal yang dibuat oleh para gembala tersebut merupakan versi yang diasapkan.[2] Ketika itu tidak ada cerobong asap pada rumah-rumah di pegunungan sehingga aroma dari asap tersebut melekat kuat pada keju.[2] Awalnya mereka mengasapkan keju Idiazabal dengan tujuan agar keju tersebut tahan lebih lama dan dapat dijual pada musim dingin.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 146-147.
  2. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 96.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]