Ibu Pertiwi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ibu pertiwi)
Citra seorang wanita atau seorang dewi agung dalam busana tradisional kuno zaman kerajaan Hindu-Buddha di Monumen Nasional, Jakarta yang merupakan penggambaran populer Ibu Pertiwi di Indonesia.

Ibu Pertiwi merupakan personifikasi nasional Indonesia, sebuah perwujudan tanah air Indonesia.[1] Sejak masa prasejarah, berbagai suku bangsa di kepulauan Nusantara sudah menghormati roh alam dan kekuatan bumi, mereka mengibaratkannya sebagai ibu yang memberikan kehidupan, sebagai dewi alam dan lingkungan hidup. Setelah diserapnya pengaruh Hindu sejak awal millenia pertama di nusantara, dia dikenal sebagai Dewi Pertiwi, dewi bumi.

Ibu Pertiwi populer dalam berbagai lagu dan puisi perjuangan bertema patriotik, seperti lagu "Ibu Pertiwi" dan "Indonesia Pusaka". Dalam lagu kebangsaan "Indonesia Raya", lirik dalam bait "Jadi pandu ibuku", kata "ibu" di sini merujuk kepada Ibu Pertiwi. Meskipun Ibu Pertiwi populer dalam berbagai lagu dan puisi perjuangan, perwujudan fisik dan citranya jarang ditampilkan di media massa Indonesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]