I Gusti Ngurah Sidemen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
I Gusti Ngurah Sidemen
Informasi pribadi
Lahir5 Februari 1970 (umur 54)
Klungkung, Bali
Suami/istriKapten CHB (K) Luh Agustina
Alma materSecaba PK 1989 Secapa 2000
Penghargaan sipilLulusan Terbaik Secaba PK (1989) Rindam IX/Udayana
Karier militer
Pihak Indonesia
Dinas/cabang TNI Angkatan Darat
Masa dinas1989–sekarang
Pangkat Letnan Kolonel
SatuanCorp Ajudan Jenderal
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Letnan Kolonel Caj I Gusti Ngurah Sidemen, S.Ip. (lahir 5 Februari 1970) adalah seorang Perwira Menengah TNI Angkatan Darat lulusan Sekolah Calon Bintara (Secaba) tahun 1989 dan Sekolah Calon Perwira (Secapa) tahun 2000. Dia saat ini menunaikan tugas pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat.[1][2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Mengawali kariernya di TNI AD, sebagai prajurit pilihan karena merupakan lulusan terbaik Secaba saat itu, Serda I Gusti Sidemen mengemban jabatan sebagai Bintara Pelatih di Secapa, Selama berkarier sebagai pelatih, waktu senggang di luar jam dinas dimanfaatkan untuk menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Selanjutnya pada tahun 2000, setelah mengikuti seleksi dan pendidikan Secapa, ia berhasil menyandang pangkat Letnan Dua Corps Ajudan Jenderal, dan ditempatkan kembali di Secapaad sebagai Gumil. Pada tahun 2010 pada saat berpangkat Kapten, ia mengikuti pendidikan Diklapa II, kemudian pindah tugas ke Korem 102/Pjg Palangkaraya sebagai Kapenrem. Pada tahun 2012 setelah lebih kurang tiga tahun menjabat Kapenrem, Mayor Gusti dimutasi ke Dispenad Jakarta sebagai Kasi Anev Baglisstrasat Subdislisainfo. Saat bertugas di Dispenad Gusti pun memperoleh kesempatan untuk mengikuti seleksi Seskoad.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Berasal dari keluarga petani sederhana yang masa kecilnya dihabiskan untuk membantu orangtuanya bertani untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penghasilan yang pas-pasan tidak menyurutkan niat kedua orang tuanya untuk menyekolahkan semua putra putrinya. Tak terkecuali, anak ke tujuh dari delapan bersaudara yang akrab dipanggil dengan sapaan akrab Gusti pun berkesempatan mengenyam pendidikan Sekolah Dasar Banjar Losan tahun 1977. Pada tahun 1983 ia lulus Sekolah Dasar dan meneruskan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMPN I) Klungkung yang dijalani dari tahun 1983-1986, selanjutnya, setamat SMP ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN) Klungkung. Sejak duduk di Sekolah Dasar hingga SLA Gusti selalu berprestasi baik di bidang akademis maupun olahraga. Di SPGN Gusti termasuk aktif berorganisasi dan pernah menjabat tiga jabatan sekaligus, yaitu Ketua Osis, Ketua Pramuka dan Ketua PMR. Ia juga aktif di organisasi pramuka tingkat Kabupaten Klungkung. Hal itu mungkin merupakan potensi positif yang membedakannya dengan siswa lain. Karena prestasi itu pula ia memilih meniti masa depan yang penuh tantangan. Dalam lingkup keluarga, orang tua Gusti tidak pernah memaksakan kehendak terhadap anaknya. Sikap demokratis itu juga yang membawa Gusti tidak terikat harus menjadi menjadi apa dimasa depannya. Dari beberapa alternatif peluang kerja, ia menjatuhkan pilihan untuk mengikuti seleksi Sekolah Calon Bintara TNI AD. Dari ratusan orang yang peserta tes yang melewati berbagai seleksi, hanya 9 orang dinyatakan lulus termasuk Gusti. Selanjutnya ia mengikuti pendidikan Secaba tahun 1989 di Rindam IX/Udayana.

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Dik Secaba (1989)
  • Dik Secapa (2000)
  • Diklapa II (2010)
  • Dik Seskoad (2014)

Riwayat Jabatan[sunting | sunting sumber]

  • Bintara Pelatih Secapaad
  • Gumil Secapaad
  • Kapenrem 102/Pjg
  • Kasi Anev Baglisstrasat Subdislisainfo Dispenad
  • Kadeppengmilum Pusdikajen Kodiklatad[4]
  • Waka Ajendam IX/Udayana [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bintara Menyongsong Seskoad"[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ PRAJURIT & PRESTASI, "Mayor CAJ I. G. N. Sidemen S.IP, DARI BINTARA MENYONGSONG SESKOAD", Palangan, Volume 15 No. 42 Edisi I, Maret 2014, hlm. 48-51.
  3. ^ "Mayor CAJ I. G. N. Sidemen"
  4. ^ ""KORPS RAPORT PERSONEL PUSDIKAJEN KODIKLAT TNI AD"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-02. Diakses tanggal 2016-09-26. 
  5. ^ https://faktapers.id/2022/04/135533/