ISkul Musikal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
iSkul Musikal
ISkul Musikal.jpg
Pembuat Lintang Wardani
Perancang SinemArt, GoodSign
Pemeran NSG Star, Kevin Leonardo , TJ,Hannah Al Rasyid, Tamara Tyasmara, Puspa W. A Ritchwary, Claresta Ravenska-Tata, Bayu Risa, Willy Winarko, Alia,
Lagu pembuka Dari Mata Sang Garuda
Lagu penutup Dari Mata Sang Garuda
Negara Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Jumlah seri 1
Jumlah episode 13
Produksi
Produser eksekutif Leo Sutanto
Produser Arie Azis
Lokasi Jakarta
Durasi 60 menit
Siaran
Periode siaran Senin 8 April 2012Jumat 20 April 2012
Kronologi
Dilanjutkan oleh Asmara


ISkul Musikal merupakan sebuah serial TV drama musikal pertama yang sedang ditayangkan di RCTI setiap hari pukul 18.00 WIB. ISkul Musikal adalah sebuah film diproduksi oleh SinemArt.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Nama Pemeran
Tamara Tyasmara Tamara
Puspa Ritchwary Puspa
Williana Saraswati Wizzy
Willy Winarko Willy
Anggara Hadisyah Anggara
Claresta Ravenska Tata
Italiani Ikmal Alia
Amdycal Siahaan Dycal
Gege Diaz Gege
Kevin Leonardo Kevin
Bayu Risa Pak Bayu
Hannah Al Rasyid Ibu Hannah
NSG Satpam
JFlow Pak Joshua
TJ Ibu TJ
Cindy Bernadette Mama Puspa & Dycal

Produksi[sunting | sunting sumber]

Konsep awal[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya pembuatan drama musikal ini bermula dengan moral masyarakat yang sekarang mulai terpengaruh oleh kehidupan di dalam sinetron dan hilangnya minat masyarakat terhadap drama yang diiringi musik. Untuk pertama kalinya di Indonesia, pihak SinemArt berkerja sama dengan GoddSign serta RCTI membuat drama musikal pertama di Indonesia dengan tujuan memberi nuansa baru pada dunia perfilman di Indonesia.

Iskul di set di Jakarta, dibuat dengan menggunakan studio yang ukurannya hanya sepetak-petak. Untuk mewakili setiap ruangan yang ada di drama ini, beberapa scene di ambil di area kampus asli, kalau yang sesungguhnya tempat syuting Iskul hanyalah studio dengan ukuran yang tidak begitu besar namun mampu menampung beberapa tempat di mana pemain Iskul akan melakukan adegan mereka masing-masing seperti koridor kampus, ruang dosen, ruang direktur, kelas, kantin, kamar Puspa, rumah Puspa & Dycal, kos-kosan Gege, itu semua di shoot di dalam studio namun bila disaksikan di televisi semuanya akan terlihat seperti di dalam rumah asli.

Penulisan Cerita[sunting | sunting sumber]

cerita iSKUL ditulis oleh Lintang Wardani ia membuat iSKUL seperti sebuah kampus seni di Indonesia yang dulunya sangat melegenda sampai akhirnya seiringan waktu iSKUL telah kehilangan kemampuan mereka . sang kreator Lintang Wardani memberikan iSKUL kehidupan remaja yang pantas untuk dipertontonkan mengenai kehidupan dimana orang tua tidak dapat mengerti persaan anaknya, orang yang sering dimanfaatkan namun tidak mengerti, cinta yang tidak bisa diungkapkan, ambisi seseorang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, persahabatan yang selalu saja terkena masalah .

pada akhir Season 1 Lintang Wardani ingin menunjukan semangat anak remaja yang berapi - api berjuang untuk mempertahankan impian mereka demi kepentingan bersama, contohnya saat semua mahasiswa iSKUL melakukan demo untuk sahabat - sahabat mereka, mengadakan konser penggalangan dana untuk menyelematkan iSKUL dari kebangkrutan saling membantu mencari pengisi acara, menemui para alumni, mendatangkan artis, pergi kesana - kemari mencari tempat dan yang lainnya .

Musik & Koreografi[sunting | sunting sumber]

iSKUL menggunakan lagu - lagu yang bertemakan Indonesia contoh untuk opening mereka menggunakan lagu Dari Mata Sang Garuda dai Pee Wee Gaskin yang menunjukan semangat anak muda Indonesia untuk saling membahu bersama menjaga Indonesia untuk tetap berdiri kokoh . pada awalnya banyak sekali yang mengatakan bahwa proporsi musik di iSKUL itu terlalu banyak mungkin itu karena iSKUL terkadang ditanyangkan 2 Episode sekaligus yang akhirnya membuat para penonton mengira musik yang diambil terlalu banyak . namun sebenarnya musik pada iSKUL ditempatkan saat para karakter iSKUL merasakan perasaan mereka misal saat Tata tahu bahwa Anggara menjadi manager Tamara Tyasmara ia sedih dan menyanyikan Dilema dari D'Masiv, saat para mahasiswa senior menunggu keputusan Pak.Yossy untuk menghibur diri mereka menyanyikan lagu Do Re Mi dari Budi DoReMi lalu saat keluarga Puspa bertengkar mereka menyanyikan lagu Damai dari D'Masiv .

namun kebanyakan lagu yang diambil adalah beberapa lagu dari band seperti, D'Masiv, Geisha, Kotak, Peterpan, Killing Me Inside, dll namun sang pemilih lagu Lintang Wardani juga ingin menambahkan musik daerah seperti Sio Mama yang berkesan seperti jasa seorang ibu yang sangat dibutuhkan .sedangkan untuk masalah koregrafi iSKUL meminta kepada NSG Star yang sangat ahli dance untuk membuat koreonya serta menggunakan bantuan dari para dancer iSKUL yang berperan menjadi mahasiswa di kampus iSKUL juga karena waktu syuting yang singkat maka koreografi yang digunakan sangat simple namun tetap bagus serta spectacular .

Para Pemeran & Karakter[sunting | sunting sumber]

pada awalnya untuk pemeran serta karakter iSKUL pihak SinemArt bekerja sama dengan pihak GoodSign yang merupakan label dari boyband Indonesia NSG Star yang memiliki kualitas suara serta dance yang cukup mendukung di serial ini . selain itu pihak SinemArt memilih beberapa musisi serta artis yang berada dibidang yang sekiranya cocok dengan serial ini namun beberapa dari karakter serta pemeran di iSKUL banyak menggunakan wajah baru dimana dengan begitu kita dapat meningkatkan kualiatas Indonesia di bidang seni .

beberepa karakter dan pemeran di iSKUL ynag mungkin sudah dikenal masyarakat seperti, NSG Star, Williana Saraswati, Kevin Leonardo, TJ, Hannah Al Rasyid, Willy Winarko dan beberapa yang merupakan wajah baru seperti Claresta Ravenska, Tamara Tyasmara, Italiani Ikmal, Puspa Ritchwary, JFLOW, Bayu Risa, dll . masing - masing pemeran iSKUL memainkan beberapa karakter yang berbeda - beda mulai dari orang idealis, orang yang keras kepala sampai orang yang sombong juga diperankan .

Penayangan[sunting | sunting sumber]

musim pertama iSKUL berjumlah 13 episode dimana episode pertama iSKUL ditayangkan mulai 8 april 2012, karena rating iSKUL yang semakin lama - semakin naik pihak SinemArt memutuskan untuk melanjutkan iSKUL ke season 2 nya yang masih belum jelas kelanjutannya dengan kabar batu mengenai iSKUL NINE yang diduga kuat adalah kelanjutan bagi iSKUL season 1 . setelah episode ke 13 tayang dan berakhir dengan sekian para penonton merasa kecewa karena jalan cerita yang masih hangat dipikiran penonton membuat mereka rindu kepada drama musikal ini .Astro Aruna dan SinemArt memutuskan sinetron iSKUL akan tayang iKSUL 1 dan iKSUL 2 untuk perlanggan mio TV Saluran 35

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

iSKUL adalah Akademi Seni di Indonesia yang dipimpin oleh direktur iSKUL yang sangat dihormati yaitu Pak.Yossy, ia adalah seorang idealis yang sangat cinta Indonesia . untuk masuk ke dalam akademi iSKUL ini ada beberapa syarat seperti berikut ini, harus bisa melakukan satu kesenian Indonesia, apakah menyanyi lagu daerah, menari, atau bermain musik. Sekolah ini mempunyai tiga jurusan: Jurusan Musik, Tari dan Teater. beberapa Dosen tetap di akademi ini adalah Pak.Bayu, Bu.Hannah, Bu.TJ, dan Pak.Joshua .

Seperti tahun - tahun sebelumnya Direktur iSKUL Pak.Yossy tidak mengijinkan adanya ospek namun para mahasiswa Senior seperti Gege, Dycal, Anggara, Tata dan Alia berhasil membujuk Pak.Bayu untuk mengijinkan adanya ospek dengan alasan untuk mendekatkan diri kepada para junior . namun sayang acara ini harus berakhir ricuh dengan Alia yang mengunci Wizzy di gudang lalu mengundang masalah besar dimana semua mahasiswa Senior terpaksa di skors dengan kewajiban membersihkan areal kampus selama masa hukuman .

masalah kembali menjadi rumit ketika Alia , dan Dycal tahu bahwa Wizzy hanya berpura - pura pingsan hanya untuk memancing amarah Pak.Yossy akibat ulahnya itu pada malam INAGURASI nanti semua Junior tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas kampus untuk latihan . namun hati Gege, Dycal serta Anggara tergerak perbedaan pendapat membuat persahabatan mereka dengan Tata serta Alia terpecah dimana Anggara harus dihadapkan di posisi penengah .

Anggara terancam di drop out karena telat bayar uang kuliah namun Bu.TJ memberikan keringanan setelah Pak.Bayu berhasil membujuk Bu.TJ sampai akhirnya Pak.Yossy menghilang dengan tiba - tiba lalu Dewan Direksi memilih Pak.Joshua untuk menjadi direktur iSKUL yang baru menggantikan Pak.Yossy . Pak.Bayu mencium bau kecurangan dengan naiknya jabatan Joshua menjadi direktur iSKUL, selain itu Pak.Joshua akan mendrop out semua mahasiswa iSKUL yang telat bayar kuliah termasuk Anggara .

hal itu memicuh amarah semua mahasiswa iSKUL untuk melakukan demo namun masalah muncul dengan bangkrutnya iSKUL dan Hutang sebesar 6 Miliyar yang harus dilunasi, semua berusaha menyelamatkan iSKUL dengan mengadakan Konser Penggalangan Dana dimana banyak sekali gangguan dari luar maupun dalam namun akhirnya malam penggalangan dana sukses dilakukan dengan total uang sebesar 7 Miliyar melebihi yang diharapkan .

Reaksi Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

para penonton menyukai semua aransemen yang dilakukan iSKUL pada semua lagu yang menjadi soundtrack mereka pada awalnya sebelum iSKUL tayang para penonton sudah di gebrak dengan promo dari beberapa soundtrack serial ini seperti, Do Re Mi dari Budi DoReMi, Remuk Jantungku dari Geisha, Saat Terakhir, Putri Iklan, dari Charly, Magic dari Lyla namun ada beberapa lagu dalam promo yang tidak dimunculkan dalam tayangannya seperti Putri Iklan yang seharusnya ditampilkan oleh Anggara serta Tamara Tyasmara lalu Magic yang seharusnya di tampilkan oleh Wizzy Williana, Tamara Tyasmara, serta Puspa Ritchwary . menurut beberapa sumber seharusnya tayangan iSKUL akan menampilkan 60 performance namun yang ditayangkan oleh pihak RCTI hanya 40 performance dimana banyak sekali performance yang di cut membuat cerita iSKUL menjadi membingungkan .

Fans[sunting | sunting sumber]

nama untuk fans serial ini adalah iSKULER sebuah nama yang hampir mendekati kata iSKUL pada awal tayangnya para iSKULER telah membuat iSKUL beberapa kali menjadi TTWW di Twitter bahkan tidak hanya 1 kali namun beberapa kali dan itu selalu dilakukan saat penayangan episode iSKUL di lakukan atau saat para cast iSKUL melakukan pertemuan di acara musik Dahsyat saat itu akan banyak sekali iSKULER yang mention ke kepada semua cast iSKUL .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]