IPod mini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Sebuah iPod mini

iPod mini adalah versi miniatur dari piranti pemutar musik iPod. Produk ini diumumkan pada tanggal 6 Januari 2004, dan dijual secara umum di Amerika Serikat pada tanggal 20 Februari pada tahun yang sama. Alat ini bisa digunakan dengan komputer dengan sistem operasi Macintosh dan Windows, disertai kemampuan yang terbatas bila digunakan dengan sistem operasi Linux atau yang sejenisnya. Generasi kedua dari piranti ini diperkenalkan pada tanggal 23 Februari 2005.

Sejak September 2005 iPod mini sudah tidak diproduksi oleh Apple Computer dan telah digantikan oleh iPod nano.

Alat ini menggunakan perlengkapan roda putar peka sentuhan (touch-sensitive scroll wheel) yang sangat popular dengan iPod generasi ketiga; tetapi, tanpa menggunakan empat butang di atas roda putarnya, roda putar tersebut berfungsi ganda sebagai pengganti butang tersebut (oleh karena itu roda putar ini dijuluki sebagai roda klik (click wheel).) Untuk menggunakan butang tersebut, penggunanya harus menekan ujuk dari roda klik yang sudah diberi label yang sesuai. Seperti pendahulunya, roda klik ini dikembangakan oleh perusahaan Synaptics khusus untuk Apple Computer. Roda klik ini juga digunakan untuk iPod generasi keempat.

Perincian teknis[sunting | sunting sumber]

Baik iPod mini generasi pertama dan kedua sangat mirip, kecuali dengan perbedaan dalam ukuran hard-drive dan kapasitas baterainya. Kedua versi ini memiliki ukuran 3.6x2.0x0.5 inci atau 91x51x13 mm dan beratnya 3.6 ons atau 102 gram. Pelindung luarnya terbuat dari anodized aluminum. iPod mini generasi pertama tersedia dalam lima warna: perak, emas, merah mud, biru dan hijau. Beberapa unit yang berwarna merah muda dikabarkan bisa berubah warna menjadi seperti lavender setelah beberapa lama. Model warna emas sudah tidak dijual lagi untuk generasi kedua.

iPod mini menggunakan hard-drive jenis Compact Flash Microdrive yang sangat tipis dan dikembangkan oleh Hitachi. Model generasi pertama memiliki kapasitas 4GB sedangkan generasi kedua berukuran 4 dan 6GB (masing-masing bisa menyimpan sekitar 1000 dan 1500 lagu).

Kekuatan baterai untuk generasi pertama hanya bisa dipakai untuk 6 jam sehingga mendapat banyak kritikan karena jangka waktu pakainya yang sangat pendek. Masalah ini diperbaiki pada generasi yang kedua yang bisa dipakai sampai 18 jam - 50 persen lebih baik dibanding kemampuan keluaran iPod yang terbaru dengan masa pakai 12 jam.

Seperti model iPod, iPod mini bisa memainkan dokumen dengan format MP3, AAC/M4A, WAV, AIFF, and Apple Lossless. Produk ini juga bisa digunakan dengan piranti lunak iTunes toko musik online iTunes Music Store.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]