Hyracodon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Hyracodon
Rentang fosil: Pertengahan Eosen–Akhir Oligosen
Tengkorak Hyracodon nebrascensis
Tengkorak Hyracodon nebrascensis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Perissodactyla
Famili: Hyracodontidae
Upafamili: Hyracodontinae
Genus: Hyracodon[1]
Leidy, 1856
Species
  • H. browni
  • H. leidyanus
  • H. medius
  • H. nebraskensis
  • H. petersoni

Hyracodon ('gigi hyrax') adalah genus mamalia yang telah punah.

Restorasi oleh Charles R. Knight
Restorasi oleh Heinrich Harder

Ia adalah mamalia bertubuh ringan yang menyerupai kuda poni sepanjang 1.5 m (5 ft). Tengkorak Hyracodon terhitung besar jika dibandingkan dengan tubuhnya. Susunan gigi Hyracodon menyerupai badak modern, namun mereka adalah hewan yang berukuran lebih kecil dan hanya berbeda sedikit dibandingkan kuda primitif yang hidup pada masa yang sama (32-26 juta tahun yang lalu). Mereka memiliki moncong pendek namun lebar dan kaki kurus panjangnya memiliki tiga jari.[2]

Seperti kuda primitif pada umumnya, para hyracodont hidup di hutan terbuka dan padang semak dan berubah dari pemakan dedaunan dan dahan pohon menjadi perumput. Mereka punah tanpa menyisakan keturunan apapun sekaligus menandai akhir dari cabang phylogenetic dari badak pelari yang tak bertanduk.

Makhluk kecil yang mampu bergerak cepat ini adalah kerabat dekat dari mamalia terbesar di darat yang pernah hidup, yakni Paraceratherium.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McKenna, M. C, and S. K. Bell (1997). Classification of Mammals Above the Species Level. Columbia University Press. ISBN 0-231-11012-X. 
  2. ^ Palmer, D., ed. (1999). The Marshall Illustrated Encyclopedia of Dinosaurs and Prehistoric Animals. London: Marshall Editions. hlm. 283–284. ISBN 1-84028-152-9. 
  • Benes, Josef. Prehistoric Animals and Plants. Pg. 220. Prague: Artua, 1979.