Hwanghae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Provinsi Hwanghae
Hangeul 황해도
Hanja 黃海道
Alih Aksara yang Disempurnakan Hwanghae-do
McCune–Reischauer Hwanghae-do
Short name
Hangeul 황해
Alih Aksara yang Disempurnakan Hwanghae
McCune–Reischauer Hwanghae
Statistik
Pemerintahan Provinsi
Ibu kota Haeju
Wilayah Haesŏ
Dialek Hwanghae

Hwanghae adalah salah satu dari Delapan Provinsi Korea pada zaman Dinasti Joseon, dan satu dari tiga belas provinsi Korea di zaman kolonial Jepang. Hwanghae berlokasi di barat laut Korea, beribukota di Haeju.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1395, provinsi Hwanghae dibentuk dengan nama Punghae-do (풍해도; 豊海道). Pada tahun 1417, provinsi ini diganti namanya menjadi Hwanghae. Nama itu diperoleh dari nama dua kota utama; Hwangju (황주; 黃州) dan Haeju (해주; 海州).

Pada tahun 1895, provinsi Hwanghae dibagi menjadi Distrik Haeju (Haeju-bu; 해주부; 海州府) di sebelah barat dan Distrik Kaesong (Gaeseong-bu; 개성부; 開城府) di sebelah timur. Namun, pada tahun 1896, sistem tiga belas provinsi dibentuk dan provinsi Hwanghae dirombak lagi.

Pada tahun 1945, Korea terbagi ke dalam zona okupasi Soviet dan Amerika, masing-masing dipisahkan oleh paralel ke-38. Bagian selatannya (disekitar kota Ongjin dan Yŏnan) dipotong dari dengan dengan garis pemisah, dan dimasukkan dalam wilayah Provinsi Gyeonggi. Pada tahun 1948, Provinsi Hwanghae dan Gyeonggi menjadi bagian dari negara Korea Utara dan Korea Selatan yang baru.

Pada tahun 1953, akhir Perang Korea, ditarik garis batas yang menandai batas maritim antara Korea Utara dan Korea Selatan. Garis melewati daratan Provinsi Gyeonggi yang merupakan bagian dari Hwanghae sebelum tahun 1945, dan berdekatan dengan pulau-pulau lepas pantai (yang terbesar adalah Baengnyeongdo). Sebagai hasilnya, bagian daratan dikontrol oleh Korea Utara, sedangkan pulau-pulau tetap menjadi bagian dari Korea Selatan. (Sejak 1999, Korea Utara mulai mengklaim kepulauan di sebelah selatan garis demiliterisasi. Perselisihan antara kapal angkatan laut Korea Utara dan Selatan seringkali terjadi di area ini.)

Pada tahun 1954, Provinsi Hwanghae dibagi menjadi Hwanghae Utara dan Hwanghae Selatan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Hwanghae dibatasi oleh provinsi P'yŏngan (setelah tahun 1896 berbatasan dengan P'yŏngan Selatan) di utara, Kangwŏn di timur, Gyeonggi di selatan, dan Laut Kuning di barat.

Nama daerah untuk provinsi Hwanghae adalah Haesŏ.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]