Hurt (lagu Christina Aguilera)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul CD single Hurt

Hurt merupakan single kedua yang diluncurkan oleh Christina Aguilera yang diambil dari CD kedua di album Back to Basics. Single tersebut dirilis secara resmi ke pasaran pada tanggal 4 November 2006 di Australia, 13 November 2006 di Inggris dan bulan Oktober 2006 di Amerika Serikat. Khusus di Amerika Serikat single ini telah terlebih dahulu dirilis di berbagai radio nasional pada tanggal 18 September 2006.

Hurt diciptakan oleh Christina Aguilera, Linda Perry dan Mark Ronson. Di sini Linda Perry tidak hanya bekerja sebagai penulis dan pencipta lagu saja, tetapi juga bertindak sebagai produser untuk single Hurt. Format single yang disediakan oleh RCA selaku pihak perusahaan rekaman Christina Aguilera berupa CD single dan digital download. Lagu ini untuk pertama kali dipremierekan ke seluruh dunia pada ajang penghargaan MTV Video Music Awards pada tanggal 31 Agustus 2006 yang lalu. Christina Aguilera juga sempat mempromosikan single Hurt selama masa liburan natal dengan menyanyikan lagu tersebut di salah satu acara televisi yang ditayangkan oleh NBC pada tanggal 29 November 2006 bertajuk "Christmas at Rockefeller Centre".

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]


Christina Aguilera pernah meminta kepada Linda Perry untuk membuatkannya sebuah lagu yang menceritakan tentang bagaimana pedihnya ditinggal oleh seseorang yang sangat dicintai. Linda Perry setuju untuk membuatkan lagu tersebut karena ia dapat menghubungkan cerita dalam lagu tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya, dimana ia baru saja kehilangan ayahnya pada saat itu. Meskipun demikian, sebelum Christina Aguilera meminta Linda Perry untuk membuatkan lagu dengan tema tersebut sebenarnya sudah sejak lama Linda Perry telah menulis sebagian besar lirik lagu tersebut sebelum menunjukkannya kepada Christina Aguilera. Linda Perry menganggap bahwa lirik yang ia tulis bersifat sangat pribadi bagi dirinya karena memang isi dari lagu tersebut lebih banyak menceritakan tentang rasa kehilangan yang dimilikinya. Christina Aguilera kemudian mengubah beberapa bagian lirik lagu tersebut agar lebih mudah didengar dan dirasakan oleh para pendengar yang telah kehilangan orang tercintanya.

Christina Aguilera sebenarnya tidak menginginkan Hurt menjadi single kedua dari album Back to Basics. Single Candyman direncanakan menjadi single kedua setelah Ain't No Other Man dan sudah dikonfirmasikan sendiri oleh Christina Aguilera dalam berbagai kesempatan wawancara di berbagai media. Meskipun demikian, pihak RCA berpikiran lain dan tidak menyetujui Candyman menjadi single kedua Christina. Mengingat masa liburan natal 2006 akan segera datang, pihak RCA merasa bahwa Hurt merupakan single kedua yang layak untuk dirilis dan akan menjadi hit balada terbesar selama masa liburan tersebut. Dalam hal ini RCA mencoba untuk membandingkan kesuksesan single Beautiful pada tahun 2002 lalu yang sukses secara komersial di seluruh dunia. Pihak RCA sendiri berpendapat bahwa Candyman memiliki kesamaan unsur, baik dari segi tema maupun musik dengan single sebelumnya yaitu Ain't No Other Man.

Single Hurt ternyata menerima pujian yang sangat baik dari para kritikus musik pop kontemporer dan menjadi salah satu tema lagu inspirasional bagi para pendengarnya. Salah satu majalah musik terkenal dan terbesar di Amerika Serikat yaitu Billboard berkomentar "...Aguilera's vocals relate the pain of moving past a relationship in ruins is daunting... and this is potential Grammy Award contender... has a melody and lush production that carries the song into the clouds...". Blogcritics juga mengklaim "...that song's slow opening to a soft piano all the way to the spine-tingling bridge... is one weeper of a ballad... and that Aguilera's "power-belting" vocals were better than ever…". Pengamat musik Top 40 yaitu Bill Lamb memberikan 5 bintang untuk single Hurt dan mengatakan "...a single piano with the backing of strings gives way to one of the most technically stunning voices in pop music singing words of pain, guilt, and grief in the loss of a loved one...". Bill Lamb juga memprediksikan bahwa Hurt akan menjadi salah satu "the top of the pop singles chart by Christmas 2006....". Meskipun single ini menerima banyak pujian dari para kritikus musik, terdapat pula beberapa review mengenai single Hurt yang menunjukkan kesan kurang postif. Jenny Eliscu dari Majalah musik Rolling Stone menyebut Hurt sebagai "incongruous schmaltzfest".

Video Klip[sunting | sunting sumber]


Video klip Hurt disutradarai oleh Floria Sigismondi yang juga pernah menggarap Fighter pada tahun 2003

Penggarapan video klip Hurt dilaksanakan selama 5 hari di bulan September 2006. Floria Sigismondi kembali dipercaya oleh Christina Aguilera untuk mensutradarai video klip ini setelah sebelumnya juga pernah bekerjasama untuk menggarap salah satu single di album Stripped yaitu Fighter pada tahun 2003 lalu. Christina Aguilera juga turut ambil bagian dalam penggarapan video klip ini sebagai co-directort. Hurt merupakan video klip pertama yang turut disutradari oleh Christina Aguilera sendiri. Video klip ini ditayangkan untuk pertama kalinya dalam acara TRL di MTV pada tanggal 17 Oktober 2006. Video ini mulai menduduki posisi pertama pada tanggal 25 Oktober 2006 dan "pensiun" di posisi pertama pada tanggal 11 Januari 2007. Hurt berada di posisi pertama TRL selama 13 kali. Hurt merupakan video klip kedelapan Christina Aguilera yang "pensiun" dalam acara tersebut.

Cerita dalam video klip tersebut dimulai dengan iringan akhir instrumen single Enter the Circus dan Welcome, sementara itu terdengar suara seorang pria yang memperkenalkan sebuah acara sirkus yang spektakuler dengan shoot hitam putih. Translasi warna kemudian dimulai saat Christina Aguilera muncul dalam sebuah scene dengan seting ruang ganti sirkus yang berkesan tua. Di dalam ruang tersebut Christina Aguilera menerima setangkai bunga mawar dan sepucuk telegram bersifat penting. Scene kemudian berganti flashback ke masa kecil Christina Aguilera yang diperankan oleh Laci Kay bersama dengan ayahnya yang diperankan oleh Timothy V. Murphy. Christina Aguilera muda berlatih berjalan meniti sebuah papan berjalan kecil, sementara sang ayah berdiri di sampingnya sambil sesekali memegang Christina Aguilera yang akan terjatuh dari papan dan selalu memberikan senyum serta semangat agar terus berusaha. Dalam video kip ini juga terlihat sang ayah memberikan Christina Aguilera sebuah kalung dengan bandul berbentuk gajah. Beberapa bagian scene ini diperankan oleh Elizabeth Glassco. Shoot video kemudian beralih ke Christina Aguilera pada masa sekarang sedang turun dari bagian atas tenda sirkus menggunakan tali dan duduk di atas punggung seekor gajah sementara ayahnya duduk menyaksikan di bangku penonton sirkus. Christina Aguilera selanjutnya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan ayahnya seusai pentas, tetapi karena banyaknya penggemar dan fotografer akhirnya Christina gagal menemui ayahnya.

Isi dari pesan dalam telegram tersebut menyatakan bahwa ayahnya telah meninggal. Christina Aguilera menyadari bahwa dia terlalu larut dalam kebanggaan diri sebagai bintang sirkus dan tidak peduli pada apa yang sedang terjadi dengan orang yang mencintainya. Kemudian, Christina Aguilera berlari melewati sirkus untuk mencari ayahnya, tetapi dia tidak dapat menemukannya. Bagian akhir dari video klip ini menggambarkan shoot saat Christina Aguilera duduk di atas kotak sirkus sambil menyanyi dan menangis.

Format Single[sunting | sunting sumber]


CD Single (Basic) - Dirilis pada tanggal 10 November 2006

  1. Hurt - 4:03
  2. Ain't No Other Man (Shapeshifters Mixshow Mix) - 5:24

CD Maxi-Single (Premium) - Dirilis pada tanggal 10 November 2006

  1. Hurt - 4:03
  2. Hurt (Jake Ridley remix) - 5:47
  3. Ain't No Other Man (Shapeshifters Mixshow Mix) - 5:24
  4. Ain't No Other Man (Video) - 4:53

iTunes Maxi Single

  1. Hurt (Deeper Mindset Tight Mix) - 7:04
  2. Hurt (Jack Shaft Main Mix) - 7:02
  3. Hurt (Chris Cox Club Mix) - 9:56
  4. Hurt (JP & BSOD Electro Mix) - 6:01
  5. Hurt (Jonathan Peters Classic Mix) - 9:30
  6. Hurt (Jake Ridley Chillout Club) - 5:47

Promotional Maxi Single

  1. Hurt (Deeper Mindset Mixshow Mix) - 5:54
  2. Hurt (Deeper Mindset Tight Mix) - 7:04
  3. Hurt (Deeper Mindset Full On Club Mix) - 9:30
  4. Hurt (Deeper Mindset Pad a Pella) - 7:16
  5. Hurt (J.P. & BSOD Electro Mix) - 6:01
  6. Hurt (Jack Shaft Mixshow Mix) - 5:41
  7. Hurt (Jack Shaft Main Mix) - 7:02
  8. Hurt (Jack Shaft Extended Mix) - 8:30
  9. Hurt (Jack Shaft Dub Mix) - 6:32
  10. Hurt (Jack Shaft Dub a Pella Mix) - 1:53

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]


Debut single Hurt di Billboard Hot 100 Chart dimulai pada tanggal 5 Oktober 2006 di posisi 99. Selanjutnya secara perlahan mampu menduduki posisi tertinggi di minggu kesepuluh di urutan ke 19. Single ini menduduki peringkat ke 11 di tangga lagu Inggris yaitu U.K. Singles Chart. Di Inggris Hurt menjadi salah satu single Christina yang menempati urutan terbawah di tangga lagu Inggris semenjak single I Turn To You pada tahun 2000.

Di United World Chart single Hurt terjual lebih dari 81.000 keping dalam satu minggu sejak CD single tersebut dirilis dan berada diposisi 35. Posisi tertinggi Hurt berada diposisi 4 selama 2 pekan dengan angka penjualan tertinggi pada saat itu yaitu mencapai lebih dari 199.000 keping dan akumulasi penjualan CD single sebesar 1.446.000 keping. Hurt memperoleh sertifikasi Gold di Amerika serikat (500.000 keping), Jerman (150.000 keping), Austria (15.000 keping), Australia (35.000 keping) dan Belgium (20.000 keping). Single Hurt sejauh ini telah terjual lebih dari 2.000.000 kopi di seluruh dunia. Di radio BBC inggris single Hurt masuk ke dalam “B list”, diputar setidaknya 15 kali dalam satu minggu. Versi remix Hurt (Snowflakes Remix) sering diputar di berbagai radio di Inggris dan sangat populer di kalangan penggemar musik urban.

Meskipun Hurt mendapat cukup banyak kritik yang mengecewakan karena tidak mampu menjadi salah satu hit besar Christina Aguilera serta angka penjualan CD single yang tidak sebaik Ain't No Other Man baik di Inggris maupun Amerika Serikat, tetapi Hurt menjadi hit besar di kawasan Eropa. Meskipun demikian, single ini mendapat respon yang lebih baik dibanding dengan single balada lain seperti I Turn To You dan The Voice Within, tetapi tidak lebih baik dari single balada sebelumnya pada tahun 2002 yaitu Beautiful. Di salah satu tangga lagu ternama di Eropa yaitu Hot 100 Europe Chart (tangga lagu dengan kalkulasi data penjualan CD single atau album dan airplay dari seluruh kawasan Eropa), Hurt menempati posisi 3. Hurt juga mampu berada di posisi pertama di tangga lagu Siprus, Portugis, Belanda, Israel, Filipina, Switzerland, MTV Asia dan LIMA Top 50 Chart (Indonesia) selama 2 kali. Di Perancis lagu ini berhasil menduduki peringkat ke 3 dan merupakan single terbesarnya di negara tersebut semenjak single Genie In A Bottle pada tahun 1999 yang lalu. Hurt juga mampu bertahan di posisi 3 di berbagai negara seperti Jerman, Swedia, Nederland, Austria, Belgia dan Yunani. Hurt adalah single terbesar kedua bagi Christina Aguilera di Kawasan Eropa setelah Beautiful pada tahun 2003 lalu. Hurt gagal masuk di tangga lagu Top 10 Digital iTunes Chart.

Tangga Lagu (2006/2007) Posisi Tertinggi
Australian Single 9
Austrian Airplay Chart 6
Austrian Singles Chart 2
Belgium Airplay Chart 11
Belgium Ultra Top 50 Singles 8
Brazilian Hot 100 Singles 65
Bulgarian Airplay Top 100 Charts 4
Canadian BDS Airplay 6
Chilean Top 100 Singles 10
Croatia Top 50 10
Cyprus Top 20 1
Czech Top 100 Airplay 30
Dutch Download Top 50 1
Dutch Mega Top 50 2
Dutch Top 40 Singles 2
Eurochart Hot 100 Singles 3
Finnish Airplay Chart 7
Finnish Singles Chart 15
French Single Chart 3
French Top 100 Airplay 6
French Top 50 Download 7
Galgalatz Israel Top 20 1
German Singles Chart 2
German Top 100 Airplay 1
German Top 100 Download 4
Greek Airplay Chart 10
Greek Top 50 Singles 16
Greenland Top Singles 7
Hungary Airplay Top 40 23
IRMA Official Irish Charts 6
Italian Singles Chart 11
Lebanon Radion ONE 9
LIMA Top 50 Chart (Indonesia) 1 (2x)
Luxembourg Top 20 Singles 2
Mexican Airplay Top 100 54
MTV Asia 1
Norwegian Singles Chart 11
Panama Los 40 principales 22
Portuguese Top 10 Airplay 1
Polish Airplay Chart 21
Portugal Top 25 3
Quaday Hot 100 Singles Philippines 1
Romanian top 40 6
Romanian Top 100 Singles Airplay 19
Singapore Top 30 2
Slowakian Top 100 2
Spanish Hot 100 Singles Chart 46
Swedish Top 60 Singles 2
Swiss Top 100 Singles Chart 1
Swiss Airplay Top 100 3
Tokio Hot 100 80
U.K. Official Singles Chart 11
U.K. Official Download Chart 15
Uruguay Top 40 36
U.S. Billboard Adult Contemporary 22
U.S. Billboard Hot 100 Airplay 19
U.S. Billboard Hot 100 19
U.S. Billboard Hot Adult Contemporary Tracks 8
U.S. Billboard Hot Adult Top 40 Tracks 15
U.S. Billboard Hot Dance Airplay 8
U.S. Billboard Hot Dance Club Play 8
U.S. Billboard Hot Digital Songs 15
U.S. Billboard Hot Digital Tracks 14
U.S. Billboard Hot Ringtones 16
U.S. Billboard Pop 100 Airplay 9
U.S. Billboard Pop 100 9
United World Chart 4