Huibert Gerard Boumeester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huibert Gerard Boumeester
Huibert Gerard Boumeester

LetJend. Huibert Gerard Boumeester (17 September 1831 – 6 Januari 1894) adalah seorang tokoh militer berkebangsaan Belanda .

Pada tanggal 6 Oktober 1874, ia dianugerahi gelar Ksatria dalam Militaire Willems-Orde oleh Raja Willem III dari Belanda untuk dinasnya selama Perang Aceh I, di mana ia menjabat sebagai komandan artileri. Setelah pensiun dari Koninklijk Nederlands-Indisch leger, ia menjadi Kanselir Orde Belanda.

Raja Willem III berharap bahwa perwira angkatan laut dan darat harus saling bertukar posisi. LetJend. Boumeester menjadi Ksatria di Militaire Willems-Orde, persyaratan penting untuk jabatan kanselir.

Boumeester juga menjadi Ksatria dalam Orde Singa Belanda, dan pada tanggal 29 Agustus 1893 menjadi salah satu dari grootofficier pertama dalam Orde Oranje-Nassau. Ia juga mendapatkan salib ekspedisi, Ereteken voor Belangrijke Krijgsbedrijven, dengan 2 gesper.

"Yayasan Boumeester", yayasan yang secara internasional bertujuan mendukung budaya setempat, dinamai menurut LetJend. HG. Boumeester.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan militer
Didahului oleh:
G.P. de Neve
Komandan KNIL
1879-1883
Diteruskan oleh:
Karel Lodewijk Pfeiffer
Didahului oleh:
Frederik Alexander Adolf Gregory
Kanselir Orde Belanda
1891-1894
Diteruskan oleh:
François Frederik de Casembroot