Hubungan Indonesia dengan Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hubungan Indonesia–Jepang

Indonesia

Jepang

Walau sejarah mencatat kisah suram penjajahan Jepang di Indonesia, saat ini kedua negara telah membina hubungan persahabatan yang sangat erat selama lebih dari 60 tahun yang berlandaskan hubungan kerja sama dan pertukaran di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, kebudayaan dan sebagainya.

Hubungan persahabatan seperti ini, bukanlah sesuatu yang dapat dibangun dalam sehari saja. Di Indonesia ada sekitar 11.000 orang Jepang, sebaliknya di Jepang terdapat lebih 24.000 orang Indonesia. Perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia berjumlah lebih dari 1000 perusahaan, di mana bekerja 300.000 orang Indonesia. Sementara itu, di Indonesia terdapat lebih dari 85.000 orang yang belajar Bahasa Jepang, jumlah ini terbesar di Asia Tenggara dan menempati kedudukan ke-6 di dunia.

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Hubungan Bilateral kedua negara dibuka pada bulan April 1958 dengan Penandatanganan Perjanjian Perdamaian antara Jepang dan Republik Indonesia. Pada tahun yang sama ditandatangani pula Perjanjian Pampasan Perang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]