Huang Kecheng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huang Kecheng
Jenderal Angkatan Darat Huang Kecheng sedang memberikan sebuah pidato
Lahir1902
Wilayah Yongxing, Hunan
Meninggal1986
Beijing
Pengabdian Tiongkok
Dinas/cabang Tentara Pembebasan Rakyat
Lama dinas1926-1986
PangkatJenderal Tentara Pembebasan Rakyat
Perang/pertempuranEkspedisi Utara, Kampanye Encirclement Anti-Komunis, Hundred Regiments Offensive, Kampanye untuk Mempertahankan Siping, Kampanye Siping, Kampanye Liaoshen, Kampanye Pingjin
PenghargaanOrdo Kemerdekaan, Ordo Pembebasan, Ordo PLA
Pekerjaan lainPolitikus, Penulis
Dari kiri: Han Zhenji, Liang Xingchu, Huang Kecheng, Zhang Aiping dan Wei Guoqing, menandai pertemuan Kolumnis Kelima dari Tentara Rute Kedelapan dan Komando Jiangsu Utara dari Tentara Keempat Baru di Dongtai, Jiangsu pada 10 Oktober 1940.

Huang Kecheng (Hanzi sederhana: 黄克诚; Hanzi tradisional: 黃克誠; Pinyin: Huáng Kèchéng) (1 Oktober 1902 – 28 Desember 1986) adalah seorang jenderal senior dalam Tentara Pembebasan Rakyat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Jenderal Huang Kecheng lahir di Yongxing, Hunan, China, dan ia adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Huang Qingzhu (黄清主), dan ibunya bernama Deng Longtao (邓龙桃). Keluarganya memiliki lahan seluas enam mu.

Pada 1929, Huang bertugas di bawah pengarahan Peng Dehuai dalam resimen Kuomintang yang bertugas di utara Hunan. Ketika Peng memberontak pada Juni 1928, Huang bergabung dengannya.[1]

Ia wafat pada 28 Desember 1986 di Beijing.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Domes 48

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]