Howitzer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah howitzer M115 203 mm

Howitzer adalah salah satu bentuk artileri medan. Nama Howitzer berasal dari kata dalam bahasa Ceko houfnice (diturunkan dari bahasa Jerman: haubitze dan bahasa Belanda:houwitser), meriam dari abad ke-15 yang digunakan oleh suku Hussites dalam perang Hussite. Howitzer berbeda dari jenis meriam artileri lainnya dalam hal trayektori penembakannya. Howitzer menembak dalam sudut tinggi dan memeliki daya penghancur yang sangat besar karena proyektil yang dilontarkan. Howitzer modern dapat ditarik kendaraan militer atau berpenggerak sendiri. Howitzer kecil dapat ditarik oleh kendaraan militer ringan atau diangkut oleh helikopter.

Jenis[sunting | sunting sumber]

  • Self-propelled Howitzer, dipasang pada kendaraan yang memiliki roda. Dalam banyak hal, howitzer jenis ini dilindungi oleh semacam pelindung dari baja sehingga sepintas menyerupai tank.
  • Pack Howitzer adalah howitzer relatif ringan yang dirancang untuk dapat dengan mudah dipecah menjadi beberapa bagian, yang masing-masing cukup kecil untuk dibawa oleh seekor keledai atau kuda.
  • Mountain Howitzer adalah howitzer relatif ringan yang dirancang untuk digunakan di daerah pegunungan. Kebanyakan, tetapi tidak semua, howitzer gunung juga termasuk howitzer pack.
  • Siege Howitzer adalah howitzer yang dirancang untuk dapat ditembakkan dari pemasangan howitzer pada platform tetap atau semacamnya. Howitzer jenis ini biasanya digunakan untuk menghancurkan benteng.
  • Field Howitzer adalah howitzer yang cukup mobile untuk menemani tentara lapangan dalam operasi militer. Howitzer ini selalu disediakan dengan kereta beroda dari beberapa macam.