Hotel Santika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santika Indonesia Hotels & Resorts
Jenis Swasta
Industri/jasa Hotel, tourism
Didirikan 22 Agustus 1981
Jumlah lokasi 23
Induk PT. Grahawita Santika
Situs web www.santika.com
Hotel Santika Premiere, Jakarta

Santika Indonesia Hotels & Resorts adalah salah satu grup hotel di Indonesia dan dikelola oleh PT. Grahawita Santika, unit bisnis Kelompok Kompas Gramedia. PT. Grahawita Santika didirikan pada tanggal 22 Agustus 1981. Santika Indonesia Hotels & Resorts telah memiliki lebih dari 40 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2006, Santika Indonesia Hotels & Resorts mengubah strateginya berdasarkan segmentasi pasar dengan membagi beberapa brand menjadi The Royal Collection, Hotel Santika Premiere, Hotel Santika, dan Amaris Hotel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PT. Grahawita Santika didirikan untuk mengelola bisnis perhotelan di bawah Kelompok Kompas Gramedia pada tanggal 22 Agustus 1981. Hotel Soeti adalah hotel pertama yang dibeli dari pemiliknya, Ibu Soetiyah Pudjosuwarno. Cikal bakal Hotel Santika ini terletak di Jalan Sumatra No. 52-54, Bandung. Pada tahun 1988, hotel sederhana dengan 33 kamar yang dibangun di area seluas 3.200 meter persegi ini direnovasi menjadi 70 kamar. Setelah renovasi tersebut selesai, hotel ini diresmikan sebagai Hotel Santika Bandung berbintang tiga oleh Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi, Susilo Sudarman pada tanggal 27 Maret 1989. Hotel Santika Bandung inilah yang menjadi pelopor pendirian Santika Indonesia Hotels & Resorts.[1]

Latar belakang pendirian Hotel Santika ini disebabkan pembredelan harian Kompas pada tahun 1978. Oleh karena itu, para pendiri Kelompok Kompas Gramedia harus memikirkan diversifikasi unit bisnis di luar bisnis intinya sebagai media komunikasi. Mereka membuat rencana untuk mencegah pemecatan massal. Jika suatu hari harian Kompas akan dibredel kembali, masih ada anak perusahaan yang bisa menyokong karyawan mereka. Beberapa bisnis mulai dilakukan, termasuk diantaranya adalah industri perhotelan.

Pada awalnya, rencana pendirian sebuah hotel tidak disetujui oleh pihak manajemen, karena pada saat itu bisnis hotel dianggap memiliki konotasi yang negatif serta Return of Investment dinilai berjalan lamban. Bagaimanapun juga, Bapak Binawarna Sardjan, anggota Tim Investasi Kelompok Kompas Gramedia pada saat itu, bisa meyakinkan Ketua Tim Investasi Kelompok Kompas Gramedia, Bapak Indra Gunawan, untuk menyetujui rencana pendirian hotel. Berkat kegigihan dan kerja keras Bapak Binawarman Sardjan, maka Hotel Santika berhasil didirikan.

Beberapa tahun setelah Hotel Santika yang pertama diresmikan dan dikelola, Hotel Santika pun berhasil mengembangkan sayapnya dan mencapai lebih dari 40 properti yang tersebar di Indonesia. Sesuai dengan brand value-nya, yaitu “Indonesian Home” dan motto pelayanannya, yaitu “Hospitality from the Heart”, Santika Indonesia Hotels & Resorts selalu menonjolkan nilai kebudayaan Indonesia, termasuk sisi keramah-tamahannya kepada seluruh tamunya.[2]

Hotels & Resorts[sunting | sunting sumber]

Saat ini Santika Indonesia Hotels & Resorts memiliki empat brand, yaitu The Royal Collection, Hotel Santika Premiere, Hotel Santika, dan Amaris Hotel yang dibangun hampir di seluruh Indonesia.

Hotel Santika Premiere[sunting | sunting sumber]

Hotel Santika Premiere adalah brand untuk properti Santika Indonesia Hotels & Resort berbintang empat. Saat ini, Santika Indonesia Hotels & Resort telah memiliki delapan properti Hotel Santika Premiere yang tersebar di Indonesia.

  • Hotel Santika Premiere Beach Resort Bali

Hotel Santika Premiere Beach Resort Bali awalnya dikenal sebagai Sunset Beach Hotel. Hotel ini mengoperasikan 20 kamar. PT. Grahawita Santika pun membeli dan mengelola hotel ini pada tahun 1983 dan menjadi hotel kedua di jajaran Santika Indonesia Hotels & Resorts. Hotel ini kemudian dibangun dan direnovasi pada tahun 1986. Sekarang, Hotel Santika Premiere Beach Resort Bali menjadi hotel berbintang empat dengan 164 kamar dan suite.

  • Hotel Santika Premiere Semarang

Hotel Santika Premiere Semarang dibuka pada tanggal 21 Agustus 1990. Pada saat itu, hotel ini dikenal sebagai hotel tertinggi di Semarang. Hotel berlantai 11 ini memiliki 125 kamar dan suites, restoran dan lounge, ballroom, ruang meeting, spa, dan kolam renang.

  • Hotel Santika Premiere Jogja

Pada tahun 1990, Daerah Istimewa Yogyakarta dipilih sebagai hotel kelima di dalam jajaran Santika Indonesia Hotels & Resorts. Hotel Santika Premiere Jogja resmi dibuka pada tanggal 17 Desember 1990. Hotel ini didesain dengan sentuhan arsitektur Kraton Jogja. Hotel Santika Premiere Jogja memiliki 148 kamar.

  • Hotel Santika Premiere Seaside Resort – Manado

Hotel Santika Premiere Seaside Resort – Manado adalah sebuah hotel yang dimiliki oleh pihak lain, namun pengelolaannya dipercayakan kepada PT. Grahawita Santika. Hotel berbintang empat ini memiliki panorama pantai Bunaken yang indah. Hotel ini terletak di Tongkaena, Manado dan memiliki 72 kamar dan 29 cottage. Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Try Sutrisno meresmikan Hotel Santika Premiere Seaside Resort – Manado pada tanggal 12 April 1997.

  • Hotel Santika Premiere Jakarta

Hotel Santika Premiere Jakarta dibangun pada tahun 1996. Hotel ini terletak dengan dengan pusat bisnis Jakarta. Hotel berkapasitas 275 kamar ini dibuka pada tanggal 16 Februari 1998, saat krisis moneter melanda Indonesia. Pada tahun 2011, Hotel Santika Premiere Jakarta memenangkan penghargaan Hotel Bintang 4 Terbaik di Indonesia Tourism Awards 2011 di Jakarta.[3]

  • Hotel Santika Premiere Malang

Kota Apel, Malang, terpilih menjadi Hotel Santika yang ke-12. Hotel Santika Premiere Malang adalah hotel berbintang empat dengan gaya arsitektur yang minimalis dengan kapasitas 112 kamar dan suite. Hotel ini resmi dibuka pada tanggal 15 Desember 2004.

  • Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Royal Ambarrukmo Yogyakarta sebelumnya dikenal sebagai Ambarrukmo Palace Hotel, salah satu hotel mewah berstandar internasional pertama di Indonesia. Ambarrukmo Palace Hotel pertama dibuka pada tahun 1966. Sayangnya, hotel bersejarah ini sempat terlantar pada tahun 2005. Lalu di bawah pengelolaan PT. Grahawita Santika, hotel ini terlahir kembali pada tanggal 27 Oktober 2011. Royal Ambarrukmo mengelola 247 kamar dan suites serta memiliki pemandangan Gunung Merapi yang indah.[4]

  • Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention – Medan

Pembukaan Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention – Medan diladakan pada tanggal 15 Februari 2012. Hotel berlantai 12 ini memiliki 324 kamar dan suites serta dilengkapi dengan 8 ruang meeting, Ballroom dengan kapasitas 1.000 orang, dan Convention Hall dengan kapasitas 3.000 orang. [5] Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention – Medan adalah hotel dan convention terbesar di kota Medan.

Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan ini juga memiliki fasilitas seperti kolam renang, fitness, dan Spa serta dilengkapi dengan 4 outlet Food and Beverage yakni Benteng Restaurant dengan segmen keluarga, corporate dan goverment yang dapat menampung hingga 250 tempat duduk, Ulos Cafe untuk segmen anak muda yang menjual aneka kopi dan snack, The Vintage and Wine Cellar untuk segmen pecinta wine dan pastry, serta Club Premiere Sky Lounge untuk segmen Executive.

Pada tahun pertamanya, Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan sudah memiliki portfolio event besar seperti Pameran Otomotif Medan, Mega Bazzar Computer, Mukernas Partai Keadilan Sejahtera, Palmex 2012, ICMITM, Sumatera International Travel Fair, Konser Agnes Monica, Konser Rick Price dan Kahitna, serta masih banyak lagi.

Hotel Santika[sunting | sunting sumber]

Hotel Santika adalah brand untuk properti Santika Indonesia Hotels & Resorts berbintang tiga. Saat ini, Santika Indonesia Hotel & Resorts memiliki 15 properti yang tersebar di Indonesia.

  • Hotel Santika Bandung

Hotel Santika Bandung adalah Hotel Santika pertama di Indonesia. Hotel Santika Bandung beroperasi secara penuh pada tanggal 27 Maret 1989. Seiring berjalannya waktu, hotel yang awalnya memiliki 33 kamar ini direnovasi dan akhirnya memiliki 76 kamar.

  • Hotel Santika Semarang

Hotel Santika Semarang adalah hotel ketiga di jajaran Santika Indonesia Hotels & Resorts. PT. Grahawita Santika mulai mengelola hotel ini pada tanggal 30 November 1983 dan memiliki 77 kamar. Saat ini, Hotel Santika Semarang sedang dipugar.

  • Hotel Santika Cirebon

Hotel Santika Cirebon menjadi saksi sejarah kepresidenan Indonesia. Hampir semua Presiden Indonesia pernah menginap di Hotel Santika Cirebon, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono. [6] Pada awalnya, Hotel Santika Cirebon adalah hotel pertama yang dimiliki oleh pihak lain dan dikelola oleh PT. Grahawita Santika. Hotel dengan 87 kamar ini dibuka pada tanggal 9 September 1993. Sekarang Hotel Santika Cirebon dimiliki oleh PT. Grahawita Santika.

  • Hotel Santika Pandegiling – Surabaya

Hotel Santika Pandegiling – Surabaya resmi dibuka pada tanggal 20 Februari 1998. Hotel ini memiliki 124 kamar, restoran, dan ruang meeting. Hotel Santika Pandegiling – Surabaya menjadi hotel pertama di Surabaya dan Hotel Santika keempat di Indonesia.

  • Hotel Santika Pontianak

Hotel Santika Pontianak adalah hotel keempat yang pengelolaannya dipercayakan kepada PT. Grahawita Santika. Hotel Santika Pontianak terletak di pusat bisnis dan perdagangan Kota Pontianak. Hotel berkapasitas 129 kamar ini mulai beroperasi pada tanggal 11 Februari 2003.

  • Hotel Santika Makassar

Dibuka pada tanggal 19 Januari 2007, Hotel Santika Makassar mengelola 108 kamar dan suites, restoran, spa, dan function room. Properti ini letaknya tidak jauh dari Pantai Losari dan Lapangan Karebosi. Hotel Santika Makassar adalah Hotel Santika keenam dan hotel ke-13 di jajaran Santika Indonesia Hotels & Resorts.

  • Hotel Santika Bogor

Hotel Santika Bogor dibangun di dalam Mal Botani Square. Hotel Santika Bogor memiliki 143 kamar, restoran, ruang meeting dengan kapasitas 150 orang, kolam renang, gym, dan spa. Hotel ini mulai beroperasi pada tanggal 19 Desember 2008 dan peresmian pembukaannya dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2009.[7]

  • Hotel Santika Bangka

Hotel Santika Bangka adalah hotel terbesar di Bangka, Pangkalpinang. Hotel ini memiliki 125 kamar, restoran, ballroom berkapasitas 300 orang, kolam renang, dan gym. Peresmian Hotel Santika Bangka diadakan pada tanggal 17 Desember 2009. Hotel ini terletak dekat dengan Bandara Depati Amir Pangkalpinang serta pusat perkantoran dan perdagangan.[8]

  • Hotel Santika Balikpapan

Hotel Santika Balikpapan terletak di dalam Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Marsma Iswahyudi, Balikpapan. Hotel Santika Balikpapan resemi dibuka pada tanggal 19 Mei 2010. Hotel ini memiliki 134 kamar dengan peredam suara, sehingga tidak aka nada kebisingan dan menjadi tempat yang nyaman untuk menginap. Hotel ini juga menyediakan fasilitas check-in ke ruang keberangkatan bandara.[9]

  • Hotel Santika Kuta – Bali

Hotel Santika Kuta – Bali terletak dekat dengan Pantai Kuta. Hotel ini mengelola 100 kamar, restoran, ruang meeting, kolam renang, gym, dan spa. Hotel Santika Kuta – Bali mulai beroperasi pada tanggal 10 Oktober 2010.

  • Hotel Santika Jemursari – Surabaya

Hotel Santika Jemursari – Surabaya terletak di dekat daerah industri dan perkantoran di Surabaya. Hotel ini resmi dibuka pada tanggal 5 Juni 2011 dan memiliki 105 kamar dan suites. Hotel Santika Jemursari – Surabaya adalah hotel kedua di Surabaya dan Hotel Santika ke-12 di seluruh Indonesia.[10]

  • Hotel Santika Tasikmalaya

Hotel Santika Tasikmalaya dibuka pada tanggal 24 September 2011. Hotel ini mengelola 97 kamar, ballroom, dua ruang meeting, restoran, dan kolam renang. Hotel ini memiliki pemandangan Gunung Galunggung yang indah. [11]

  • Hotel Santika Bengkulu

Hotel Santika Bengkulu dibuka untuk umum pada tanggal 15 Desember 2011. Hotel ini menjadi Hotel Santika ke-14 dan hotel ke-40 di jajaran Santika Indonesia Hotels & Resorts. Hotel berlantai lima ini mengoperasikan 80 kamar. Hotel Santika Bengkulu terletak tidak jauh dari benteng kolonial Inggris yang terkenal, Benteng Marlborough.[12]

  • Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta

Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah – Jakarta adalah Hotel Santika ke-15 atau hotel ke-44 di jajaran Santika Indonesia Hotels & Resorts. Peresmian Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah – Jakarta dilaksanakan pada 19 April 2012. Hotel ini terletak tidak jauh dari Taman Mini Indonesia Indah, tempat rekreasi untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Hotel ini mengelola sekitar 124 kamar, restoran, ballroom, ruang meeting, dan kolam renang.[13]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]