Hotel California (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Hotel California"
Berkas:Eagles-usa-hotel-california-asylum.jpg
Singel oleh Eagles
dari album Hotel California
Sisi-B"Pretty Maids All in a Row"
DirilisFebruari 1977
FormatPerekam suara
Direkam1976
GenreRock
Durasi6:30
LabelAsylum
PenciptaDon Felder, Glenn Frey, Don Henley
ProduserBill Szymczyk
Sampel musik

"Hotel California" adalah judul lagu dari album dengan nama yang sama karya Eagles dan dirilis sebagai singel pada bulan Februari 1977. Kredit penulisan untuk lagu dibagi oleh Don Felder, Don Henley dan Glenn Frey. Perekaman asli Eagles dari lagu ini menampilkan Henley menyanyikan vokal dan diakhiri dengan bagian diperpanjang dari interaksi gitar listrik antara Felder dan Joe Walsh.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komposisi

Melodi lagu tersebut disusun oleh Don Felder di sebuah rumah kontrakan di Pantai Malibu. Dia merekam lagu-lagu dasar dengan mesin drum Rhythm Ace dan menambahkan gitar string 12 di dek rekaman empat jalur di kamar tidurnya, lalu dicampur dengan bassline, dan memberi Don Henley dan Glenn Frey masing-masing kaset demo yang dihasilkan. Felder, yang bertemu dengan Eagles melalui rekan grup band semasa SMA Bernie Leadon, mengatakan bahwa Leadon menasihatinya untuk membuat rekaman lagu yang dia tulis untuk band tersebut sehingga anggota band lainnya seperti Henley, yang memiliki lirik lagu, mungkin bekerja dengan dia saat menyelesaikan lagu yang mereka suka. Demo yang dia buat selalu instrumental, dan pada setiap proyek album dia akan mengirimkan 15 atau 16 gagasan. Demo yang dia buat untuk Hotel California menunjukkan pengaruh dari musik Latin dan reggae, dan ini menarik perhatian Henley yang mengatakan bahwa dia menyukai lagu yang "terdengar seperti reggae Meksiko atau Bolero", yang memberi nyanyiannya sebagai karya pertamanya., "Reggae Meksiko".

Frey dan Henley sama-sama tertarik dengan lagu tersebut setelah mendengar demo tersebut, dan mendiskusikan konsep liriknya. Pada tahun 2008, Felder menggambarkan penulisan liriknya:

Don Henley dan Glenn menulis sebagian besar kata-katanya. Kami semua melaju ke L.A. di malam hari. Tidak ada orang dari California, dan jika Anda berkendara ke LA di malam hari ... Anda bisa melihat cahaya di cakrawala lampu ini, dan bayangan yang mulai menabrak kepalamu Hollywood dan semua impian yang Anda miliki, dan karenanya agak tentang itu ... apa yang kita mulai menulis lagu tentang itu

Henley memutuskan tema Hotel California, mencatat bagaimana The Beverly Hills Hotel telah menjadi titik nyata dan simbolis dari kehidupan mereka saat itu.Henley mengatakan tentang pengalaman pribadi dan profesional mereka di LA: "Kami mendapatkan pendidikan yang luas, dalam kehidupan, cinta, dalam bisnis, Beverly Hills masih merupakan tempat mitos bagi kami, dalam arti itu menjadi semacam simbol, dan 'Hotel' lokus dari semua yang LA maksudkan untuk kita. Dalam sebuah kalimat, saya akan menyimpulkannya sebagai akhir dari kepolosan, satu putaran.

Frey muncul dengan skenario sinematik dari seseorang yang, yang lelah mengemudi di tempat yang jauh di padang pasir, melihat tempat untuk beristirahat dan bertahan semalaman, tetapi memasuki "dunia aneh yang dikuasai oleh karakter aneh", dan menjadi " cepat ketakutan oleh perasaan sesak karena terjebak dalam jaringan yang mengganggu yang dengannya dia mungkin tidak akan pernah lolos. " Dalam sebuah wawancara dengan Cameron Crowe, Frey mengatakan bahwa dia dan Henley menginginkan lagu tersebut" dibuka seperti sebuah episode dari Twilight Zone ", dan menambahkan:" Kami mengambil orang ini dan membuatnya seperti karakter di The Magus, di mana setiap kali dia berjalan melalui pintu ada versi baru dari kenyataan Kami ingin menulis lagu seperti itu adalah sebuah film. ". Frey menggambarkan lagunya dalam sebuah wawancara dengan NBC's Bob Costas sebagai montase sinematik "hanya satu tembakan ke tembakan berikutnya ... gambar seorang pria di jalan raya, gambar hotel, orang itu masuk, pintu terbuka, orang asing." Frey melanjutkan, "Kami memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang aneh, hanya untuk melihat apakah kami bisa melakukannya." Henley kemudian menulis sebagian besar lirik berdasarkan gagasan Frey, dan mencari inspirasi untuk menulis dengan mengemudikan mobil ke dalam gurun serta dari film dan teater.

Bagian dari lirik, seperti "Her mind is Tiffany twisted, she got the Mercedes bends / She got a lot of pretty pretty boys she calls friends (Pikirannya Tiffany dipelintir, dia membelikan Mercedes / Dia punya banyak anak laki-laki cantik yang dia telepon teman)", didasarkan pada perpisahan Henley dengan kekasihnya Loree Rodkin. Menurut catatan kecil Glenn Frey untuk The Very Best Of, penggunaan kata "steely" dalam liriknya, "They stab it with their steely knives, but they just can't kill the beast", (Mereka menusuknya dengan pisau baja mereka, tapi mereka tidak bisa membunuh binatang itu), adalah anggukan main-main dengan band Steely Dan, yang telah memasukkan lirik "Turn up the Eagles, tetangga sedang mendengarkan" dalam lagu mereka "Everything You Do". Frey juga mengatakan bahwa penulisan lagu tersebut terinspirasi oleh keberanian lirik Steely Dan dan kemauannya untuk pergi "di luar sana", dan berpikir bahwa lagu yang mereka tulis telah "mencapai ambiguitas sempurna.

Rekaman

The Eagles merekam lagu tersebut dengan Don Henley pada vokal utama tiga kali berbeda, dua kali di Record Plant di Los Angeles dan akhirnya di Criteria Studios di Miami. Mereka pertama kali merekam sebuah reff, tapi ketika sampai pada rekaman vokal, ternyata kunci terlalu tinggi untuk suara Henley, jadi Felder semakin menurunkan kuncinya dari E minor, akhirnya menetap di B minor. Namun rekaman kedua dinilai terlalu cepat. Di Miami, band ini menyempurnakan instrumentasi dan liriknya dan mencatat banyak hal. Lima atau enam yang terbaik dipilih, dan bagian terbaiknya kemudian disambung menjadi satu untuk membuat versi yang dirilis. Menurut produser Bill Szymczyk, ada 33 suntingan pada master dua inci itu. Bagian terakhir menampilkan pertarungan gitar antara Joe Walsh (yang menggantikan Bernie Leadon yang pergi pada 1975) dan Felder, yang membawa keduanya duduk bersama bekerja selama sekitar tiga hari untuk mencapai ketepatan yang diperlukan. Walsh dan Felder awalnya mulai melakukan improvisasi namun Henley menegaskan bahwa rekaman tersebut harus mengikuti musik tersebut seperti yang tercatat pertama kali dalam demo Felder.

Henley memutuskan bahwa lagunya pasti menjadi sebuah single, meski Felder sempat ragu dan perusahaan rekaman enggan melepaskannya sebagai single karena, lebih dari enam menit, durasinya jauh melebihi lagu yang umumnya dimainkan oleh stasiun radio. Band ini mengambil sikap dan menolak permintaan label untuk mempersingkat lagunya. Lagu ini dirilis sebagai single kedua dari album setelah "New Kid in Town". Sampul depan untuk beberapa edisi luar negeri dari single 45rpm yang dirilis adalah versi ulang dari seni penutup Hotel California LP, yang menggunakan foto Hotel Beverly Hills oleh David Alexander, dengan arahan desain dan seni oleh Kosh.

Sebagai "Hotel California" menjadi salah satu lagu yang paling populer di grup ini dan sebuah acara konser untuk band tersebut, rekaman live lagu tersebut juga telah dirilis. Rekaman live pertama dari lagu tersebut muncul di album live Eagles '1980, dan versi akustik dengan intro diperpanjang adalah sebuah lagu di CD konser dan rilis video Hell Freezes Over the reuni 1994. Hell Freezes Lebih dari versi dilakukan dengan menggunakan delapan gitar dan memiliki suara Spanyol yang jelas, dengan setting dan intro yang terinspirasi flamenco milik Don Felder.

Personel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
"Southern Nights" oleh Glen Campbell
Singel nomor satu Billboard Hot 100
7 Mei 1977
Diteruskan oleh:
"When I Need You" oleh Leo Sayer

Templat:Eagles