Hot n Cold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Hot n Cold"
Singel oleh Katy Perry
dari album One of the Boys
Dirilis30 September 2008
FormatUnduh digital, CD singel
Direkam2007-2008
GenreElectropop, dance-pop, pop rock
Durasi3:40
LabelCapitol
PenciptaKaty Perry, Dr. Luke, Max Martin
ProduserDr. Luke

"Hot n Cold" adalah sebuah lagu oleh penyanyi Amerika Serikat, Katy Perry. Lagu ini ditulis dan disusun oleh Dr Luke, Max Martin, dan Perry untuk debut album One of the Boys. Lagu ini dirilis sebagai singel ketiga album. Liriknya menggunakan pertentangan biner (seperti panas/dingin, ya/tidak, masuk/keluar, atas/bawah, salah/benar, hitam/putih) untuk menekankan sifat yang tidak stabil dalam suatu hubungan. Lagu ini mencapai nomor tiga di Billboard Hot 100, menjadikannya sebagai singel kedua Perry yang menjadi tiga singel teratas, setelah singel sebelumnya yang menjadi hits di seluruh dunia "I Kissed a Girl". Singel ini juga menjadi singel kedua Perry yang menduduki lima besar di tangga lagu Inggris, Australia, Irlandia dan Selandia Baru, menempati puncak tangga lagu di Finlandia, Jerman, Kanada, Norwegia, Spanyol, Denmark dan 15 negara lainnya.

Informasi lagu[sunting | sunting sumber]

Katy Perry tampil di "Life Ball 2009"

Lagu ini diputar di stasiun radio Amerika Utara pada 9 September dan lagu ini tetap menjadi salah satu peluru terbesar dari seluruh Mediabase selama berminggu-minggu. Katy Perry menampilkan langsung "Hot n Cold" secara perdana di konser terbuka NBC's, Today pada tanggal 29 Agustus. Perry mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Radio 1 bahwa "Hot n Cold" sebenarnya akan menjadi singel berikutnya setelah hits nomor satunya, "I Kissed a Girl" di Inggris dan Australia. Saat ini ada empat perubahan di radio: pertama, kata "bitch" diganti dengan "chick" ("You PMS, like a chick, I would know"); kedua, lagu ini digunakan pada program radio Open House Party, versi ini lebih menggunakan "girl" bukan "bitch" atau "chick" ;(pernah satu kali dimainkan di acara radio Ryan Seacrest, American Top 40, liriknya menjadi "You, PMS, I would know"); di perubahan yang lain, baris pertama lirik lagu ini diulang setelah baris ini dinyanyikan penuh ("You change your mind, like a girl, I would know"), perubahan ini dapat didengar di taman hiburan; dan terakhir, perubahan radio yang digunakan pada saluran musik Inggris memotong semua kata. Pada tanggal 6 November 2008, Perry menampilkan lagu ini secara langsung di MTV EMA's di Liverpool yang juga didaulat sebagai pembawa acara, untuk menutup acara itu setelah membukanya dengan "I Kissed a Girl". Versi remix dari lagu ini juga telah dirilis untuk permainan Tap Tap Revenge dalam iPhone OS. Lagu ini juga ditampilkan sebagai pembuka di acara tahunan YouTube Live pertama pada November 22, 2008.[1] Singel ini dinominasikan di Grammy Awards ke-52 dalam kategori Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik.

Perry mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Open House Party bahwa lagu ini mengenai mantan pacarnya, Travie McCoy di tahap awal hubungan mereka.

Pada tahun 2010, Perry menampilkan versi lagu yang ditujukan untuk acara televisi anak-anak, Sesame Street yang dirilis pada situs seperti YouTube. Namun, produser Sesame Street memutuskan untuk tidak menayangkan segmennya di acara ini setelah menerima keluhan bahwa pakaian Perry tidak sesuai untuk anak-anak.[2]

Penampilan tangga lagu[sunting | sunting sumber]

"Hot n Cold" memulai debutnya di Billboard Hot 100 Amerika Serikat pada tanggal 17 Juni 2008, karena banyaknya unduh digital setelah album dirilis. Lagu ini memulai debutnya di nomor 88 tangga lagu Hot 100 dan jatuh di minggu berikutnya, namun kembali memasuki Hot 100 pada tanggal 5 Agustus di nomor 88 lagi dan memuncak di nomor 3 Hot 100 pada tanggal 11 November, menjadikannya sebagai hits kedua yang memasuki tiga besar. Saat itu, lagu ini berada di sepuluh besar selama 18 minggu ("I Kissed A Girl" menghabiskan 14 minggu disana). "Hot n Cold" kemudian bersertifikasi 4× platinum oleh RIAA dengan penjualan sebanyak 4.915.000,[3] membuatnya sebagai singel terlaris sepanjang kariernya di Amerika Serikat, meskipun tidak pernah mencapai No 1.[4] Di Kanada, lagu ini memulai debutnya di nomor 73 dan mencapai nomor 1 tangga lagu pada 20 November 2008, bahkan menjadi hits besar di radio dibandingkan "I Kissed a Girl" yang merupakan singel pertama Perry yang menempati nomor 1 baik di tangga lagu Mainstream Top 40 maupun Adult Top 40 radio di Amerika Serikat.

Katy Perry tampil di "YouTube Live Concert" tahun 2008

Singel ini menempati nomor empat tangga lagu UK Singles Chart pada tanggal 7 Desember setelah perlahan-lahan merangkak naik ke sepuluh besar di minggu-minggu sebelumnya, meskipun tampaknya penurunan angka sangat teratur pada pertengahan pekan. Pada tanggal 21 Desember jatuh dari 10 besar menuju nomor 12, sebelum naik kembali ke angka 9 di minggu berikutnya dan terus naik mencapai nomor 7 pada tanggal 4 Januari 2009. Di Irlandia, lagu memuncak di nomor 3. "Hot n Cold" memasuki German Singles Chart di nomor 2 karena penjualan unduh digital yang tinggi. Lagu ini merupakan singel tertinggi yang pernah masuk berdasarkan download di Jerman saja. Pada minggu kedua, singel ini memuncaki nomor 1 tangga lagu di Jerman, dan menghabiskan delapan minggu berturut-turut pada posisi puncak.[5] Di Australia, singel ini memulai debutnya di 50 besar, lalu dengan cepat mencapai 10 besar. Kemudian perlahan-lahan mencapai puncaknya di nomor 4 hanya pada unduh digital, tanpa peluncuran CD seperti yang direncanakan. Lagu ini juga menempati nomor 1 di Australian Airplay Chart dan di Yunani mencapai nomor 3 pada daftar tangga lagu,[6] serta memuncak di nomor 1 tangga lagu Republik Ceko, dan menghabiskan sepuluh minggu berturut-turut pada posisi puncaknya.[7]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik untuk "Hot n Cold" sebagian besar direkam di First Christian Church of North Hollywood, menampilkan Perry sedang berada di pernikahannya untuk saling bertukar sumpah dengan tunangannya yang pemalu, Alexander (diperankan oleh teman Perry, aktor/model Alexander Rodriguez). Dia melarikan diri ke depan altar gereja sebelum mengambil sumpahnya, Perry mengejarnya dan berlanjut seperti sedang bermain kucing dan tikus. Katy dan penari latarnya (termasuk supermodel Kim Lee) menyudutkannya beberapa kali, dalam pakaian yang berbeda-beda: sebagai pengantin yang memimpin para pengiringnya sambil membawa tongkat bisbol, sebagai penyanyi klub dengan kulit berwarna merah, dan dengan mengenakan pakaian jalanan. Ketika Perry menyanyikan lagu syair kepadanya, Perry muncul berselang-seling, sedih, marah, dan menggoda. Pada akhir video, terungkap bahwa semuanya adalah khayalan Alexander dan dia masih berdiri di altar sementara Katy menunggunya untuk mengatakan "aku bersedia". Dia melakukannya, dan keramaian orang-orang di gereja pecah menjadi sorak-sorai ketika Katy berjalan menyusuri lorong dengannya. Teman Katy, Jadyn Maria muncul dalam video musik sebagai pengiring pengantin.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu dan sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ “” (2008-11-22). "Katy Perry "Hot N Cold" - YouTube Live '08". YouTube. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-26. Diakses tanggal 2010-09-26. 
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-28. Diakses tanggal 2011-07-09. 
  4. ^ http://new.music.yahoo.com/blogs/chart_watch/74363/week-ending-may-8-2011-songs-rolling-in-the-dough/
  5. ^ "Katy Perry - Hot N Cold - Music Charts". Acharts.us. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  6. ^ "More Charts - Greek Airplay (Radio1 Rodos Greece ::: Top 40 Music Station ::: Promo Releases)". Radio1.gr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-04-16. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  7. ^ ds. "Čns Ifpi". Ifpicr.cz. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  8. ^ ASIN B001JRXNWK
  9. ^ ASIN B001J66R6K
  10. ^ "Hot n Cold" Diarsipkan 2009-04-14 di Wayback Machine. at 7digital.de
  11. ^ "Australian-charts.com – Katy Perry – Hot n Cold". ARIA Top 50 Singles.
  12. ^ "Austriancharts.at – Katy Perry – Hot n Cold" (dalam bahasa Jerman). Ö3 Austria Top 40.
  13. ^ "Katy Perry Chart History (Canadian Hot 100)". Billboard.
  14. ^ "ČNS IFPI" (dalam bahasa Ceska). Hitparáda – Radio Top 100 Oficiální. IFPI Republik Ceko. Catatan: Ubah tangga musik ke CZ – RADIO – TOP 100 dan masukkan 200904 dalam pencarian.
  15. ^ "Danishcharts.com – Katy Perry – Hot n Cold". Tracklisten.
  16. ^ "Katy Perry – Chart Search" Billboard European Hot 100 Singles for Katy Perry. (perlu berlangganan)
  17. ^ "Musicline.de – Perry, Katy Single-Chartverfolgung" (dalam bahasa Jerman). Media Control Charts. PhonoNet GmbH.
  18. ^ "Chart Track: Week 46, 2008". Irish Singles Chart.
  19. ^ "Italiancharts.com – Katy Perry – Hot n Cold". Top Digital Download.
  20. ^ "Charts.nz – Katy Perry – Hot n Cold". Top 40 Singles.
  21. ^ "Norwegiancharts.com – Katy Perry – Hot n Cold". VG-lista.
  22. ^ "Swedishcharts.com – Katy Perry – Hot n Cold". Singles Top 100.
  23. ^ "Katy Perry: Artist Chart History". Official Charts Company.
  24. ^ "Katy Perry Chart History (Hot 100)". Billboard.
  25. ^ "Katy Perry Chart History (Adult Pop Songs)". Billboard. Diakses tanggal 2008-12-27.
  26. ^ "Katy Perry Chart History (Pop Songs)". Billboard. Diakses tanggal 2008-11-29.
  27. ^ "Ultratop.be – Katy Perry – Hot n Cold" (dalam bahasa Belanda). Ultratop 50.
  28. ^ "Ultratop.be – Katy Perry – Hot n Cold" (dalam bahasa Prancis). Ultratop 50.
  29. ^ "Katy Perry: Hot n Cold" (dalam bahasa Finlandia). Musiikkituottajat – IFPI Finlandia.
  30. ^ "Lescharts.com – Katy Perry – Hot n Cold" (dalam bahasa Prancis). Les classement single.
  31. ^ Katy Perry Album & Song Chart History - France Songs
  32. ^ "Archívum – Slágerlisták – MAHASZ" (dalam bahasa Hungaria). Rádiós Top 40 játszási lista. Magyar Hanglemezkiadók Szövetsége.
  33. ^ "Nederlandse Top 40 – week 01, 2009" (dalam bahasa Belanda). Dutch Top 40
  34. ^ "Cele mai ascultate hituri". Old.cotidianul.ro. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-26. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  35. ^ "Spanishcharts.com – Katy Perry – Hot n Cold" Canciones Top 50.
  36. ^ "Swisscharts.com – Katy Perry – Hot n Cold". Swiss Singles Chart.
  37. ^ McCabe, Kathy (2010-07-01). "Delta Goodrem's talents top the charts". The Daily Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-09. Diakses tanggal 2010-10-01. 
  38. ^ "Die ultimative Chart Show | Hits des neuen Jahrtausends | Download". RTL.de. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  39. ^ Radio 1 Chart of the Decade, as presented by Nihal on Tuesday 29th December 2009
  40. ^ "The Billboard Hot 100 Decade End Charts". Billboard. Nielsen Business Media, Inc. 2009-12-31. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-23. Diakses tanggal 2011-07-09. 
  41. ^ "ARIA Charts - Accreditations - 2009 Singles". Australian Recording Industry Association. Diakses tanggal 2010-10-11. 
  42. ^ "Katy Perry search Gold & Platin". International Federation of the Phonographic Industry Austria. Diakses tanggal 2009-02-19. 
  43. ^ "Ultratop Belgian Charts - Singles 21/02/2009". ULTRATOP & Hung Medien / hitparade.ch. Diakses tanggal 2010-10-11. 
  44. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-24. Diakses tanggal 2011-07-07. 
  45. ^ "Gold & Platinum Certification - August 2009". Canadian Recording Industry Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-19. Diakses tanggal 2010-08-13. 
  46. ^ "Tracklisten Top-40". Hitlisten. NU. Diakses tanggal 2009-02-19. [pranala nonaktif] Some information in Danish
  47. ^ "Kulta- ja platinalevyt". IFPI. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-06. Diakses tanggal 2009-09-21. 
  48. ^ "Gold/Platin–Datenbank" (dalam bahasa Jerman). Bundesverband Musikindustrie. Diakses tanggal 2010-10-11. 
  49. ^ "The Official New Zealand Music Chart 19 January 2009" (PDF). Recording Industry Association of New Zealand. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-03-19. Diakses tanggal 2009-02-19. 
  50. ^ "Spanish Singles Chart - Search for: Katy Perry". Promusicae. Diakses tanggal 2009-02-19. 
  51. ^ "The Official Swiss Charts and Music Community - Search for: Katy Perry". Swisscharts.com. Hung Medien. Diakses tanggal 2010-10-11. 
  52. ^ "Certified Awards Search". British Phonographic Industry. Diarsipkan dari versi asli (To access, one must search "Hot n Cold" by Title.) tanggal 2010-01-17. Diakses tanggal 2011-03-12. 
  53. ^ "RIAA - Gold & Platinum: Katy Perry". Recording Industry Association of America. Diakses tanggal 2010-10-11. 
  54. ^ "ARIA Charts - End Of Year Charts - Top 100 Singles 2008". Australian Recording Industry Association. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  55. ^ "Jahreshitparade 2008 - austriancharts.at" (dalam bahasa German). Hung Medien. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  56. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-01. Diakses tanggal 2011-07-07. 
  57. ^ "Annual Top 50 Singles Chart 2008 (select "2008" and "Singles" from drop-down lists)". Recording Industry Association of New Zealand. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-27. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  58. ^ "Årslista Singlar – År 2008" (dalam bahasa Swedish). Swedish Recording Industry Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-19. Diakses tanggal 2011-01-05. 
  59. ^ "Swiss Year-End Charts 2008 - swisscharts.com". Hung Medien. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  60. ^ "Official Singles Chart 2008" (PDF). ChartsPlus. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  61. ^ "Jahreshitparade 2009 - austriancharts.at" (dalam bahasa German). Hung Medien. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  62. ^ "ultratop.be - ULTRATOP BELGIAN CHARTS: Jaaroverzichten 2009" (dalam bahasa Dutch). ULTRATOP & Hung Medien / hitparade.ch. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  63. ^ "ultratop.be - ULTRATOP BELGIAN CHARTS: Rapports Annuels 2009" (dalam bahasa French). ULTRATOP & Hung Medien / hitparade.ch. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  64. ^ "Canadian Hot 100 Music Chart: Best of 2009". Billboard. Nielsen Business Media. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  65. ^ "European Hot 100: Best of 2009". Billboard. Nielsen Business Media. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  66. ^ ":: MTV | Single Jahrescharts 2009 | charts". Mtv.de. 2009-12-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-12. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  67. ^ "Éves összesített listák - MAHASZ Rádiós TOP 100 (súlyozott)". Mahasz. Mahasz. 
  68. ^ "FIMI - Federazione Industria Musicale Italiana - Ricerche e dati di mercato". Fimi.it. 2010-01-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-23. Diakses tanggal 2010-12-18. 
  69. ^ "Rock-ul, cenzurat de posturile româneşti de radio" (dalam bahasa Romanian). Telegraful. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-11. Diakses tanggal 2009-01-10. 
  70. ^ "Swiss Year-End Charts 2009 - swisscharts.com". Hung Medien. Diakses tanggal 2010-07-23. 
  71. ^ "Charts Plus Year end 2009" (PDF). Charts Plus. Diakses tanggal 2010-07-19. 
  72. ^ "Top 100 Music Hits, Top 100 Music Charts, Top 100 Songs & The Hot 100: Best of 2009". Billboard. Nielsen Business Media. Diakses tanggal 2010-07-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Video Hot n Cold di Youtube