Hiruzen Sarutobi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hokage Ketiga)
Karakter dalam seri Naruto
Hiruzen Sarutobi
猿飛ヒルゼン
Hiruzen Sarutobi
Penampilan perdana
MangaBab 1
AnimeNaruto episode 1
Tampil diAnime, manga, film, OVA, dan permainan
Pengisi suara
InggrisSteve Kramer
JepangHidekatsu Shibata

Hiruzen Sarutobi (猿飛ヒルゼン, Sarutobi Hiruzen) yang bergelar Hokage Ketiga (三代目火影, Sandaime Hokage) adalah tokoh fiktif dalam serial manga dan anime Naruto. Sarutobi (猿飛ヒルゼン, Sarutobi Hiruzen) dahulu adalah Hokage Ketiga (三代目火影, Sandaime Hokage; Secara harfiah berarti "Bayangan Api Ketiga") dari Konohagakure. Sebagai seorang murid Hokage sebelumnya, Hiruzen diberi julukan Dewa Shinobi (忍の神, Shinobi no Kami; TV Bahasa Inggris "The Supreme Shinobi") [1]

.Meskipun ia hanya menjadi guru dari Sannin, seluruh generasi ninja Konoha mendapat manfaat dari kebijaksanaannya selama hidupnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Hiruzen adalah murid dari Hokage ke-2. Dia bersama dua orang temannya Homura Mitokado dan Koharu Utatane menjadi murid Hokage ke-2. Setelah dewasa, dia membimbing tiga orang anak yang akan menjadi Sannin legendaris, yaitu Tsunade, Jiraiya, dan Orochimaru.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Hiruzen adalah Hokage ke-3 di Konoha. Perawakannya seperti kakek-kakek seperti pada umumnya. Rambutnya yang mencuat ke atas mirip seperti anaknya, Asuma dan cucunya, Konohamaru Sarutobi. Matanya agak sipit dan bola matanya berwarna hitam. Dia tidak memiliki kumis, tetapi memiliki sejumput janggut. Kemiripannya dengan Asuma bisa dilihat apabila dia melepas capingnya. Penampilannya sehari-hari sangat khas. Dengan jubah putih dan caping, dia bisa dikenali dengan mudah. Dia juga sering diperlihatkan menghisap cerutu. Kalau dibutuhkan, dia akan menggunakan jubah tempurnya yang menyerupai baju zirah samurai tetapi tanpa pelindung dada.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Hiruzen adalah seorang Hokage yang tangguh. Pada masa muda, dia juga menjadi guru bagi Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru. Salah satu muridnya pun telah menjadi seorang Hokage, yaitu Tsunade. Hiruzen disebut juga sebagai profesor di dunia ninja karena bisa menggunakan banyak sekali jutsu di dunia ninja.

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Kemunculan awal[sunting | sunting sumber]

Hiruzen pertama kali muncul ketika Naruto sedang mencorat-coret patung Hokage. Hiruzen dibuat tidak berdaya oleh Naruto dengan menggunakan Oiroke no Jutsu.

Melawan Orochimaru[sunting | sunting sumber]

Di sini dia muncul pertama kali ketika para Jounin pembimbing datang dan merekomendasikan pilihan mereka untuk mengikuti ujian. Dia kembali muncul ketika diadakan pengundian babak utama. Terakhir kemunculannya adalah ketika Orochimaru menyanderanya. Hiruzen lalu melawan Orochimaru dengan gigih. Mereka berdua mengeluarkan kemampuan masing-masing. Di tengah pertarungan, Orochimaru mengeluarkan jurus terlarang Edo Tensei dan memanggil arwah Hokage pertama dan kedua dan menggunakan mereka untuk melawan Hiruzen. Akhirnya Hiruzen mengeluarkan jurus terlarang yaitu Dewa Kematian dan mengorbankan dirinya untuk membunuh Orochimaru. Tetapi sayang, jurus itu hanya merenggut chakra tangannya, dan tidak sempat membunuh Orochimaru.

Selanjutnya Hiruzen hanya muncul di kisah kilas-balik saja, sebab ia diceritakan sebagai tokoh yang sudah wafat.


Awal Mula diangkat sebagai Hokage [2]

Pada episode 211 Naruto Shippuden yang menceritakan tobirama beserta timnya Homura Mitokado, Hiruzen Sarutobi, Danzo Shimura , Alamichi Torifu , Uchiha Kagami , dan Koharu Utatane . Ketika Dua legenda Shinobi bersaudara Ginkaku dan Kinkaku hendak menyerang Tobirama dan Timnya, Tobirama memutuskan untuk ada salah seorang di antara mereka untuk mengalihkan kejaran dari keduanya. Ketika menyampaikan gagasan itu, Hiruzen lah orang yang pertama kali menawarkan dirinya untuk menjadi pengalih. Namun Tobirama melarangnya. Alhasil, Tobirama menyuruh sang murid untuk lari dan Tobirama menjadi pengalihnya. Sebelum memerintahkan murid-muridnya lari, Tobirama sempat berpesan bahwa Hiruzen Sarutobilah Hokage selanjutnya. Hiruzen dinilai sebagai sosok yang mewarisi tekad api.

Menurut Hiruzen Sarutobi, tekad api adalah semangat yang memberikan Shinobi Konohagakure kekuatan untuk terus berjuang melawan segala rintangan, membangun kemauan dan kekuatan karakter. Semangat juga merupakan simbol harapan dan impian dari generasi sebelumnya yang diwariskan ke generasi yang akan datang; misalnya, ketika Asuma Sarutobi terbunuh, harapan dan mimpi-mimpinya diwariskan pada Shikamaru Nara, dan semangat Asuma pada gilirannya akan diwariskan kepada anaknya dengan Kurenai.

Semangat ini juga dapat juga diartikan sebagai “Raja” (玉, Gyoku) untuk apa pun atau siapa pun yang mereka ingin indungi. Untuk Asuma dan Shikamaru “Raja” mengacu pada anak-anak yang belum lahir yang akan mewarisi Konoha; dan perlindungan dari “Raja” adalah perlindungan untuk generasi masa depan

Di Kuil Nakano[sunting | sunting sumber]

Sasuke Uchiha ingin mencari jawaban, jiwa Hiruzen bersama Hokage lainnya yaitu Hashirama Senju, Tobirama Senju, dan Minato Namikaze dibebaskan dari Dewa Kematian dan kemudian bereinkarnasi dengan Edo tensei yang dilakukan oleh Orochimaru menggunakan klon Zetsu sebagai korban. Setelah Orochimaru menjelaskan bagaimana mereka telah dibebaskan dari perut Dewa Kematian dan bereinkarnasi lagi, Hiruzen terkejut mengetahui bahwa Orochimaru tidak membawa dia untuk menghancurkan Konoha sebelum mengetahui jawaban Sasuke. Melihat Sasuke Uchiha yang ingin mengetahui kebenaran Itachi Uchiha, Hiruzen menegaskan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan pembantaian klan Uchiha adalah kesalahannya.

Terkejut ketika mantan gurunya hendak mengambil tindakan terhadap Sasuke yang menyatakan bahwa kata-kata Hashirama akan memutuskan apakah ia akan membalas dendam kepada Konoha atau tidak, Hiruzen menarik napas lega ketika Hokage pertama mampu menghentikan adiknya itu, meskipun hampir menghancurkan tempat itu dengan chakranya. Mempertanyakan Orochimaru ketika mereka tidak punya waktu untuk diskusi panjang, Hiruzen terkejut mendengar bahwa ada perang terjadi dan lebih jauhnya bahwa Madara berpartisipasi di dalamnya. Tobirama memilih untuk segera berangkat ke medan perang, namun kemudian Tobirama terhenti karena ia terikat oleh jurus Edo Tensei Orochimaru, mereka tidak punya pilihan selain mematuhi Hokage pertama yang ingin tetap tinggal untuk menceritakan kisah hidupnya agar Sasuke bebas dari kegelapan. Dengan cerita Hashirama, Sasuke mengatakan bahwa tekad Hashirama terdapat di dalam diri kakaknya, Itachi. Namun, Itachi menanggung beban kebencian karena ketidaktahuan banyak orang tentang keputusannya sebagai seorang ninja. Tobirama Senju juga menceritakan bahwa selain Itachi, ada seorang anggota klan Uchiha yaitu Kagami Uchiha juga telah mewarisi tekad api Hashirama. Di luar Kuil Naka, Hiruzen mengambil kesempatan untuk mempertanyakan motif Orochimaru sebelum menuju ke perang. Akhirnya setelah mengetahui motif Orochimaru mereka membantu aliansi Shinobi untuk melawan Madara dan Obito.

Didahului oleh:
Tobirama Senju
Hokage Ketiga Diteruskan oleh:
Minato Namikaze
Didahului oleh:
Minato Namikaze
Hokage Ketiga
Pengganti jabatan Hokage Keempat
yang kosong
Diteruskan oleh:
Tsunade
  1. ^ naruto, bab 121 , halaman 3
  2. ^ Naruto Shippuden , episode 211 danzo shimura